Analisis Unsur Intrinsik Puisi Antara Hak dan Batil Karya Bintang Puspita Sari

Cholinda Rahma Septi Lina, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Unsur intrinsik puisi yaitu unsur yang berperan penting dalam pembentukan puisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis unsur intrinsik puisi Antara Hak dan Batil karya Bintang Puspita Sari. Metode pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan data yang berbentuk kata, frasa, dan klausa. Pengumpulan data ini menggunakan metode simak, catat dan libat. Teknik analisis data ini menggunakan konten analisis dari Milles dan Huberman yang menerapkan tiga alur (reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan). Teknik validasi data ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur intrinsik puisi yaitu 1) bertema kebenaran dan kejahatan, 2) gaya bahasa  berupa majas  personifikasi, majas alegori, majas retoris, dan majas metafora, 3) diksi konotatif, 4) rima bebas, 5) amanat tentang kesadaran untuk memilih jalan yang benar (hak), 6) sudut pandang orang pertama dan orang kedua, dan 7) Tipografi berbentuk malaikat. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat tujuh unsur intrinsik pada puisi Antara Hak dan Batil karya Bintang Puspita Sari.

Kata kunci—Puisi, unsur intrinsik, Antara Hak dan Batil

 

AbstractThe intrinsic elements of poetry are elements that play an important role in the formation of poetry. The purpose of this research is to analyze the intrinsic elements of poetry Antara Hak dan Batil by Bintang Puspita Sari. The method in this research is qualitative method and the data is in the form of words, phrases, and clauses. This data collection uses the method of listening, noting and engaging. This data analysis technique uses content analysis from Milles and Huberman which applies three flows (data reduction, data presentation, and conclusion drawing). This data validation technique uses triangulation technique. The results of this study show that there are intrinsic elements of poetry, namely 1) the theme of truth and evil, 2) language style in the form of personification, allegory, rhetorical, and metaphorical majas, 3) connotative diction, 4) free rhyme, 5) mandate about awareness to choose the right path (right), 6) first-person and second-person point of view, and 7) Angel shaped typography. The conclusion of this research is that there are seven intrinsic elements in the poem Antara Hak dan Batil by Bintang Puspita Sari.

Keywords Poetry, intrinsic lements, Antara Hak dan Batil


Keywords


Poetry, intrinsic lements, Antara Hak dan Batil

Full Text:

PDF

References


Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di Desa Karangbong RT. 06 RW. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57-62. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/31618.

Aguatriana, N., Saparahayuningsih, S., & Fitri, A. (2017). Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13.

Akmal, A. (2015). Kebudayaan melayu Riau (pantun, syair, gurindam). Jurnal Dakwah Risalah, 26(4), 159-165. http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v26i4.1283.

Amanat, T. (2019). Cerita rakyat Paser dan Berau dalam tinjauan ekologi sastra (The Paser’s and Berau’s Folklores in Ecocriticism review). Kandai, 15(2), 145-166. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/kandai/article/view/956.

Anggriani, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menulis puisi dengan menggunakan kolaborasi Metode SSCS dan media audio visual. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(2), 201-212. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.201-212.2020.

Annuriyah, P. A., & Husna, R. (2022). Kontradiksi penafsiran Imam Jalalain: Analisa perbandingan penafsiran Imam Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin Al-Suyuthi dalam Tafsir Al-Jalalain. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 7(2), 107-122. https://ejournal.unia.ac.id/index.php/dirosat/article/view/993.

Astuti, C. W. (2015). Pemanfaatan bunyi dalam puisi anak di harian kompas Minggu tahun 2013. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), 1-18. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/41.

Astuti, P., Yuliastri, I., Mujianto, J., Piscayanti, K. S. (2022). Kekuatan Mindfulness dalam pembelajaran bahasa asing. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 562-567. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1529.

Budiningtyas, A. K. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menemukan gagasan pokok pada tema cuaca subtema pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia pada siswa kelas III sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 75-81. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7707.

Carina, R. (2019). Penggunaan huruf dekoratif dalam tipografi kinetis. Jurnal Dimensi DKV: Seni Rupa dan Desain, 4(1), 17-32. https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4558.

Dakhi, S., Duha, A., Giawa, M. I. P. (2022). Analisis perwatakan tokoh dalam novel pertemuan dua hati karya Nh. Dini. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 22-33. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.424.

Dardiri, A., & Thontowi, Z. S. (2019). Manajemen pendidikan keluarga: perspektif Al-Quran menjawab urban Middle class milenial. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 159-170. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.393.

