Analisis Objektif dan Mimetik pada Cerpen Robohnya Surau Kami Karya AA. Navis

Aghnina Nuriyana, Ummu Dwi Firlisa, Muhamad Sholehhudin

Abstract



abstrak— Pendekatan objektif adalah pendekatan yang memberikan seluruh perhatian dan fokus pada karya sastra. Pendekatan mimesis merupakan kajian yang memusatkan perhatian pada kajian yang berhubungan dengan prosa fiksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan mendengarkan, membaca dan mencatat. Pembahasan menjelaskan unsur internal (objektif) dan eksternal (mimetik) cerpen. Kesimpulannya, terdapat 4 unsur internal (objektif) dan satu unsur eksternal (mimetik).

Kata kunci— pendekatan objektif,mimetik,cerpen

Abstract— An objective approach is an approach that gives all attention and focus to the literary work. The mimetic approach is a study that focuses on studies relatedto fictional prose. This research uses a qualitative descriptive method with data collection techniques using listening, reading and taking notes. The discussion explains the internal (objective) and external (mimetic) elements of short stories. In conclusion, there are 4 internal elements (objective) and one external element (mimetic).

Keywords— objective, mimetic, short story approach


Keywords


objective, mimetic, short story approach

Full Text:

PDF

References


Abrams, M. H. (1979). Cermin dan lampu: Teori romantis dan tradisi kritis. New York: Pers Universitas Oxford.

Akhmad, K, A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Surabaya). Jurnal ilmiah teknologi informasi dan komunikasi, 9(1), 43-54. Retrieved from http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/537.

Najid, SK, Zaharim, A., Razali, AM, Zainol, MS, Ibrahim, K., & Sopian, K. (2009). Menganalisis data kecepatan angin pantai timur Malaysia. Jurnal Internasional Energi dan Lingkungan, 3 (2), 53-60. https://www.academia.edu/download/31663418/ee-70.pdf.

Noviyanti, D, dkk., (2020). Meningkatkan daya pemahaman melalui media cerita pendek siswa kelas VII SMP ALAM KARAWANG. Seminar nasional Bahasa dan sastra Indonesia sasindo unpram 1(2) 249-254.

Nurhayati, S., & Sholeh, D, R. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal profesi dan keahlian guru, 3(2), 74-80. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JPKG/article/view/1336/1206.

Nuroh, E, Z., (2011). Analisis stilistika dalam cerpen. Pedagogi: jurnal pendidikan, 1(1) 21-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Semi, Atar. 1985. Kritik sastra. Bandung: Angkasa.

Subandi, S. (2011). Deskiptif kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertunjukan. Harmonia journal of arts research and education, 11(2), 173-179. Doi https://10.15294/harmonia.v11i2.2210.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan ilmu sastra. Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Yudiono, KS (2009). Pengkajian kritik sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.