Pemahaman Nilai Pendidikan Karakter dalam kisah Karya Andrea Hirata yang Berjudul “Guru Aini”

Lovita Resa Rosita Jovanka, Junyta Dwi Riana, Devi Febrianti, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Pendidikan merupakan upaya penting dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta mempersiapkan individu untuk menghadapi berbagai aspek kehidupan. Meskipun menjadi fondasi penting, hanya sedikit yang berhasil membimbing peserta didik menjadi generasi dengan moralitas yang positif. Pendidikan karakter menjadi kebutuhan penting dan dapat diimplementasikan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Novel "Guru Aini" karya Andrea Hirata mengisahkan perjuangan seorang guru matematika bernama Desi Istiqomah yang berusaha mencari siswa yang memiliki kecerdasan matematika di desa terpencil. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian mengidentifikasi lima prinsip utama yang terdapat dalam novel tersebut, meliputi nilai religius, mandiri, demokratis, toleransi, dan cinta tanah air. Namun, realitas pendidikan di Indonesia menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik masih belum sepenuhnya tertanam dalam jiwa mereka.

Kata kunci— Nilai-Nilai Karakter, Novel Guru Aini

 

Abstract— Education is an important effort to acquire knowledge and skills and prepare individuals to face various aspects of life. Even though it is an important foundation, only a few have succeeded in guiding students into a generation with positive morality. Character education is an important need and can be implemented both in the school and community environment. The novel "Guru Aini" by Andrea Hirata tells the story of the struggle of a mathematics teacher named Desi Istiqomah who tries to find students who have mathematical intelligence in a remote village. The research method used is descriptive qualitative using content analysis methods. The research results identified five main principles contained in the novel, including religious values, independence, democracy, tolerance and love of the country. However, the reality of education in Indonesia shows that the character education values that students should have are still not fully embedded in their souls.

Keywords— The Character Values, The Novel Guru Aini


Keywords


The Character Values, The Novel Guru Aini

Full Text:

PDF

References


Hirata, A. (2020). Guru Aini. Yogyakarta: Bentang Pustaka

Juanda, J. J. (2018). Eksplorasi Nilai Pendidikan Lingkungan Cerpen Daring Republika: Kajian Ekokritik. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 11(2), 67-81. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v0i0.4331.

Naim, N. (2012). Optimalisasi peran pendidikan dalam pengembangan ilmu dan pembentukan karakter bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Sumanto, S. (1990). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter berbasis sastra: Internalisasi nilai-nilai karakter melalui pengajaran sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.