Urgensi Menyimak Penyelidikan di Kalangan Mahasiswa dalam Menghadapi Kasus Korupsi

Tri Inayah Maula, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Menyimak penyelidikan suatu kegiatan menyimak untuk menemukan hal menarik seperti isu masalah tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi menyimak penyelidikan di kalangan mahasiswa dalam menghadapi kasus korupsi. Metode dalam penelitian ini menggunakan library research, data yang diperoleh merupakan data sekunder dan pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik simak, libat, dan, catat, serta menggunakan teknik triangulasi untuk memvalidasi kebenaran penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah menyimak penyelidikan di kalangan mahasiswa dalam menghadapi kasus korupsi penting dilakukan karena memiliki keuntungan seperti: 1) Untuk menghindari kasus korupsi 2) Menjadikan mahasiswa mengetahui faktor korupsi 3) Mahasiswa dapat mengetahui bentuk korupsi terjadi. Simpulan dalam ini terdapat 3 urgensi menyimak penyelidikan di kalangan mahasiswa dalam menghadapi kasus korupsi.

Kata kunci— Kasus Korupsi, Mahasiswa, Menyimak Penyelidikan

 

Abstract— Investigative listening is a listening activity to find interesting things such as certain problem issues. The purpose of this study is to determine the urgency of listening to investigations among students in dealing with corruption cases. The method in this study uses library research, the data obtained is secondary data and data collection in the study uses listening, engaging, and recording techniques, and uses triangulation techniques to validate the truth of this research. The results of this study are listening to investigations among students in dealing with corruption cases is important because it has advantages such as: 1) To avoid corruption cases 2) Making students know the factors of corruption 3) Students can find out the form corruption occurs. The conclusion in this is that there are 3 urgencies of listening to investigations among students in dealing with corruption cases.

Keywords— Corruption Cases, Students, Listening to Investigations


Keywords


Corruption Cases, Students, Listening to Investigations

Full Text:

PDF

References


Alam, S. (2017). Tinjauan yuridis atas tindak pidana korupsi dalam praktek di Indonesia. JHR (Jurnal Hukum Replik), 5(2), 157-171. http://dx.doi.org/10.31000/jhr.v5i2.924.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40- 47. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47.

Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer 18(2), 339-346. https://doi.org/article/view/411.

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.

Azra, A. (2002). Korupsi dalam perspektif good governance. Indonesian Journal of Criminology, 2(1), 42-58. https://doi.org/10.20885/iustum.vol15.iss1.art8.

Arief, M. O. H. Z. (2015). Tindak pidana korupsi penghambat laju ekonomi. Jurnal Jendela Hukum, 2(2), 23-27. https://doi.org/10.22146/jmh.16276.

Arlis, A., Hendrayadi, A., Abas, M., Mulyani, W., Okto, M., Syafrina., Okta, D. S., Abimulyani, Y., & Ardiansyah, S. (2022). Pendidikan Budaya Anti Korupsi. Get Press.

Erniati, A. (2022). Efektivitas model discovery leaning (DL) dan groub investigasi (GI) terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5085-5092. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2464.

Halawa, N. (2023). Pengaruh model cooperative script terhadap kemampyan menyimak Teks Berita Siswa: Cooperative Script, Menyimak, Berita. Ta'ehao: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 166-179. https://doi.org/10.56207/taehao.v2i1.165.

Hamdan, H., & Mahmuddin, M. (2021). Youtube sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 6(1), 63-80. http://dx.doi.org/10.24256/pal.v6i1.2003.

Hayati, L. S. (2022). Penerapan media podcast untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita dongeng pada siswa kelas III SDN TEGALWANGI (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS), 10(1). 200-230. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227.

Harto, K. (2014). Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Agama. Palembang:Intizar, 20(1), 121-138. https://doi.org/10.32665/jec.v1i2.58.

Hendrayady, A., Abas, M., Mulyani, W., Oktaria, D. S., Abimulyani, Y., & Ardiansyah, S. (2022). Pendidikan Budaya Anti Korupsi. Get Press, 4(1), 125-135. https://dx.doi.org/10.35194/jhmj.v4i2.498.

Islam, A. F. (2021). Menyimak kritis dengan bahan ajar e-pub responsif budaya lokal. Jurnal Lecture. 2(1), 34-56. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar.Jurnal Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Khairunnisa, L., & Permana, H. (2022). Urgensi pendidikan anti korupsi dalam pelayanan publik di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4718-4732. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6227.

Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 36-52. https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709.

Khasanah, L. (2021). Dampak Ketimpangan Pendapatan, Tata Kelola Pemerintahan dan Korupsi terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Bharanomics, 1(2), 75-81. https://doi.org/10.46821/bharanomics.v1i2.156.

Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Penerbit Lutfi Gilang.

