Analisis Unsur Intrinsik Puisi di Balik Langkah Ayah dan Kasih Sayang Ibu Karya Umi Nur Kholisah

Tutut Septia Wati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Puisi adalah suatu karya sastra imajinatif yang menggunakan makna lambang dan makna kiasan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil analisis unsur intrinsik puisi Di Balik Langkah Ayah dan Kasih Sayang Ibu karya Umi Nur Kholisah. Metode  dalam penelitian ini adalah  jenis penelitian kualitatif dengan data berbentuk kata, frasa, dan klausa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta menggunakan konten analisis isi tiga alur dari Milles dan Huberman dan menggunakan teknik triangulasi guna mengecek kevalidan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur intrinsik puisi Di Balik Langkah Ayah dan Kasih Sayang Ibu karya Umi Nur Kholisah yaitu 1) memiliki tema pengorbanan dan nasihat, 2) memiliki gaya bahasa personifikasi, metafora, simile, dan hiperbola, 3) memiliki diksi konotatif, 4) memiliki rima bebas, 5) memiliki amanat untuk menghargai perjuangan dan berbakti kepada orang tua, dan  6) memiliki sudut pandang orang ketiga. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 6 unsur intrinsik dalam puisi Di Balik Langkah Ayah dan Kasih Sayang Ibu karya Umi Nur Kholisah.

Kata kunci—Puisi, Unsur Intrinsik, Di Balik Langkah Ayah dan Kasih Sayang Ibu 

 

Abstract—Poetry is an imaginative literary work that uses symbolic and figurative meanings. The purpose of this study is to determine the results of the analysis of the intrinsic elements of the poem Di Balik Langkah Ayah dan Kasih Sayang Ibu by Umi Nur Kholisah. The method in this research is a type of qualitative research with data in the form of words, phrases, and clauses. The data collection technique in this research uses listening, note-taking, and discourse techniques, and uses Milles and Huberman's three-stream content analysis and uses triangulation techniques to check the validity of the data. The results showed that there are intrinsic elements of the poem Behind Father's Steps and Mother's Love by Umi Nur Kholisah, namely 1) the theme of sacrifice and advice, 2) has personification, metaphor, simile, and hyperbole language styles, 3) has connotative diction, 4) has free rhyme, 5) has a mandate to appreciate the struggle and be devoted to parents, and 6) has a third person point of view. In conclusion, there are 6 intrinsic elements in the poem Di Balik Langkah Ayah dan Kasih Sayang Ibu by Umi Nur Kholisah. 

Keywords— Poetry, Intrinsic element, Behind Father's Steps and Mother's Love


Keywords


Poetry, Intrinsic element, Behind Father's Steps and Mother's Love

Full Text:

PDF

References


Afrianti, I., Wahyuni, N., & Rusdin, R. (2022). Pembelajaran berbasis lingkungan untuk menambah penguasaan leksikon bahasa Inggris mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(2), 118–125. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.97.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Amin, K., & Usman, R. (2018). Anafora dalam puisi “Jendela Dunia “antologi puisi syair burung beo. Tamaddun, 17(1), 1-3. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v17i1.56.

Ananda, N. A., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2015). Bentuk dan fungsi tindak tutur slogan varian iklan Pond’s di televisi swasta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 23-45. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.5414.

Ananti, H. F., Jumadi, J., & Dewi, D. W. C. (2024). Tinta emosi: Petualangan puisi saat galau yang menginspirasi. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 2(1), 12-17. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.625.

Andalas, E. F., & Prihatini, A. (2018). Representasi perempuan dalam tulisan dan gambar bak belakang truk: Analisis wacana kritis multimodal terhadap bahasa seksis. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 2(1), 1-19. https://doi.org/10.22219/satwika.v2i1.7018.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode Miles dan Huberman di kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460-6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai sosial dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: tinjauan sosiologi sastra dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22.https://doi.org/10.30734/jr.v2i1.

Benny, B., Nugroho, N., Hutabarat, F. A. M., Supriyanto, S., & Arwin, A. (2021). Motivasi kerja karyawan PT Abdi Wibawa Press Medan. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 251-254. https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/593.

Dirman, R. (2022). Analisis struktur puisi dalam kumpulan puisi “Aku Ini Binatang Jalang”karya Chairil Anwar. JOEL: Journal of Education and Language Research, 1(11), 1635-1646. https://doi.org/10.53625/joel.v1i11.2704.

Dyvia Saumi Putri, & Shintia Ananda. (2023). Analisis pendekatan struktural puisi “Waktu” karya Heri Isnaini. Mutiara : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 1(3), 01–08. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i3.157.

Fitriyyah, S. M. (2022). Analisis makna majas metafora yang diungkapkan pengarang pada puisi “Aku Ingin Melukismu” karya Nenden Lilis Aisyah. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 52-60. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i3.216.

