Analisis Sufiks -Kan pada Berita Detik Jatim

umul khoyimah, Putri Fajar Desi Nonita, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak—Analisis berita ini bertujuan untuk mendeskripsi dan menganalisa bagaimana pengunaan sufiks -kan pada berita detikjatim yang berjudul “Omzet terjun bebas, PKL Bojonegoro Minta CFD Dikembalikan ke Alun-alun”. Metode yang digunakan untuk meneliti sebuah penelitian ini ialah metode kualitatif.Data-data yang ada dalam penelitian ini merupakan bentuk berita yang menggunakan  penggunaan sufiks-an. Sumber dari data penelitian ini yaitu sumber situs web berita terkini di Indonesia khususnya daerah Jawa Timur yaitu detikjatim. Hasil penelitian dan juga analisis berita yang berjudul “Omzet Terjun Bebas, PKL Bojonegoro Minta CFD Dikembalikan ke Alun-alun” ini yang menggunakan Sufiks-an ada sekitar 6 data.

Kata kunci—Sufik, Berita, Detik Jatim

 

Abstract— The purpose of the analysis of this news is to describe how suffixes are used in the detikjatim news entitled "Free Falling Turnover, Bojonegoro Street Vendors Ask for CFDs to be Returned to Alun-alun". The research used in researching this research is using qualitative methods. The data in this research is a form of news that uses the suffix-an. The source of this research data is the latest news website source in Indonesia, especially the East Java area, namely detikjatim. The results of the research and analysis of the news entitled "Free Falling Turnover, Bojonegoro Street Vendors Ask for CFDs to be Returned to the Alun-alun" which uses suffixes, contains around 6 pieces of data.

Keywords— Sufiks, News, Detik Jatim


Keywords


Sufiks, News, Detik Jatim

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, R. (2017). Nonlinear Editing Berita Jatim Awan Di Jawapos Media Televisi (JTV).

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta: PT Bentang Perkasa.

Chandradewi, A. S. D. (2018). Analisis Wacana Kritis Theo Van Leeuwen terhadap Pemberitaan Fahri Hamzah pada Portal Berita Detik. com dan Kompas. com. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(1), 1-8.

Firman, A. D. (2021). Bentuk dan Makna Sufiks Bahasa Kulisusu.

Gramlich, R. (1995). Alte Vorbilder des Sufitums (No. 1). Otto Harrassowitz Verlag.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1241.

Hakim, S. (2007). Proses pembuatan program berita “Jawa Timur dalam berita” di TVRI stasiun Jawa Timur periode 1 maret–1 april 2007. https://doi.org/10.33559/mi.v13i7.1507.

Jannah, M. (2020). Afiksasi (prefiks dan sufiks) dalam kolom ekonomi bisnis di koran Jawa POS edisi kamis 14 November 2019. Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 18-25.

Yuliadhi, A. (2008). Proses produksi program berita Jawa Timur dalam berita di TVRI stasiun Jawa Timur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.