Pembelajaran Menyimak Introgatif Berbasis Media Digital sebagai Bentuk Penanaman Literasi di Era Society 5.0

Manal Afia Sovitri, Muhammad Hasan Bisri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak Introgatif diartikan sebagai bentuk kegiatan menyimak yang membutuhkan  konsentrasi lebih. Tujuan penelitian ini sendiri adalah agar dapat mengetahui urgensi dari menyimak introgatif untuk meningkatkan potensi diri khususnya bagi mahasiwa dan pada media digital sendiri juga memiliki potensi yang sangat penting pada era society 5.0 ini khususnya pada media pembelajaran. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode library research, Pada data yang digunakan pada penelitian ini berupa Teknik Simak,libat,dan catat,sementara jenis validasi yang digunakan pada penelitian ini berupa Teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah menyimak introgatif sebagai bentuk penanaman literasi diera society 5.0 memiliki peran penting seperti: 1) Peningkatan Keterampilan Analisis Konten Digital 2). Pemahaman yang Lebih Mendalam tentang Isu-isu Kontemporer 3). Kemampuan berkomunikasi yang Ditingkatkan 4). Pemberdayan Individu untuk Berpartisipasi dalam Transformasi Digital.

Kata kunci— Menyimak Intogratif, Media Digital, Literasi Society 5.0.

 

Abstract—Introgative listening is defined as a form of listening activity that requires more concentration. The purpose of this study itself is to find out the urgency of listening to introgative to increase self-potential, especially for students and digital media itself also has very important potential in this society 5.0 era, especially in learning media. The method used in this research is the library research method, in the data used in this study in the form of listening techniques, involvement, and notes, while the type of validation used in this study is a triangulation technique. The results of this study are introgative listening as a form of literacy cultivation in the era of society 5.0 has important roles such as: 1) Improved Digital Content Analysis Skills 2). Deeper Understanding of Contemporary Issues 3). Enhanced Communication Skills 4). Empowering Individuals to Participate in Digital Transformation.

Keywords— Intogrative Listening, Digital Media, Literacy Society 5.0.


Keywords


Intogrative Listening, Digital Media, Literacy Society 5.0.

Full Text:

PDF

References


Abdul, Dewis, and Muh Arif. "Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Saintifik." Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 5.2 (2020). http://dx.doi.org/10.29300/btu.v5i2.3376.

Agung, W. C., Kustiyarto, R. A., Anggoro, P. W., Sururi, M., Ananda, S., Wulandari, T. Y., ... & Marhaeni, N. H. (2023). Peningkatan Keterampilan Teknologi Digital Bagi Masyarakat Inklusif di Desa Argosari Melalui Pelatihan Canva. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(7). Retrieved from https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/NJPC/article/view/973.

Anam, Khairul, Syibran Mulasi, and Syarifah Rohana. "Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar." Genderang Asa: Journal of Primary Education 2.2 (2021): 76-87. Retrieved from Garuda Garba Rujukan Digital (kemdikbud.go.id).

Ariastika, D. (2022, May). Penerapan Literasi Digital pada Pembelajaran IPA dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Inovas Pendidikan. Retrieved from https://e-proceedings.iain palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/article/view/749.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2). http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.384.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Dasari, D. (2022). Profil Kemam puan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar dalam Penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1093-1112. Dasari, D. (2022). Profil Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar dalam Penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1093-1112. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.387.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020, December). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 1-14). https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.32..

Ibda, H (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa. Semarang: CV Pilar Nusantara

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1). Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/elic/article/view/1282.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2) , 57-67. Retrieved from https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/132.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Laia. A (2020). Menyimak efektif. Banyumas: Lutfi Gilang.

Mardhatillah, E. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di SD kelas II Negeri Paya Peunaga kecamatan Meurebo. Bina Gogik, 5(1), 91–102.

Martaulina, S. D . (2018). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Noortyani, R. (2015) . Strategi Pembelajaran Berbahasa Lisan Melalui Kegiatan Bercerita Pada siswa Kelas III Sekolah Dasar. 1(1), 51-60. https://doi.org/10.30651/lf.v7i1.7176.

Noortyani, R. (2015) . Strategi Pembelajaran Berbahasa Lisan Melalui Kegiatan Bercerita Pada siswa Kelas III Sekolah Dasar. 1(1), 51-60. Retrieved from https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/700.

Nur Lailiyah, W. S. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash untuk pembelajaran keterampilan menuliskan kembali cerita siswa kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1150–1159.

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/jp/article/view/36. .

Restuningsih, A., Rizkasari, E., Nurhidayah, S., & Putria, M. Pengaruh penggunaan teknik kolaboratif learning terhadap ketrampilan menyimak mahasiswa PGSD FKIP UNISRI.

Soemantri, S. (2019). Pelatihan membuat media pembelajaran digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64-69. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.2372.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan media sosial oleh digital native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47-60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (DLTA) dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). Retrieved from http://dx.doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.