Pemanfaatan Aplikasi YouTube sebagai Media Pembelajaran Alternatif Penunjang Perkembangan Peserta Didik

Kharidatuz Zahra, Asrul Cici Khumairoh, Zakia Luluk Salsabila, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Pada masa saat ini teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga teknologi berbasis komputer dan elektronik lainnya bisa diterapkan untuk memperoleh informasi diranah pendidikan. Penggunaan sistem jaringan atau internet dapat mempersiapkan banyak media sebagai bahan penataran. Mengikuti periode baru saat ini manusia bersosialisasi dengan memanfaatkan jaringan informasi dan internet  sebagai alat komunikasi yang praktis dan inovatif. Satu diantara banyak media yang bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran adalah aplikasi YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan fungsi alternatif YouTube bisa digunakan sebagai media pembelajaran dan media alternatif untuk perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan library research atau biasa disebut dengan pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini ialah aplikasi YouTube dapat difungsikan sesuai dengan atensi peserta didik yang mana menjadi tujuan penting generasi milenial untuk memilih sumber konten edukatif dan kreatif berbentuk video, sehingga menghasilkan kreativitas dan kualitas yang memadai. Temuan penelitian ini menyarankan penggunaan aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran dan perkembangan.

 

Kata kunci—Media Pembelajaran, Perkembangan Peserta Didik, Aplikasi YouTube

 

Abstract— At this time technology is experiencing very rapid development so that computer-based and other electronic technology can be applied to obtain information in the educational realm. The use of a network or internet system can provide a lot of media as training material. Following this new period, humans are socializing by utilizing information networks and the internet as practical and innovative communication tools. One of the many media that can be used to help the learning process is the YouTube application. This research aims to describe alternative functions of YouTube that can be used as learning media and alternative media for student development. This research uses library research or what is usually called data collection. The result of this research is that the YouTube application can be used according to students' attention, which is an important goal for the millennial generation to choose sources of educational and creative content in the form of videos, thereby producing adequate creativity and quality. The findings of this research suggest the use of the YouTube application as a medium for learning and development.

 

Keywords— Learning Media, Student Development, YouTube Application

 


Keywords


Learning Media, Student Development, YouTube Application

Full Text:

PDF

References


Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) 4(1), 343-347. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902/785.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia: Litbangdiklat Press.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sawarjuwono, T & Kadir, A. P. (2003). Intellectual capital: Perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 35-57. https://doi.org/10.9744/jak.5.1.pp.%2035-57.

Sulasih, S. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Multimedia. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(4), 200-204, doi:10.32493/informatika.v2i4.1441

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 1(1), 1-9. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.