Djaelani, M. S., & Susanto, D. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-56. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.

Fadhil, F. A. F. (2023). Analisis deskriptif puisi Pertemuan karya Sapardi Djoko Damono: Eksplorasi sentuhan emosional dalam keindahan kata-kata. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 62-70. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/aksentuasi/article/view/869.

Fathonah, F. S. (2016). Penerapan model POE (predict-observe-explain) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 171-178. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9070.

Fauzi, A., Wardianto, B. S., & Hidayat, I. (2021). Nilai moral anak usia dini pada kumpulan fabel persahabatan karya Chandra Wening. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 143-154. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-04.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya Chairil Anwar. Deiksis, 9 (1), 1-12. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/884.

Hamza, A. (2018). Jihad dalam perspektif Al-Qur'an. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur'an dan Tafsir 3(2), 28-41. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v3i2.219.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163.

Herawati, H. (2019). Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Hermintoyo, M. (2018). Fungsi rima dalam lirik lagu. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 13(1), 26-35. https://doi.org/10.14710/nusa.13.1.26-35.

Hidayat, T. (2023). Analisis diksi dan gaya bahasa dalam poster dakwah pada akun instagram@ Bantu_Dakwah. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 52-68. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/743.

Hidayat, T. (2023). Analisis diksi dan gaya bahasa dalam poster dakwah pada akun instagram@ Bantu_Dakwah. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 52-68. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/743.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2019). Peningkatan kemampuan berbicara menggunakan metode kooperatif tipe NHT pada mahasiswa tingkat IA PBSI tahun akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 9-18. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i2.453.

Hidayatullah, H. (2019). hak dan kewajiban suami istri dalam al-Qur’an. Jurnal Hukum Keluarga Islam, 4(2), 143-165. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jhki/article/view/1908.

Indihadi, D., & Iswari, D. A. (2021). Analisis tipografi tulisan puisi peserta didik kelas IV sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 652-662. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39235.

Jamjam, A., & Afifah, H. Z. (2020). Arudl, qafiyah, dan pesan moral pada puisi-puisi Al-Ainiyyah dalam antologi Qais bin Dzarih. Hijai-Journal on Arabic Language and Literature, 3(1), 28-35. http://doi.org/10.15575/hijai.v3i1.7568.

Juita, N., & Sari, R. P. (2019). Analisis penggunaan (diksi) pilihan kata oleh pejabat legislatif dan tokoh partai tingkat provinsi dalam media sosial facebook. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(4), 590-601. https://doi.org/10.24036/81046050.

Kamagi, L. (2015). Nilai-nilai humaniora dalam antologi puisi" Blues Untuk Bonnie" karya WS Rendra. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 26-38. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.141.03.

Kodiyat, B. A. (2019). Fungsi partai politik dalam meningkatkan partisipasi Pemilih pada pemilihan umum kepala daerah di Kota Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1), 1-12. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2756/2679.

Krisniati, R., Sudarmaji, S., Hastuti, H. (2022). Penggunaan citraan dalam puisi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-9. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/244.

Kurnianingtyas, P., & Oktaviani, R. N. (2019). Penggunaan buku penunjang tematik terpadu berbasis keterampilan proses tema indahnya kebersamaan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 16-22. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.70.

Kurniawan, E. D., Kely, J. S., & Dau, J. G. (2023). Analisis gaya bahasa dalam puisi Aku Tulis Pamplet Ini karya WS Rendra. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 135-140. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1323.

Kurniawan, R., Yulistio, D., & Afifah, A. (2020). Kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa: pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 6(2), 72-82. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406.

Launjaea, L. (2024). Pengaruh deklamasi puisi dalam pemahaman makna puisi. Jurnal Pembahasan (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(1), 55-62. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/14017.

Mafar, F. (2014). Membaca bebas, membaca bebas. Jurnal Pustaka Budaya, 1(2), 10-17. https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/547.

Mulyani, S., Purnama, Y., & Anam, A. K. (2022). Majas perbandingan pada novel Ingkar karya Boy Candra (Kajian Stilistika). Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-18. https://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtbi/article/view/5410/1904.

Muslimah. M., & Ahmad, A. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 173-186. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605/841.

Muwaffa, R. (2021). Analisis strukturalisme Ferdinand De Saussure pada Puisi الأم karya Kahlil Gibran. A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 10(1), 47-63. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.47-63.2021.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Jurnal Genta Mulia 11(1), 6-12. https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.212.

