Analisis Wacana Kritis pada Novel Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa Apa Karya Alvi Syahrin
Abstract
abstrak— Penelitian ini berfokus pada kajian analisis wacana kritis pada novel dengan menggunakan pendekatan social semiotic approach (SSA). Novel yang dijadikan sebagai bahan analisis adalah novel karya Alvi Syahrin dengan judul Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa Apa. Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil analisis ditemukan beberapa aspek wacana kritis 5 aspek sosial aktor, 2 aspek power relation, 2 aspek ideologi, dan 1 aspek intertextuality dalan novel tersebut.
Kata kunci— Analisis wacana kritis, social semiotic approach, novel
Abstract— This research focuses on the study of critical discourse analysis on novels using the social semiotic approach (SSA). The novel used as the material for analysis is a novel by Alvi Syahrin with the title If We Never Become Anything. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. From the results of the analysis, several aspects of critical discourse were found: 5 aspects of social actors, 2 aspects of power relations, 2 aspects of ideology, and 1 aspect of intertextuality in the novel.
Keywords— Critical discourse analysis, social semiotic approach, novel
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alviah, I. (2014). Kesantunan berbahasa dalam tuturan novel Para Priyayi karya Umar Kayam. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6629
Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 3(1), 30-40. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v3i1.1953
Fauzan, U. (2014). Analisis wacana kritis dari model Fairclough hingga Mills. Jurnal Pendidik, 6(1). URL: https://www.academia.edu/download/47096548/Analisis_Wacana_Kritis_dari_Model_Faircl.pdf
Phroshak, K. T. P., Kurniawati, N., & Aini, M. N. (2021). Karakteristik Analisis Wacana Kritis Tindakan Dalam Cerpen Dolop Karya Akhmad Sekhu. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 18(1), 82-104. Doi: https://doi.org/10.30957/lingua.v18i1.683
Rohma, W. S. T., & Qur'ani, H. B. (2022). Kritik sosial dalam puisi “berikan aku keadilan” karya Fitri Nganthi Wani dan relevansinya dalam pembelajaran sastra. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(2), 244-257. Doi: https://doi.org/10.26499/jentera.v11i2.3361
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Samosir, R. R. Y. B. (2021). Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2). Doi: https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26274
Silaswati, D. (2019). Analisis wacana kritis dalam pengkajian wacana. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 1-10. Doi: https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124
Sinaga, A. Y. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 958-965. URL: https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/214
Suntini, S. (2017). Penggunaan Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El Saadawi Sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Wacana pada Mahasiswa Program Studi PBSI Tahun Akademik 2017/2018. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2). Doi: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.1157
Susiati, S., Tenriawali, A. Y., Nursin, N., Nacikit, J., & Mukadar, S. (2020). Nilai Edukasi dalam Novel Partikel Karya Dewi Lestari:(The Value of Education in Particle Novels by Dewi Lestari). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 176-183. Doi: https://doi.org/10.47323/ujss.v1i3.46
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90. URL: https://www.researchgate.net/profile/Cut-Zellatifanny/publication/332168438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.