Mahfudh, N. I. (2017). Hukum Pidana Islam Tentang Korupsi. IN RIGHT: Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia, 6(2), 53-65. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v14i2.327.

Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41-46. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63.

Maghfiroh, L. (2018). Strategi peningkatan mutu pendidikan madrasah melalui total Quality Management (TQM) Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19-39. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.623.

Nasari, F., & Darma, S. (2013). Penerapan k-means clustering pada data penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: universitas potensi utama). Jurnal Semnasteknomedia Online, 3(1). https://doi.org/10.31154/cogito.v2i2.19.108-119.

Natasasmita, B. I. (2011). Diskresi sebagai tindak pidana korupsi: kajian kriminologi dan hukum terhadap fenomena pejabat otoritas. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 27(2), 143-149. https://doi.org/10.29313/mimbar.v27i2.322.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037.

Permana, A. (2016). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa terhadap kemampuan belajar ilmu alamiah dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(3), 123-140. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.

Pah, G. G. A., Iriyanto, E., & Wulandari, L. (2014). Analisis yuridis penjatuhan pidana oleh hakim dalam tindak pidana korupsi (Putusan Nomor: 2031 K/Pid. Sus/2011). Lentera Hukum, 1(1), 33-41. https://doi.org/10.19184/ejlh.v1i1.563.

Putri, R. A. (2023). Pengaruh korupsi terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia. KARIMAH TAUHID, 2(5), 1487-1492. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9000.

Pahlevi, F. S. (2022). Strategi Ideal Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 4(1), 44. http://dx.doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v4i1.4251.

Pradiptyo. Rinawan, (2009)., Korupsi di Indonesia, Perspektif ilmu ekonomi. Dalam korupsi mengorupsi Indonesia, Sebab, Akibat, dan prospe pemberantasan.Wijayanto,Ridwan Zachrie (Ed). Jakarta:Grame, 2(1), 456-463. https://dx.doi.org/10.24269/v1.n1.2016.19-24.

Prayoga, M. A., & Sudarmaji, E. (2019). Kecurangan laporan keuangan dalam perspektif fraud diamond theory: Studi empiris pada perusahaan sub sektor transportasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(1), 89-102. https://doi.org/10.34208/jba.v21i1.503.

Faisal, A. A. (2018). Pencegahan dan deteksi kasus korupsi pada sektor publik dengan fraud triangle. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 20(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v20i4.1238.

Rusmita, S. (2015). Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap korupsi. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 4(1), 563-577. https://doi.org/10.21107/infestasi.v10i1.511.

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis kemampuan pemecahan matematika ditinjau dari tingkat self-confidance peserta didik kelas VIII. Griya Journal of Mathematics masalah Education and Application, 1(2), 212-223. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.33.

Ripai, M. M. (2018). Korupsi dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Terhadap Tafsīr Ṣafwat Al-Tafāsīr Karya Muhammad Ali Al-Ṣabūnī (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). https://doi.org/10.21107/il.v2i1.11009.

Septianingtias, V. (2015). Pola kalimat pada kumpulan dongeng gadis korek api karya HC Andersen sintaksis). Jurnal Pesona, 1(1), 321-337. https://doi.org/10.52657/jp.v1i1.76.

Sitompul, H. (2019). Penyertaan dalam tindak pidana korupsi. Jurnal Ilmiah Hukumdan Keadilan, 6(2), 108-123. https://doi.org/10.59635/jihk.v6i2.66.

Suhartono, S., Jannah, R., & Syariati, N. E. (2022). Kajian kritis terhadap fenomena fraud BUMN. Islamic Economic and Business Journal, 4(2), 20-46. http://dx.doi.org/10.30863/iebjournal.v4i2.3757.

Suryani, I. (2013). Penanaman nilai anti korupsi di perguruan tinggi sebagai upaya preventif pencegahan korupsi. Jurnal Visi Komunikasi, 12(2), 141-156. https://doi.org/10.35968/jihd.v11i2.770.

Satria, H. S. (2020). Kebijakan kriminal pencegahan korupsi pelayanan publik. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 6(2), 169-186. https://doi.org/10.32697/integritas.v6i2.660.

Salistina, D. (2015). Pendidikan anti korupsi melalui hidden curriculum dan pendidikan moral. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 163-184. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.2.163-184.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thingking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1), 211-231. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.

Wulandari, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai Pancasila: KPK sebagai upaya mengatasi kasus korupsi di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 565-579. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1284.

Yolanda, Y. (2019). Pengaruh korupsi, demokrasi dan politik terhadap kemiskinan di delapan negara asean dengan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel moderasi. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, 1(3), 845-854. http://dx.doi.org/10.24036/jkep.v1i3.7711.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30-41. http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.1.2017.30-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.