Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik

Dwi Nur Afifah, Laela Ismaputri Nurqomari, Monika Putri Anjarwati, zuka Farania Azzahra, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Dalam perkembangan peserta didik, terdapat dua faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa dan meliputi faktor jasmaniah dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Studi psikologi perkembangan mempelajari aspek-aspek perkembangan individu, terutama pada tahap usia sekolah dan menengah, mulai dari pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, SMP, hingga SMA/SMK/MA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal meliputi faktor keturunan, bakat, dan proses fungsi pematangan kognitif, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan sekitarnya dan proses belajar, serta kesehatan, nutrisi, peran keluarga, dan lingkungan sosial. Kedua faktor ini dapat membantu orangtua atau peserta didik sendiri dalam mencapai perkembangan yang optimal.

Kata kunci— Faktor internal, Faktor eksternal, Perkembangan peserta didik.

 

 

Abstract— In the development of students, there are two factors that influence it, namely internal and external factors. Internal factors come from within the student and include physical and psychological factors. Meanwhile, external factors come from the family, school, and community environment. Developmental psychology studies the aspects of individual development, especially at the school and middle age stages, starting from early childhood education, elementary school, junior high school, to high school/vocational school. This study concludes that internal factors include genetic factors, talents, and the process of cognitive maturation, while external factors include the surrounding environment and learning processes, as well as health, nutrition, family roles, and social environment. Both of these factors can help parents or students themselves in achieving optimal development.

Keywords— Internal factors, External Factors, Student development.


Keywords


Internal factors, External Factors, Student development.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ananda, R. (2017). Perkembangan teknologi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap perkembangan peserta didik. Hijri, 6(1). http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v6i1.1096.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Hapnita, W. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. Cived, 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941.

Putri, H. P., & Poerwono, D. (2013). Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Provinsi Jawa Tengah Tahun 1994-2010 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/40228/.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288. Retrieved from https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/800 .

Sopandi, D., & Andina Sopandi, N. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Sutianah, C. (2021). Perkembangan peserta didik. CV Penerbit Qiara Media.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Yendrawati, R. (2013). Pengaruh sistem pengendalian intern dan kapasitas sumber daya manusia terhadap kualitas informasi laporan keuangan dengan faktor eksternal sebagai variabel moderating. Jurnal akuntansi dan auditing indonesia, 17(2), 166-175. https://doi.org/10.20885/jaai.vol17.iss2.art7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.