Analisis Unsur Intrinsik Puisi Manusia Karya Citra Amalia Efendi

Yusril Mahendra Kusuma, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Unsur intrinsik puisi merupakan bagian terpenting dan berpengaruh pada pembentukan puisi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis unsur intrinsik pada puisi Manusia karya Citra Amalia Efendi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta data berbentuk kata, frasa, dan klausa. Pengumpulan data menggunakan metode simak, catat dan libat. Teknik analisis data menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman yang menerapkan tiga alur (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Teknik validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur intrinsik puisi yaitu 1) tema doa, 2) gaya bahasa berupa majas personifikasi dan simbolisme, 3) diksi denotatif,  4) rima bebas, 5) amanat tentang ketergantungan pada Tuhan, 6) sudut pandang orang pertama, serta 7) Tipografi berbentuk pohon. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat tujuh unsur intrinsik pada puisi Manusia karya Citra Amalia Efendi.

Kata kunci—Puisi, Unsur Intrinsik, Manusia 

 

Abstract—The intrinsic elements of poetry are the most important part and  influence     the formation of poetry. The purpose of this research is to analyse the intrinsic elements in the poem Manusia by Citra Amalia Efendi. This research uses qualitative methods and data in the form of words, phrases, and clauses. Data collection uses the method of listening, note taking, and involvement. The data analysis technique uses Milles and Huberman's content analysis which applies three flows (data reduction, data presentation, and conclusion drawing). Data validation technique using triangulation technique. The results of this study show that there are intrinsic elements of poetry, namely 1) the theme of prayer, 2) language style in the form of personification and symbolism, 3) denotative diction, 4) free rhyme, 5) mandate about dependence on God, 6) first person point of view, and 7) tree-shaped typography. Tree-shaped typography. The conclusion of this research is that there are seven intrinsic elements in the poem Manusia by Citra Amalia Efendi.

Keywords—Poetry, Intrinsic Elements, Human


Keywords


Poetry, Intrinsic Elements, Human

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A., & Latifah, T. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, (JARME) 3(2), 134-150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207.

Amanat, T. (2019). Cerita rakyat Paser dan Berau dalam tinjauan ekologi sastra (The Paser’s and Berau’s Folklores in Ecocriticism review). Kandai, 15(2), 145-166. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/kandai/article/view/956.

Annuriyah, P. A., & Husna, R. (2022). Kontradiksi penafsiran Imam Jalalain: Analisa perbandingan penafsiran Imam Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin Al-Suyuthi dalam Tafsir Al-Jalalain. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 7(2), 107-122. https://ejournal.unia.ac.id/index.php/dirosat/article/view/993.

Baedowi, S., Reffiane, F., & Astuti, N. H. (2019). Pengembangan media big book pada tema kewajiban dan hakku. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, 3(2). 105-111. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386.

Bawamenewi, A. (2021). Teknik akrostik untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 638-642. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2184.

Dewi, D. W., Jumadi, J., & Rahmawati, R. (2023). Gaya bahasa dalam karya sastra. Eksplorasi estetika dan pengaruhnya terhadap penafsiran. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 81-90. https://doi.org/10.6734/argopuro.v1i4.1245.

Diana, A., Astti, M. K., Widianti, A., Pranata, J. (2023). Kritik sastra objektif terhadap koleksi puisi Hujan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 148-164. https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2023.4.2.10256.

Dolong, M. J. (2016). Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65-76. https://doi.org/10.24252/ip.v5i1.3213.

Dwigita, P. & Sari, L. (2022). Analisis gaya bahasa dan makna diksi puisi “Sajak Malam” karya Heri Isnaini dalam montase sepilihan sajak. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(1), 76-85. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i1.27.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95-101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906.

Fathonah, F. S. (2016). Penerapan model POE (predict-observe-explain) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 171-178. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9070.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(1), 1-12. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/884.

Hamad, I. (2007). Lebih dekat dengan analisis wacana. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(2), 325-344. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i2.1252.

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hermawan, D. (2019). Pemanfaatan hasil analisis novel seruni karya Almas Sufeeya sebagai bahan ajar sastra di SMA. METAMORFOSIS Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11-20. https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/125.

Iskandar, H., Bakhtiar, A. M., Umam, N. K. (2019). Penggunaan pop up book untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi Kelas IV SDN 1 Slempit. Molecules, 9(1), 148-162. http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v3i2.1665.

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Kurniawan, E. D., Kely, J. S., & Dau, J. G. (2023). Analisis gaya bahasa dalam puisi Aku Tulis Pamplet Ini karya WS Rendra. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 135-140. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1323.

Lubis F., Lubis S. H., Nasution, K. Z., & Putri F. A. (2023). Analisis penggunaan majas yang terrkandung dalam cerpen berjudul “Patah dan rasa yang berdarah” karya Niam Khurotul Asma. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 300-306. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.9143.

