Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Amelia Risma Putri, Dewi Nur Cahyani, Lyli Su’udia, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Peserta didik adalah seseorang yang memiliki watak dengan karakteristik yang khas dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Peneliti menggunakan metode studi pusstaka (library research) yaitu penelitian menggunaka metode pustaka dengan menggunakan data sekunder dari jurnal. Artikel yang dipublikasikan. Dalam teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dan pembahasan memaparkan bahwa motivasi belajar akan mendorong semangat belajar pada peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada perkembangannya peserta didik perlu memenuhi beberapa kebutuhannya seperti kebutuhan jasmani, sosial dan intelektual yang berhubungan dengan minat belajar peserta didik supaya mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari motivasi belajar. Sebab motivasi adalah pengaruh terbesar dalam pembelajaran, karena dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Motivasi dibagi menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik yaitu bentuk kesadaran dari dalam diri peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu demi mencapai kepuasan yang terbentuk melalui keinginan, kemampuan, atau tujuan peserta didik. Sedangkan motivasi ekstrinsik yaitu faktor yang mendorong tercapainya tujuan belajar.

Kata kunci— Peserta Didik, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

 

Abstract— A learner is someone who has a character with characteristics that are unique to their growth and development. The researcher used the library research method, namely research using the library method using secondary data from journals. Published articles. The data validation technique uses triangulation techniques. The results and discussion show that learning motivation will encourage enthusiasm for learning in students. The conclusion of this research is that during their development students need to fulfill several needs such as physical, social and intellectual needs which are related to students' interest in learning in order to get maximum learning results. Student learning outcomes can be seen from learning motivation. Because motivation is the biggest influence in learning, because it can increase students' enthusiasm for learning. Motivation is divided into two, namely intrinsic motivation and extrinsic motivation. Intrinsic motivation is a form of awareness within students to achieve certain goals in order to achieve satisfaction that is formed through the students' desires, abilities or goals. Meanwhile, extrinsic motivation is a factor that encourages the achievement of learning goals.

Keywords— Learners, Learning Outcomes, Learning Motivation


Keywords


earners, Learning Outcomes, Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


Ainurrahman. (2012). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758.

Darsono, dkk. (2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hamalik,Oemar. (2008).Proses belajar mengajar. Bandung: BumiAksara.

Nashar. (2004). Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.

Ramayulis. (2002). Filsafat pendidikan Islam. Padang: Quantum Pers.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtpai.v5i1.1825.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Thobroni. (2016). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Utama.

Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.