Analisis Frasa Adjektival pada Cerpen Dua Lembar Jilbab buat Aisyah karya Maulana Satrya Sinaga

Nor Vitasari, Dina Novita Sari, Muhamad Sholehhudin

Abstract


Abstrak—Cerpen adalah karya sastra fiksi yang memiliki alur sederhana dan akan selesai dibaca dalam sekali duduk. Salah satu cerpen yang menarik untuk dibaca yaitu cerpen Dua Lembar Jilbab buat Aisyah karya Maulana Satrya Sinaga. Cerpen ini menceritakan tentang sosok Fathir yang membawa dua lembar jilbab dari jepang. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk mengalisis frasa adjektival yang terkandung dalam cerpen Dua Lembar Jilbab buat Aisyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data berupa frasa adjektival yang ditemukan dalam cerpen Dua Lembar Jilbab buat Aisyah. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam cerpen Dua Lembar Jilbab buat Aisyah mengnadung frasa adjektival.

Kata kunci—Frasa adjektival, Cerpen           

 

 

Abstract—A short story is a work of literary fiction that has a simple plot and can be finished reading in one sitting. One of the short  stories that is interesting to read is the short story Dua Lembar Jilbab buat Aisyah by Maulana Satrya Sinaga. This short story tells the story of Fathir who brought two headscarves from Japan. The purpose of this reseach is to analyze the adjectival phrases contained in the sort story Dua Lembar Jilbab buat Aisyah. This research used descriptive qualitative method. The data is in the form of adjectival phrases found in the short story Dua Lembar Jilbab untuk Aisyah. The results of the research show that the short story Dua Lembar Jilbab untuk Aisyah contains adjectival phrases.

Keywords—Adjectival phrases, Short story


Keywords


Adjectival phrases, Short story

Full Text:

PDF

References


Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan metode mengikat makna dalam pembelajaran menulis cerpen pada mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Semantik, 7(1), 1-15. Doi https://doi.org/10.22460/semantik.v7i1.p%25p.

Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10), 179-188. Retrieved from https://www.academia.edu/download/34265413/ivan-penmkupan-analisisdata-kualitatif.pdf.

Astriya, B. R. I. (2023). Implementasi pendidikan karakter (pendidikan karakter) melalui konsep teori Thomas Lickona di Paud Sekarwangi Wanasaba. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 227-244. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257348075.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. Doi http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018.

Nurhayati, S. (2022). Cerita Pendek dan Cerita Fantasi (Untuk Guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama). NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Nuroh, E. Z. (2011). Analisis stilistika dalam cerpen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Prihantini, A. (2015). Master Bahasa Indonesia. Yogyakarta: B first.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. Doi https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Romadhan, A. D., dkk. (2023). Pengantar Linguistik Umum. Bali: Intelektual Manifes Media.

Rosliana, L. (2015). Frasa endosentris pada Bahasa Jepang. Izumi, 4(1), 51-56. Doi https://doi.org/10.14710/izumi.4.1.51-56.

Sofyan, A. N. (2015). Frasa direktif yang berunsur di, dari, dan untuk dalam Bahasa Indonesia: Kajian Sintaktis dan Semantis. Sosiohumaniora, 17(3), 255-263. Doi https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v17i3.8344.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supeni, M. (2023). Menuju Cerpenis Handal: Panduan Praktis Menulis Cerpen bagi Pemula. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sutarni., & Sukardi. (2008). Bahasa Indonesia SMA Kelas X. Indonesia: Quadra.

Ulfah, A. (2017). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran menulis teks cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 1-18. Doi https://doi.org/10.21067/jibs.v4i1.1946.

Widjono. (2007). Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91. Doi https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.