Peran Media Sosial terhadap Menyimak Sekunder di Kalangan Mahasiswa

Marlia Pujiati, Rani Ayuni Fi'ana, Rika Zuliyanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Menyimak sekunder dapat diartikan sebagai jenis menyimak yang di lakukan secara tidak sengaja. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran media sosial kepada menyimak sekunder khususnya dikalangan mahasiswa. Metode yang dalam penelitian mempergunakan metode library research, data yang dipergunakan merupakan data sekunder, teknik yang digunakan berupa teknik simak, libat, dan catat, sementara jenis teknik validasi yang dipergunakan pada penelitian berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian ini berdasarkan observasi peran media sosial terhadap menyimak sekunder dikalangan mahasiswa yaitu: 1) Memudahkan dalam mengerjakan tugas 2) Membantu dalam keterampilan menyimak 3) Mahasiswa lebih nyaman Mengerjakan tugas dengan mendengarkan musik melalui platform digital. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 3 peran media sosial terhadap menyimak sekunder di kalangan mahasiswa

Kata kunci—Media Sosial, Menyimak Sekunder, Mahasiswa

 

Abstract—Secondary listening can be interpreted as a type of listening that is done unintentionally. This study aims to understand the role of social media to secondary listening, especially among students. The method in the study uses library research method, the data used is secondary data, the technique used is in the form of listening, engaging, and recording techniques, while the type of validation technique used in the research is triangulation technique. The results of this study based on observations of the role of social media on secondary listening among students, namely: 1) Make it easy to do assignments 2) Helps in listening skills 3) Students are more comfortable doing assignments by listening to music through digital platforms. The conclusion in this study is that there are 3 roles of social media on secondary listening among students.

Keywords Social Media, Secondary Listening, College Students


Keywords


Social Media, Secondary Listening, College Students

Full Text:

PDF

References


Aditia, R. (2021). Fenomena phubbing: Suatu degradasi relasi sosial sebagai dampak media sosial. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2 (1), 8-14. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.4034.

Amanda, R. (2022). Music streaming dalam industri musik era industri 4.0. Jurnal studi komunikasi, 6 (1), 358-382. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i1.

Andriani, E. A., & Sulistyorini, S. (2022). Penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 10 (1), 63-70 https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6442.

Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal pendidikan islam, 12(1), 1-15. http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.7717.

Arifah, C., Rakhmat, C., & Mulyadi, S. (2023). Media digital sebagai upaya optimal keterampilan menyimak anak berkebutuhan khusus. naturalistic: Jurnal kajian dan penelitian pendidikan dan pembelajaran, 7(2), 1694-1698. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3375.

Azka, F., Firdaus, F, D., Kurniadewi, E., (2018), Kecemasan sosial dan ketergantungan media sosial pada mahasiswa, jurnal ilmiah psikologi, 2(5), 201-210. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3315.

Cahyono, A. S. (2016), Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia, jurnal ilmiah Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan dinamika dunia kampus. Bandung: CV. Rasi Terbit.

Gereda, A. (2020). Keterampilan berbahasa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tasikmalaya: Edu publisher.

Hasanah, N., & Syaputra, E. (2022). Media sosial Sebagai sarana pembinaan bahasa indonesia di era revolusi Industri 4,0 (di era digital). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 109-112. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2340.

Hasriani, H. (2023). Terampil menyimak. Bandung: Indonesia emas group.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di sma muhammadiyah tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917.

Ibda, H. (2020). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa. Semarang: CV. pilar nusantara.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Jurnal Lampuhyang, 3(2), 67-77. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Juanda, H. (2017). Canggih media sosial sebagai penyebarluasan informasi pemerintah aceh. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 1 (1), 1-22. http://dx.doi.org/10.22373/jp.v1i1.1988.

Kartini, K., & Nurus, S. (2022). Dampak Musik Religi Terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4 (5), 6033-6038. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7610.

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan berbicara. Surakarta: muhammadiyah university press.

Kawet, R. S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar mahasiswa terhadap hasil belajar manajemen konstruksi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 224-239. https://doi.org/10.21009/jtp.v19i3.6710.

Kosasih, E. (2019). Literasi media sosial dalam pemasyarakatan sikap moderasi beragama. Jurnal Bimas Islam, Vol 12 (2), 264-268. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118.

Mike, I., & Dian, P. (2021). Pemanfaatan platform youtube sebagai media pembelajaran, dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa universitas bina sarana informatika. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. 6 (3), 43-52. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1545.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017), Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Jurnal buletin Psikologi, 25(1), 36-44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63.

Partawibawa, A., Fathudin, S., & Widodo, A. (2014). Peran pembimbing akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 1-8. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i1.8851.

Pasoloran, R. (2019). Peningkatan prestasi belajar menyimak bahasa indonesia melalui pendekatan terpadu siswa kelas IX smp negeri 1 rantepao taroja utara. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 140-149 https://doi.org/10.31970/pendidikan.v1i1.37.

Permana, A. D. I. (2016). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.999.

Rizky, A. M. (2018). 7 Jalan Mahasiswa. Sukabumi: CV Jejak.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora Bina Sarana Iformatika, 16 (2),1-13 https://doi.org/10.31294/jc.v16i2.1283.

Syahreza, F. M., & Tanjung, S. I. (2018). Motif dan pola penggunaan media sosial Instagram di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (1), 61-84. https://doi.org/10.30596/interaksi.v2i1.1788.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 15-16. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1). 52-53. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.

Wijaya, C. M., Widyatmoko, T., & Sunarti, S. (2023). Penerapan media sosial igtv pada mata kuliah menyimak 1 universitas negeri malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(5), 617-629. https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p617-629.

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh media audio dan audio visual terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251-258. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.