Ginanjar, D., Kurnia, F., & Nofianty, N. (2018). Analisis struktur batin dan struktur fisik pada puisi “Ibu” karya D. Zawawi Imron. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 721-726. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/983.

Gunawan, E., Rahima, A., & Supriyati, S. (2018). Analisis tema ungkapan tradisional bapeno di Desa Hiang Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 130-141. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i1.42.

Haisyah, H., Yuliana, Y., & Mawarni, A. R. S. (2020). Meningkatkan kemampuan dalam membaca puisi pada SMP/MTS. Prosiding Samasta, 1(1), 107-114. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7154.

Hajaruddin, H., Rahim, R., & Muliana, H. (2021). Diksi dalam spanduk iklan penanganan covid 19 di Kota Makassar. Jurnal Konsepsi, 10(3), 224-230. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/111.

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Haryono, E. (2023). Metodologi penelitian kualitatif di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam An-Nuur, 13(2). 1-6. https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.301.

Hasibuan, M. N. S. (2020). Kajian semiotik dalam puisi Ketika Engkau Bersembahyang karya Emha Ainun Najib. Jurnal Education and development, 8(2), 26-26. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1658.

Herthalia, R. A., & Andalas, M. I. (2019). Diksi-diksi dalam kumpulan puisi Sarinah karya Esha Tegar. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 157-163. https://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/26998.

Hidayat, C. A., Rustono, W. S., & Bakhraeni, R. (2016). Analisis unsur intrinsik puisi tema guru karya siswa kelas V SDN 1 Nagarasari. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 24-32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i1.4766.

Imanniarti, Y., & Karina, R. (2023, July). Analisis unsur majas dalam puisi “Kepada Kawan” karya Chairil Anwar. In Prosiding Seminar Akademik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 105-111. https://conference.ut.ac.id/index.php/psapbin/article/view/1108.

Isnaini, H. (2014). Memburu †œCinta†dengan mantra: Analisis puisi Mantra Orang Jawa karya Sapardi Djoko Damono dan Mantra Lisan. Semantik, 3(2), 158-177. https://doi.org/10.22460/semantik.v3i2.p158%20-%20177.

Januarianti, C., & Yuningsih, N. S. Q. (2023). Analisis puisi “Tanah Air” karya Muhammad Yamin dengan pendekatan struktural. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(3), 42-49. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i3.245.

Jayakandi, J., Arifin, E. Z., & Sumadyo, B. (2021). Rima dan makna pantun dalam tradisi lisan gambang rancag dengan pendekatan hermeneutik. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 124-137. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9436.

Kardian, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak puisi dengan menggunakan metode Course Review Horay. METAMORFOSIS: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25.

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49-56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804.

Kriyantono, R. (2007). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kusmiati, V., Fatimah, N., & Firmansyah, D. (2018). Analisis amanat dalam puisi †œpanggung sandiwara†karya Ika Mustika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6), 801-806. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1319

Laily, I. F. (2016). Peningkatan kemampuan menulis puisi dan kemampuan imajinatif siswa sekolah dasar melalui metode imajinasi dengan menggunakan media gambar fotografi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 79-92. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v4i2.1287.

Launjaea, L. (2024). Pengaruh deklamasi puisi dalam pemahaman makna puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia), 14(1), 112-120. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/14017.

Ma’arif, M. S., & Abadiah, L. S. (2021). Analisis diksi dan gaya bahasa dalam album perdana Andmesh Kamaleng. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(1), 41-58. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.974.

Machyuzaar, N., & Hidayatullah, M. I. (2023). Kode larik dan bait puisi balada telaah wacana kridalaksana atas buku kumpulan puisi Balada Orang-Orang Tercinta karya W. S. Rendra. Jurnal Nusantara Raya, 1(3), 116–127. https://doi.org/10.24090/jnr.v1i3.8203.

Mahdar, M., Amalia, Y. T. T., & Rosi, R. (2018). Analisis struktur diksi pada puisi “Padamu Jua” karya Amir Hamzah. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4), 645-650. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1090.

Maisarah, M., Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan media pop-up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164-174. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Milda, R. S., & Hujan, T. A. P. (2019). Pujangga Hujan: Teori dan Apresiasi Puisi. Aceh: CBK Digital Publishing.

Minderop, A. (2010). Psikologi sastra: karya, metode, teori, dan contoh kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nikmah, M., & Faizun, M. (2022). Aspek kecemasan (anxitas) dalam puisi Al-Kulira karya Nazek Al-Malaika (Kajian Psikologi Sastra). Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 28-44. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v4i1.88.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Noortyani, R. (2021). Struktur dan nilai didaktis pada puisi bertema “Belajar Daring” karya siswa kelas X di SMKS Unggulan Husada Banjarmasin (Structure and didactic value in the themed poetry of “Online Learning” by class X students at SMKS Unggulan Husada Banjarmasin). Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 11(2), 301-318. http://dx.doi.org/10.20527/jbsp.v11i2.11725.

