Eksplorasi Konsep Matematika dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Yumna Durrotul Hikmah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Di sekolah dasar, eksplorasi matematika ini sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Data berupa data sekunder dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak, catat, dan libat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber untuk validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep matematika meliputi 1) aritmatika, 2) aljabar permulaan, 3) geometri, 4) pengukuran satuan, 5) pengumpulan data, diimplementasikan dengan 1) aktivitas praktis, 2) benda nyata, 3) permainan, 4) cerita, 5) bantuan visual seperti diagram dan tabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam memahami pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Kata kunci—Eksplorasi, Matematika, Sekolah Dasar

 

abstract—In elementary school, this exploration of math is very important. This research aims to improve students’ understanding of mathematical concepts. This research method uses the Systematic Literature Review (SLR) method. The data is secondary data from books and journals published nationally. The data collection technique used the technique of listening, noting, and engaging. Data validation techniques use source triangulation techniques for data validation. The results of this study show that mathematical concepts including 1) arithmetic, 2) beginning algebra, 3) geometry, 4) unit measurement, 5) data collection, are implemented with 1) practical activities, 2) real objects, 3) games, 4) stories, 5) visual aids such as diagrams and tables. The conclusion of this study is that it contributes to understanding mathematics learning in elementary schools.

Keywords—Exploration, Math, Primary School


Keywords


Exploration, Math, Primary School

Full Text:

PDF

References


Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Anggraini, D. (2018). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun melalui eksplorasi tanaman. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 137-146.https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/2434.

Atamtajani, A. S. M., & Amelia, D. R. (2019). Eksplorasi Limbah Sisik Ikan Mujair Sebagai Material Utama Produk Cinderamata Perhiasan. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 7(1).http://dx.doi.org/10.26742/atrat.v7i1.914.

Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 117-130.http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp.

Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2018). Implementasi pendidikan karakter religius di sekolah dasar khadijah surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16-34.https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34.

Farid, I., Yulianti, R., & Nulhakim, L. (2022). Implementasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Khususnya Pada Muatan 5 Bidang Studi Utama Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12753-12759.https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10612.

Fikriyani, D. N., & Herdi, H. (2021). Perencanaan program bimbingan karir dalam meningkatkan eksplorasi karir siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1-14.https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/7563.

Fitriana, W. (2016). Analisis Kesalahan Buku Matematika pada Topik Segitiga dan Segiempat Kelas VII Semester II Serta Alternatif Pemecahannya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 145-149.https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21447.

Fuadi, N. (2021). Pengembangan Kemampuan Eksplorasi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Bermain Plastisin di TKN Pembina Syamtalira Bayu. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 12(2), 323-336.https://doi.org/10.47766/itqan.v12i2.195.

Haniefan, N., & Basunanda, P. (2022). Eksplorasi dan identifikasi tanaman kopi liberika di kecamatan sukorejo, kabupaten kendal. Vegetalika, 11(1), 11-18.https://doi.org/10.22146/veg.44325.

Hardiansyah, A. (2020). Identifikasi nilai gizi dan potensi manfaat kefir susu kambing Kaligesing. Journal of Nutrition College, 9(3), 208-214.https://doi.org/10.14710/jnc.v9i3.27308.

Haryani, D. (2011). Pembiasaan berpikir kritis dalam belajar matematika sebagai upaya pembentukan individu yang kritis. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (Vol. 14).https://ln.run/5pwD0.

Heldanita, H. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53-64.https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928.

Krismanto, A. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Lidinillah, D. A. M. (2011). Heuristik dalam pemecahan masalah matematika dan pembelajarannya di sekolah dasar. Jurnal Elektronik. Universitas Pendidikan Indonesia, 1-11.https://shorturl.at/mKdGl.

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54).https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339.

Nurfatanah, N., Rusmono, R., & Nurjannah, N. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10204.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405.

Putra, E. D. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kedisplinan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2256-2262.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1191.

Rismawati, M. (2016). Mengembangkan peran matematika sebagai alat berpikir ilmiah melalui pembelajaran berbasis lesson study. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 203-215.https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.77.

Rosmayati, S., & Maulana, A. (2022). Eksplorasi Hubungan Komunikasi dan Perilaku Individu. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 54-61.http://jurnal.azkahafidzmaulana.my.id/index.php/ilpen/article/view/21.

Sinaga, R. S. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan. Jurnal Serunai Matematika, 13(2), 119-124.https://doi.org/10.37755/jsm.v13i2.464.

Tarigan, R. (2021). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang terkandung dalam filsafat Matematika. Sepren, 2(2), 17-22.https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.

Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk optimalisasi tujuan mata pelajaran matematika. Yogyakarta: PPPPTK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.