Maharani, A. (2020). Pemakaian diksi dalam penulisan caption media sosial Instagram. Diksi, 28(2), 179-189. https://doi.org/10.21831/diksi.v28i2.32832.

Maimori, R., Handayani, B., Mastanora, R., & Lani, O. P. (2021). Komunikasi verbal dan nonverbal pada film kartun Shaun the Sheep. Jurnal Ilmu Komunikasi, (JKMS) 10(2), 161-169. http://dx.doi.org/10.35967/jkms.v10i2.7472.

Manurung, K. (2020). Memaknai kemarahan Allah dari sudut pandang teologi pentakosta di era post moderen. VISIO DEI: Jurnal Teologi Kristen 2(2), 307-328. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i2.162.

Mariyani, M., & Alfansyur, A. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Maulub, M. (2021). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun soal hots melalui teknik dapat, catat, terap (DCT) di SD Negeri 13 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9884-9897. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2551.

Mufti, N. I. S. (2023). Menelusuri sejarah dan beberapa sastrawan Arab penganut aliran simbolisme. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 23(2), 84-96. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v23i2.19611.

Mu'izzudin, M. (2022). Analisis makna denotatif dan konotasi linguistik Arab dalam istilah syari’at Islam. (2022). JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(10), 1445-1452. https://doi.org/10.53625/joel.v1i10.2286.

Mulyani, L. (2022). Nilai kehidupan dan gaya bahasa pada puisi “Dengan Puisi Aku” karya Taufiq Ismail. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 115-126. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.85.

Naibaho, D., & Sagala, D. (2023). Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 12724-12735. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/700.

Nupus, H., Nurhasanah, N., & Astini, B. N. (2019). Alat Permainan edukasi berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru PAUD korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1-6. https://dx.doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760.

Pahleviannur, M. R., Grave, A. D., Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, D. S., dkk. (202). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Pebrimireni, D. (2022). Analisis struktur persajakan pada puisi Bahasa, Bangsa karya Mohammad Yamin. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(3), 31-40. https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.66.

Priyanto, P., Rustam, R., Budiyono, H., Afriani, M., Trinaldi, A. (2022). Persepsi guru terhadap model PJBL pada kurikulum prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408-7417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3526.

Purnama, S. (2010). Elemen warna dalam pengembangan multimedia pembelajaran agama Islam. Albidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 2(1), 113-130. https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i1.102.

Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan media wattpad dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMK Setia Darma Palembang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 381-394. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5120.

Rahmawati, D. (2022). Penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi melalui microsoft teams pada peserta didik kelas X SMAN 2 Pati tahun ajaran 2020/2021. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 115-204. https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264.

Rejo, U. (2020). Karakteristik jenis teks sastra dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 72-87. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.527.

Rosydah, S., & Dia, E. E. D. (2021). Kajian semantik: makna konotasi pada rubrik opini “Jati diri” harian Jawa Pos. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3508-3525. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1428.

Saddhono, K., & Setyawan, B. W. (2020). Gaya kebahasaan Rahmat Djoko Pradopo dalam antologi “Geguritan Abang Mbranang”. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 142-155. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.13618.

Sahrudin, A., & Meliyawati, M. (2018). Pengaruh model talking stick terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik puisi ODE pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cigeulis. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 157-162. http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/58/53.

Septia, E., Laila, A., Tatalia, R. G. (2022). Pembinaan menulis karya sastra (puisi) sebagai kegiatan ekstrakurikuler secara daring di SMK Kartini Batam. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.246.

Setinawati, S., & Surya, A. (2021). Pemikiran diskursif amanat agung Injil Matius 28: 18-20. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 7(1), 42-52. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/242.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953.

Suryana, D., & Rahmalia, D. (2021). Analisis kebijakan pemerintah daerah pada program sekolah keluarga dalam meningkatkan kualitas pengasuhan anak usia dini di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tembusai 5(1), 1649-1660. Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.1502.1.

Toha, M., & Aini, Q. (2023). Analisis minat basabah terhadap tabungan faedah IB (Studi kasus BRI Syariah KCP Mojosari-Mojokerto). Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.31537/jpeka.v1i1.952.

Utami, S., & Aloysia, D. A. M. L. (2022). Majas dalam Puisi dan lagu karya Fiersa Besari. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 86-107. http://doi.org/10.25273/linguista.v6i2.12580.

Yahya, M. I. S., & Aziz, A. (2019). Kritik intrinsikalitas dan ekstrinsikalitas sastra modern dalam kajian sastra Arab modern. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, 3(1), 23-36. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i1.31.

Zahro, F. (2022). Semiotika Michael Riffaterre dalam puisi Fî ‘ainika Unwanî karya Faruq Juwaidah. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1), 75-93. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v4i1.81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.