Novianty, N. T. (2022). Kajian struktural pada puisi “Kekasihku” karya Joko Pinurbo. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 22-33. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.276.

Nuriadin, D. (2017). Struktur puisi lirik lagu Ada Band Album 2 dekade-terbaik dari. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 28-38. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.579.

Palupi, M. T., & Endahati, N. (2021). Kesantunan berbahasa di media sosial online: tinjauan deskriptif pada komentar berita politik di facebook. Jurnal Skripta, 5(1), 26-31. https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.125.

Pasaribu, R., Manangkot, V. E., & Sumampouw, M. M. (2024). Analisis unsur intrinsik puisi Déjeuner Du Matin karya Jacques Prévert (Suatu Kajian Struktural). KOMPETENSI, 4(1), 15-21. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/view/7734.

Permana, Z. D., Syaputa, M. A., & Setiawanc, J. (2022). Kajian strukturalisme pada puisi “Aku dan Senja” karya Heri Isnaini pada Buku Montase: Sepilihan Sajak Menggunakan Pendekatan Pragmatik. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 54-59. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.136.

Pontoh, H., Palit, A. T., & Lumempouw, F. (2022). Analisis struktural dalam novel Jangan Menangis Bangsaku karya Nula Marewo. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 27(2), 1-23. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/37946.

Pramesti, J. (2015). Pengembangan media pop-up book tema peristiwa untuk kelas III SD. Basic Education, 4(16), 1-13. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1194.

Prayogi, A., & Anggraeni, D. (2022). Perkembangan tema dalam historiografi islam: Suatu telaah. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 9(1), 33-56. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v9i1.5121.

Purnawarman, L. (2017). Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan model pengintegrasian strategi belajar pada siswa kelas XI SMK Ulil Albab Nw Gegek. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 1(1), 35-45. https://ejournal.unwmataram.ac.id/index.php/trendi/article/view/23.

Purwanti, E. (2022). Pembelajaran kontekstual media objek langsung dalam menulis puisi. Nusa Tenggara Barat: P4I.

Purwanto, A. (2022). Pengembangan kurikulum jaringan sekolah islam terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(1), 335-342. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1928.

Purwati, P., Rosdiani, R., Lestari, R. D., & Firmansyah, D. (2018). Menganalisis gaya bahasa metafora dalam novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 291-302. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/598.

Puteri, A. O., Wardani, D. K., & Sholehhudin, M. (2023, December). Analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik puisi dalam Kemah karya Goenawan Mohamad. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 851-857. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2344.

Putri, A. P., Ulya, A., Rahmawati, A. D., Pramesti, A., Safitri, D. A., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2023, January). Bentuk penafsiran puisi Kota Kecil Sejuta Cerita karya Nanda Mariska Safitri. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, 1(1), 430-436. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1547.

Rahmad, C., & Puspitasari, D. (2015). Web Pembuat Puisi Otomatis Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Informatika Polinema, 1(2), 19-19. https://doi.org/10.33795/jip.v1i2.97.

Rahmawati, D. (2022). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi melalui microsoft teams pada peserta didik kelas X SMAN 2 Pati tahun ajaran 2020/2021. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264.

Rofiq, A. (2023). Analisis penggunaan gaya bahasa perbandingan kumpulan puisi Perjamuan Rindu karya Diana Puteri Zahro. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 279-293. https://doi.org/10.30739/peneroka.v3i2.2501.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Salwia, F., Syahbuddin, S., & Efendi, M. (2022). Analisis majas dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2228–2231. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.937.

Saputry, D., Sabila, A., Kholidah, U., & Tussolekha, R. (2023). Gaya bahasa dalam lirik lagu †œBertaut†karya Nadin Amizah. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 6(2), 317-326. https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i2.6529.

Sepriyadi, T. (2016). Penggunaan model explicit instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas di kelas V SD Nasional Sariputra Jambi Timur tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 1(1). https://doi.org/10.22437/jptd.v1i1.3078.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi Goresan Pena Anak Matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114. https://journal.unas.ac.id/index.php/pujangga/article/download/1170/970.

Sukainah, S., Afryansyah, A., & Marlisah, M. (2023). Diksi dan majas dalam antologi puisi sajak sang cendekia karya guru MAN Insan Cendekia. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 15-22. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i1.294.

Susilowati, D., & Qur’ani, H. B. (2021). Analisis Puisi" Tanah Air" karya Muhammad Yamin dengan pendekatan struktural. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(1), 38-48. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4894.

Waluyo, H. J. (2003). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 67-76. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i2.74.

Yasa, N. A., & Sinaga, M. (2022). Sastra lisan mantra pengobatan di Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2559-2568. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3311.

Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H. ., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. . (2023). Strategi kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92–104. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.