Perkembangan Fisik pada Anak Usia Dini

Nurul Samsunia, Riski Alfianti, Intan Tri Puspita Anjarwati, Shepia Mauradilla Afrida, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Anak merupakan anak yang belum beranjak umur 18 tahun masih dikatan anak atau masih bayi dalam kandungan seorang ibu, atau masih lebih kecil dengan seseorang yang belum dewasa anak juga di sebut dengan makhluk hidup yang belum mencapai tahap matang atau dewasa. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang perkembangan fisik pada anak usia dini. Dengan merinci proses pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik, artikel ini memperhatikan aspek fisik dalam mengasuh anak usia dini untuk menunjang perkembangan kesehatan dan motorik yang optimal. Metode penelitian ini memakai metode study pustaka atau (library research) penelitian ini dengan cara menganalisis data yang di pakai adalah data sekunder didapat dari artikel penelitian yang di publikasikan. Pada anak usia dini, perkembangan fisik mencakup pertumbuhan tubuh, perkembangan motorik kasar dan halus. Faktor genetik, nutrisi dan lingkungan mempengaruhi pembentukan perkembangan fisik anak pada tahap ini. Stimulasi yang baik melalui aktivitas fisik dan pola makan seimbang mendukung pertumbuhan dan kesehatan fisik yang optimal pada anak usia dini.

Kata kunci—Anak, usia dini, perkembangan fisik

 

Abstract— A child is someone who is not yet 18 years old, called a child who is still in the womb, or is still younger than someone who is not yet an adult. A child is also called a living creature that has not yet reached the mature or adult stage. The purpose of this article is to provide an in-depth understanding of physical development. in early childhood. By detailing the process of physical growth and motor development, this article pays attention to the physical aspects of caring for young children to support optimal health and motor development. This research method uses a library study method or (library research) this research by analyzing the data used is secondary data obtained from published research articles. In early childhood, physical development includes body growth, gross and fine motor development. Genetic, nutritional and environmental factors influence the formation of children's physical development at this stage. Good stimulation through physical activity and a balanced diet supports optimal growth and physical health in early childhood.

Keywords— Children, Early age, Physical development.


Keywords


Children, Early age, Physical development

Full Text:

PDF

References


Andayani, S. (2021). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(02), 199-212.

Andayani. S. (2021). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Jurnal an- nur kajian ilmu-ilmu pendidikan dan keislaman. 7(2). 200-212. https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/130.

Andriani. T. & Riau. S. K. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal sosial budaya. 9(1). 121-136. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v9i1.376.

Darmini, M. H. (2020). Perlindungan hukum terhadap eksploitasi pekerja anak dibawah umur. QAWWAM, 14(2), 54-76.

Desmariani, E. (2020). Buku ajar metode perkembangan fisik anak usia dini. Pustaka Galeri Mandiri.

Eliasa. E. I. (2012). Pentingnya bermain bagi anak usia dini. Yogyakarta: FIP UNY.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34.

Handayani. R. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal pendidikan islam anak usia dini. 2(2). 159-168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797.

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan fisik motorik anak usia sekolah dasar dalam proses pembelajaran (studi kasus di sd muhammadiyah karangbendo yogyakarta). El Midad, 11(2), 155-168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900.

Khairi. H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna. 2(2). 15-28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.

Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, P. D. (2020). Memahami karakteristik anak. Bayfa Cendekia Indonesia.

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Oleh Muhammad Hasan, Nur Utomo Bayu Aji, Margiyono Suyitno, Siti Sulistyani Pamuji, Siti Rochmahtun, Tito Parta Wibowo, Siti Sa’idah, Nurdin Salama, Nina Kusuma Dewi, Putri Agustina, Eva Soraya Zulfa, Eskawida, Yesi Okta Apriyanti, Yurni, Hikrawati, Arifin 2023 https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter_Anak_Usia_Dini/r920EAAAQBAJ?hl=id.

Priyanto. A. (2014). Pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. 2. 41-47. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2913/2434.

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57.

Terapi Bermain Origami untuk Mengatasi Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Prasekolah Oleh Dianah Syahirah, Indah Permatasari. 2023. https://www.google.co.id/books/edition/Terapi_Bermain_Origami_untuk_Mengatasi_K/ydHREAAAQBAJ?hl=id

Winarsih, W. E. (2021). Perkembangan Fisik Anak, Problem Dan Penanganannya. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), DOI: https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.