Analisis Kebutuhan dan Desain Media Pop Up Book Cerita Narasi untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Aghnina Nuriyana, Ani Istiqomah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Analisis kebutuhan merupakan kegiatan penting dalam mendesain media pembelajaran dan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis daftar kebutuhan sistem manejemen yang akan dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop up book dalam pembelajaran siswa sekolah menengah pertama dengan materi tentang cerita narasi persahabatan kucing dan tikus serta untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media akan dikembangkan pada penelitian ini. Penelitian ini adalah termasuk penelitian RnD dengan menerapkan metode ADDIE. Proses penelitian mempelajari kebutuhan pengguna dan mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan tersebut. Pada penelitian ini, dijelaskan langkah analisis kebutuhan, desain, dan Develop. Tahap penelitian pengembangan media pop-up book persahabatan kucing dan tikus hanya akan dibatasi pada Analisis kebutuhan, Desain, dan Develop.  Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran popup book dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) hasil analisis kebutuhan pada media pop up book cerita narasi persahabatan kucing dan tikus menunjukkan bahwa siswa setuju jika media pembelajaran untuk mendukung minat baca menggunakan pop up book. 2) desain pada media pop-up book menggunakan acuan seperti kerangka yaitu pembuatan flowchart dan storyboard. 3) pada tahap Develop (pengembangan) media pop-up book dikerjakan melalui bahan-bahan yang sederhana dan mudah digunakan.

Kata kunci—Analisis Kebutuhan, Siswa Sekolah Menengah Pertama, Cerita Narasi, dan Desain Media Pop Up Book

 

Abstract— Requirements analysis is an important activity in designing learning media and activities aimed at collecting and analyzing a list of management system requirements to be created. This research aims to develop pop up book media in junior high school students' learning with material about the narrative story of the friendship between a cat and a mouse and to determine the level of appropriateness of the media that will be developed in this research. This research includes RnD research using the ADDIE method. The research process studies user needs and develops products that meet those needs. In this research, the steps for needs analysis, design and development are explained. The research stage for the development of the cat and mouse friendship pop-up book media will only be limited to needs analysis, design and development. Based on the results of research and development of pop-up book learning media, it can be concluded that: 1) the results of the needs analysis for pop-up book media, narrative stories about the friendship of cats and mice, show that students agree that learning media to support reading interest uses pop-up books. 2) the design of the pop-up book media uses references such as a framework, namely making flowcharts and storyboards. 3) in the Develop stage, the pop-up book media is done using simple and easy-to-use materials.

Keywords— Needs Analysis, Junior High School Students, Narrative Stories, and Pop Up Book Media Design




Keywords


Needs Analysis, Junior High School Students, Narrative Stories, and Pop Up Book Media Design

Full Text:

PDF

References


Aqib. Z. (2013). No Judul Model-Model, Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif)

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Dzuanda, B. (2011). NoTitle Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up, Tokoh-Tokoh Wayang Seri.

Elfiani, L., Taufik, M., & Baiduri, B. (2019). Perkembangan Media Buku Pop-Up Berbasis Audio pada Dua- Dimensi Persegi Panjang Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1), 1-14. Doi https://doi.org/10.22219/mej.v311.8420.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Ismail, Ali, Dkk. (2017). Analisis kebutuhan Pembelajaran berbasis ict. Jurnal PETIK, 3(1). 28-32 Retraived from: https://www.researchgate.net/publication/327532715_ANALISIS_KEBUTUHAN_PEMBELAJARAN_BERBASIS_ICT.

Lawrence, JE, & Tar, UA (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi dan integrasi TIK oleh guru pengajaran/pembelajaraproses. Pendidikan Media Internasional, 55(1), 1-10 Doi https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712.

Marahimin. 1994. Menulis Secara Populer.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, DI, & Rukiyati, R. (2018). Mengembangkan Media Pembelajaran Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Usia 4-5 Tahun. Konferensi Internasional ke-4 tentang Pendidikan Anak Usia Dini 249 (Rahasia), 1(9), 60-69. Doi https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.10.

Ridho, I. (2017). Paduan Pembuatan Flowcart. Surabaya, Indonesia: Fakultas Kesehatan Masyarakat Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan.

Rosaly, R. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan. Program Studi Teknik Informatika Politeknik Purbaya, 1(2), 1-8 Retraived from: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/9656/4659.

Suryani, P. (2018). No Judul Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya.

Wijayanti, S, Dkk (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengacu Model Creative Problem Solving berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2). 101-110 Retraived from: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/9656/4659.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.