Dampak Perundungan terhadap Perkembangan Belajar Anak

Firda Kholisotul Ummah, Audian Putri Inayah, Sevi Ninda Johanes, Siti Munawaroh

Abstract


Abstrak— Masa anak-anak merupakan masa yang sangat special dan pada masa ini anak-anak membutuhkan pengamatan dari orang tua. Mengingat perkembangan belajar anak dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk lingkungan teman sebaya yang terkadang ada perilaku perundungan. Untuk itu penelitian ini bertujuan agar orang tua lebih mengawasi dan mengamati perkembngan belajar pada anak. Metode penelitian saat ini yang digunakan penulis yaitu studi Pustaka. Penelitian ini peneliti akan mengunakan data sekunder yang masih berkaitan dengan topik pembahasan yaitu Anak-anak, perkembangan belajar, perundungan. Data diperoleh melalui beragam sumber seperti buku, koran, majalah, artikel, dan jurnal online. Hasil penelitian ini dengan adanya perundungan bakan berdampak pada proses belajar anak yang mengakibatkan proses belajar yang lambat.

Kata kunci— Anak-anak, perkembangan belajar, perundungan

 

Abstract— Childhood is a very special period and at this time children need observation from their parents. Bearing in mind that children's learning development is influenced by several factors, including their peer environment, which sometimes involves bullying behavior. For this reason, this research aims to encourage parents to monitor and observe children's learning development more closely. The current research method used by the author is literature study. In this research, researchers will use secondary data that is still related to the topic of discussion, namely children, learning development, bullying. Data was obtained through various sources such as books, newspapers, magazines, articles and online journals. The results of this research show that bullying has an impact on children's learning process, resulting in a slow learning process.

Keywords— Children, learning development, bullying


Keywords


Children, learning development, bullying

Full Text:

PDF

References


Adnan, D. R. A., Kaloko, J., Sihombing, K., & Mahmud, P. (2022). Pengembangan Media Poster Sebagai Media Edukasi Orangtua Dalam Membantu Mencegah Perilaku Perundungan. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 9(02), 234-242. https://doi.org/10.21009/JKKP.092.10.

Delli, S., Nelyahardi, N., & Ayu Sekonda, F. (2022). Dampak Perilaku Perundungan Lisan pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Jambi. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam , 3 (1), 53-60. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v3i1.3929.

Dewi, T, R, A., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku emosional anak usia dini. Jurnal golden age, 4(1), 181-190. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233.

Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1-7. Retrieved from:https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790.

Haslan, M. M., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. (2020). Perilaku Perundungan (Bullying) dan Dampaknya Bagi Anak Usia Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.140.

Maulany, L. E., Rasimin, R., & Yusra, A. (2022). Dampak Perundungan (Bullying) Verbal terhadap Empati Korban pada Siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 195-201. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.291.

Munandar, H., & Rina, S. J. (2023). Upaya Pencegahan Tindakan Perundungan Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa SD Negeri 19 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 34-47. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.2085.

Munawarah, R. R. D. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 15-32. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14468.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.

Sari, R., Nulhaqim, A, S., & Irfan, M. (2015). Pelecehan seksual terhadap anak. Prosiding penelitian & pengabdian kepada masyarakat, 2(1), 14-18. Https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13230.

Sopandi, D., & Andina Sopandi, N. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Wibowo, A.,dkk (2023). Dampak Perundungan Di Lingkungan Sekolah MTS Satria Jakarta Barat. Pendidikan Karakter Unggul, 1(3). Retiefed From: https://karakter.esaunggul.ac.id/index.php/pku/article/view/170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.