Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia MI
Abstract
abstrak— Perkembangan kecerdasan atau kognitif pada Madrasah Ibtidaiyah merupakan penalaran, pemikiran atau bahasa. Sehingga, berkelanjutan membentuk dapat berinteraksi konstan dengan lingkungan. Oleh karena itu, dibentuk oleh intelek, pada pengetahuan yang sangat subjektif masa bayi dan anak usia dini pada awal masa dewasa lagi. Dengan demikian, perkembangan kognitif anak MI pada dasarnya harus diimbangi dengan kemampuan belajar dan hal ini wajib dipelajari oleh setiap pendidik. Dengan demikian, guru harus mampu beradaptasi sejauh mana otak siswa menyerap pembelajaran. Maka jangan sampai materi di luar kemampuannya justru menimbulkan keinginan belajar dan merusak struktur kognitifnya.
Kata kunci—konsep, Kognitif, Anak Usia Dini
Abstract— Cognitive development at Madrasah Ibtidaiyah is reasoning, thinking or language. Thus, sustainable forms can interact constantly with the environment. Therefore, it is formed by the intellect, in very subjective knowledge in infancy and early childhood in early adulthood again. Thus, MI children's cognitive development must basically be balanced with learning abilities and this must be studied by every educator. Thus, teachers must be able to adapt to the extent to which students' brains absorb learning. So don't let material that is beyond your ability actually create a desire to learn and damage your cognitive structure.
Keywords—Development, Cognitive, Early Childhood
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Desmita, D. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fatimah, E. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Muklis, H. (2010). Teori Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mitaelmi, M. (2012). Perkembangan Kognitif Anak Usia MI. Jakarta: Erlangga.
Jamararis, M. (2006). Perkembangan dan Perkembangan Anak UsiaTaman Kanak kanak. Jakarta: Grasindo.
Robert, M. K. (2012). Pungukuran Psikologi. Jakarta: Arianto.
Santrock John W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Selamba Humanika.
Upton, P. (2012). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Syamsu, Y. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.