Urgensi Menyimak Introgatif di Kalangan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Sebuah Kasus

M. Khozinatul Asror, Siti Musdalifah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak introgatif dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan penelitian untuk pengumpulan data maupun informasi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui urgensi menyimak introgatif di kalangan mahasiswa dalam menyelesaikan sebuah kasus. Penelitian ini menggunakan metode library reasearch, data yang dipergunaakan adalah data sekunder, teknik yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik simak, libatt dan catat, jenis teknik validasi yang pergunakan pada penelitian ini merupakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah menyimak introgatif di kalangan mahasiswa dalam menyelesaikan sebuah kasus memiliki peran penting seperti: 1). Pengaruh lingkungan pembelajaran 2). Hubungan menyimak introgatif dengan pemahaman kasus 3). Strategi menyimak introgatif. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 3 urgensi menyiamak introgatif di kalangan mahasiswa dalam menyelesaikan sebuah kasus.

Kata kunci—Menyimak Introgratif, Mahasiswa, Sebuah Kasus

 

Abstract—Interrogative listening can be interpreted as a form of research activity for data and information collection. The purpose of this study was to determine the urgency of listening to interrogatives among students in solving a case. This study uses the library reasearch method, the data used is secondary data, the techniques used in this study are listening, libatt and note taking techniques, the type of validation technique used in this study is a triangulation technique. The results of this study are introgative listening among students in solving a case has an important role such as: 1). The influence of the learning environment 2). The relationship between introgative listening and case understanding 3). Introgative listening strategy. The conclusion in this study is that there are 3 urgencies of listening to introgative among students in solving a case.

Keywords Introgative listening, students, a case


Keywords


Introgative listening, students, a case

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y. M. DKK. (2021). Kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh lingkungan sekolah dalam pengajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 222-243. DOI: https://doi. org/10. 25299/al-thariqah. 2021. vol6 (2). 7382.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9. DOI: https://doi. org/10. 47709/jpsk. v3i01. 1951.

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66. DOI: http://dx. doi. org/10. 37905/aksara. 7. 7. 61-66. 2021.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan dinamika dunia kampus. Bandung: CV. Rasi Terbit.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. DOI: https://doi. org/10. 47730/Jurnallampuhyang. v3i2. 132.

Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Jawa Tengah: Lutfi Gilang.

Laia, A. (2020). Menyimak Efektif: Jawa Tengah: Lutfi Gilang.

Majdi, M. DKK. (2019). Kecerdasan interpersonal siswa kelas 1 MI dalam model pembelajaran menyimak tipe bisik berantai mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Study Guru dan Pembelajaran, 2(3), 264-272. DOi https://doi. org/10. 30605/jsgp. 2. 3. 2019. 83.

Martuliana, D. S. (2018). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta: Depublish.

Maruti, S. E. (2015). Pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dasar: Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mentari, N., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2018). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa SMP berdasarkan gaya belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 31-42. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209.

Mustadi, A. DKK. (2021). Pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra yang efektif di sekolah dasar. Yogyakarata: UNY Press.

Ningsih, N. A., & Alber, A. (2023). Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ketakutan Dibalik Bebasnya Umar Patek. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 89-102. DOI: https://doi. org/10. 5294/jadi. v12i2. 70862.

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. DOI: https://dx. doi. org/10. 52434/jp. v4i1. 36.

Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan bahan ajar materi mencerna (menyimak cerita anak) berbasis cerita anak majalah bobo pada siswa kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 69-83. DOI: https://doi. org/10. 21067. jbpd. v2i1. 2201.

Prasetya, A., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2019). Pengaruh lingkungan terhadap perilaku agresif verbal siswa dalam berkomunikasi. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 68-73. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1351.

Pujiastuti, S. N., Purwandari, D. A., & Sujarwo, S. (2022). Pengaruh lingkungan pembelajaran jarak jauh terhadap prokrastinasi akademik. Jurnal Pendidikan, 13(1), 1-12. DOI: https://dx. doi. org/10. 31258/jp. 13. 1. 1-12.

Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi belajar mahasiswa terhadap metode pembelajaran online ilearning+ pada perguruan tinggi. Sisfotenika, 9(2), 192-202. DOI: http://dx. doi. org/10. 30700/jst. v9i2. 497.

Salamah, N., Nugroho, M. A., & Nugroho, P. (2020). Upaya Menyemai Moderasi Beragama Mahasiswa IAIN Kudus Melalui Paradigma Ilmu Islam Terapan. Quality, 8(2), 269-290. DOI: http://doi. org/10. 21043/quality. v8i2. 7517.

Saputra, W. (2006). Kuliah itu Gampang. Tangerang: Visi Media.

Solihin, H. H. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Study Kasus SMP Plus Babussalam Basung). Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 1 (1), 54-63. DOI: https://doi. org/10. 23897. infotronik. 2016. 1. 1. 9.

Soraya, A. DKK. (2019). Menyimak Apresiatif. Malang: Media Nusa Creative.

Sugiarti, T. (2023). Pengaruh self esteem dan impostor syndrom terhadap kecemasan akademis mahasiswa. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Susilawati, S. DKK. (2014). Mengukur keterampilan menyimak listening melalui strategi mencatat (notetaking) pada kata kunci. Jurnal Deiksis, 6(2), 137-144. DOI http://dx. doi. org/10. 30998/deiksis. v6i02. 523.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. DOI: https://doi. org/10. 32585/jkp. v2i2. 113.

Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2). DOI: https://doi. org/10. 35706/judika. v3i2. 215.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (DLTA) dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). DOI: https://doi. org/1021831/jig%20cope. v20i1. 10793.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.