Patimah, S. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran matematika pada materi pecahan campuran berbasis daring (melalui aplikasi whatsapp) di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas 4 SDN Pakujajar CBM. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 98-105. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i2.3679.

Payuyasa, I. N. (2019). Gaya bahasa personifikasi dalam novel sirkus pohon karya andrea Hirata. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 23(2), 73-79. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/912.

Pebriana, P. H. (2018). Pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan metode sugesti imajinatif pada kelas V SDN 001 Salo. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.17509/eh.v10i1.7135.

Pebrimireni, D. (2022). Analisis struktur persajakan pada puisi Bahasa, Bangsa karya Mohammad Yamin. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(3), 31-40. https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.66.

Pemilih pada pemilihan umum kepala daerah di Kota Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1), 1-12. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2756/2679.

Pettalongi, S. S., & Nurdin, N. (2022). Menggunakan paradigma studi kasus kualitatif interpretatif online dan offline Untuk memahami efektivitas penerapan E-procurement. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 155-168. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1518.

Pradyta, S., & Rianti, R. (2023). Analisis majas perbandingan dalam novel sepasang yang melawan (2) karya Jazuli Imam. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(1), 471-484. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12096.

Purnama, S. (2010). Elemen warna dalam pengembangan multimedia pembelajaran agama Islam. Albidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 2(1), 113-130. https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i1.102.

Puspitasari, E. (2017). Karakteristik bahasa jurnalistik dalam artikel surat kabar priangan. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.107.

Putri, R. N., Purnomo, S. E., Khoiriska S. S., Umam, S., Anisah, U. R., Hasanudin, C., Sutrimah, S. (2023). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, 1(1), 460-477. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1551.

Ramadhani, T. N. S., Dewi, E. R., & Ismail, S. (2022). Simbolisme dalam puisi Apparition karya Stéphane Mallarmé. Franconesia, 1(1), 13-20. https://doi.org/10.21009/franconesia.11.2.

Rejo, U. (2020). Karakteristik jenis teks sastra dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 72-87. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.527.

Rejo, U. (2020). Karakteristik jenis teks sastra dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 72-87. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.527.

Rosi, R., Ahmadi, Y., Ferdiansyah, S., & Saputra, D. (2018). Analisis struktur fisik puisi †œkangen†karya W. S. Rendra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6), 957-962. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1744

Saleh, F. (2019). Baca-baca Sanro Ana’: Tradisi dan religi pada kelahiran tradisional masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan. Cordova Journal language and culture studies, 9(1), 39-51. https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1775.

Setiaji, A. B. (2020). Representasi dan nilai kearifan ekologi puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono (Ekokritik greg garrard). Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(2), 105-114. https://doi.org/10.33477/lingue.v2i2.1827.

Setinawati, S., & Surya, A. (2021). Pemikiran diskursif amanat agung Injil Matius 28: 18-20. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 7(1), 42-52. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/242.

Sianturi, E. F. M. (2023). Analisis kesalahan ejaan pada puisi modern: Studi kasus pada puisi-puisi dalam antologi sastra kontemporer. Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan, 1(2), 58-68. https://doi.org/10.56854/jspk.v1i2.65.

Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah pada bidang ilmu akuntansi. AKURAT Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 9(1), 81-88. https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/18.

Sinaga, A. Y. (2022). Analisis gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan dalam novel sang pemimpi karya Andrea Hirata. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 958-965. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/214.

Solihah, L. (2018). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual di kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 266-440. https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.708.

Supriatin, E. S. (2020). Kajian Makna Puisi Keagamaan (Metode Hermeneutika). Jawa Barat: Guepedia.

Supriyanto, T., & Hidayat, A. D. (2017). Paradoks dan hiperbola dalam kumpulan cerita Koala Kumal karya Raditya Dika. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 34-43. https://journal.unnes.ac.id/sju/seloka/article/view/14762.

Tahir, M. Y., & Arsyam, M. (2021). Ragam jenis penelitian dan perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37-47. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article//17/17.

Tanjung, T., Simanullang, P., Sidika, R., Astri, N. D., & Putri, A. A. (2020). Analisis gaya bahasa dalam lirik lagu Fourtwnty: kajian stilistika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 110-118. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.31078.

Yuliantini, T. (2021). Kajian stilistika terhadap diksi dalam kumpulan puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia karya Taufiq Ismail serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMK (2021). Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 36-45. https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2292.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.