Peran Lingkungan dalam Perkembangan Peserta Didik: Studi Kasus pada Anak Usia Pra-Remaja

Khoirul Rahma Syahputri, Kholis Kholis, Neli Aprillia Ayu Puspitasari, Siti Aisyah, Joko Setiyono

Abstract


menuju Langkah selanjutnya. Perkembangan peserta didik merupakan hal yang berpengaruh dalam lingkup Pendidikan. Perkembangan dalam peserta didik memiliki beberapa faktor yaitu faktor sekolah, faktor jasmani, dan faktor keluarga. faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik ialah faktor lingkungan. Lingkungan memainkan peran penting dalam perkembangan anak usia pra remaja. lingkungan mempengaruhi peserta didik pada masa kritis perkembangan mereka. Dampak ini sangat terlihat pada anak usia pra-remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka. metode ini memungkinkan penyelidikan yang mendalam tentang pengaruh lingkungan terhadap beragam aspek perkembangan, mulai dari aspek emosional, kognitif, sosial, hingga perilaku. Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan sosial mempengaruhi peserta didik pada masa kritis perkembangan mereka. Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan yang hangat dan mendukung cenderung menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dari anak lain. Faktor-faktor ini saling berinteraksi untuk membentuk individu yang utuh. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian lebih dalam memahami dan mendukung perkembangan peserta didik pada masa pra remaja.

 

Kata kunci—Perkembangan Peserta Didik, Lingkungan, Anak Usia Pra-Remaja

 

 

 

Abstract— The development of students is a change both physically and mindfully in order to go to the next step. The development of students is an influential thing in the scope of Education. Development in students has several factors, namely school factors, physical factors, and family factors. Factors that influence the development of students are environmental factors. The environment is divided into two, namely the natural living environment and the artificial living environment. Environment plays an important role in the development of pre-adolescent children. The environment affects learners at a critical time of their development. This impact is particularly noticeable in pre-adolescent children. This research uses the research method of literature study. This method allows an in-depth investigation of the influence of the environment on various aspects of development, ranging from emotional, cognitive, social, to behavioral aspects. The family environment, school environment, and social environment affect learners at a critical time of their development. Children who grow up in a warm and supportive family environment tend to show higher levels of self-confidence. These factors interact with each other to form a complete individual. Therefore, there needs to be more attention in understanding and supporting the development of students in pre-adolescence.

 

Keywords— student development, environment, pre-adolescent early childhood


Keywords


student development, environment, pre-adolescent early childhood

Full Text:

PDF

References


Amaliyasari, Y., & Puspitasari, N. (2008). Perilaku seksual anak usia pra remaja di sekitar lokalisasi dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Penelitian Dinas Sosial, 7(1), 54-60. Retrieved from https://www.academia.edu/download/54332774/download-fullpapers-06_A-4__April_2008__54-60_.pdf.

Andriani, A., & Muntohar, M. (2022). Problematika Perkembangan Peserta Didik. http://digitallibrary.ump.ac.id/id/eprint/1256

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/id/publications/557922/perkembangan-peserta-didik-tinjauan-teori-teori-dan-praktis.

Dewantara, L. P. P. K. H. (2021). A. Pembahasan 1. Pengertian Lingkungan. Jurnal Ar-Rahmah: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 1(2), 61-74. http://ejournal.pergunutanjabbarat.or.id/index.php/arrahmah/article/download/10/10.

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.

DIDIK, P. P. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Retrieved from https://vbook.pub/documents/psikologi-perkembangan-peserta-didik-mo8jq4d8l92n.

Eliyasni, R., & Habibi, M. (2021). Perkembangan belajar peserta didik. https://ecampus-fip.umj.ac.id/repo/handle/123456789/3216

Fatmawati, E. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. IBTIDA', 1(2), 135-150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147.

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 121-127. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v3i1.5561.

Fitriyanti, R. (2016). Pertambangan Batubara: Dampak Lingkungan, Sosial Dan Ekonomi. Jurnal Redoks, 1(1). https://doi.org/10.31851/redoks.v1i1.2017.

Gunadi, A. A. (2017). Pengaruh lingkungan sosial terhadap imajinasi anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1215.

Hamuni, H., Idrus, M., & Aswati, M. (2022). Perkembangan peserta didik. Retrieved from https://repository.penerbiteureka.com/publications/558117/perkembangan-peserta-didik.

Haryati, D. (2016). Efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80-96. http://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a4.2016.

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., ... & Hartono, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/pt/publications/339459/perkembangan-peserta-didik.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183-191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191.

Kusumasari, R. N. (2015). Lingkungan sosial dalam perkembangan psikologis anak. J-IKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 2(1), 32-38. https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.200.

Latief, A. (2016). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik di smk negeri paku kecamatan binuang kabupaten polewali mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 7(1), 13-26. http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v7i1.11.

Liansari, V. (2023). Perkembangan Peserta Didik. Umsida Press, 1-96 https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-055-7

Lindawati, Y. D., & Wahananto, J. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik. IBTIDA',1 (1), 61-70. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i1.112.

Maharani, L. (2014). Perkembangan moral pada anak. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93-98. http://dx.doi.org/10.24042/kons.v1i2.1483.

Mahyudin, R. P. (2017). Kajian permasalahan pengelolaan sampah dan dampak lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Jukung (Jurnal Teknik Lingkungan), 3(1). http://dx.doi.org/10.20527/jukung.v3i1.3201.

Miaw, M. (2023). Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 6(4). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia.

Mualifah, L., Pangastuti, N., & Purwanta, P. (2019). Pendidikan Kesehatan Dapat Mempengaruhi Pengetahuan, Sikap Pra Remaja Menghadapi Menarche. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 74-84. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2559.

Pupu, S. (2011). Perkembangan peserta didik. Retrieved from https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/297/1/Perkembangan%20Peserta%20Didik.pdf.

Puspitasari, E., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Integrasi berpikir kritis dan peduli lingkungan melalui pembelajaran geografi dalam membentuk karakter peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 122-126. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6106.

Rahmah, A. M., Moeliono, M. F., & Kendhawati, L. (2021). Strategi regulasi emosi kognitif pada pra-remaja usia 9-12 tahun. Jurnal Psikogenesis, 9(1), 13-29. https://doi.org/10.24854/jps.v9i1.1507.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/71.

Samio, S. (2018). Aspek–Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 36-43. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.791.

Sari, A. P. (2022). Hubungan lama waktu penggunaan gadget terhadap tingkat kecerdasan emosional anak usia pra remaja (Doctoral dissertation, Widya Mandala Surabaya Catholic University). http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31540/.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1323.

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71.

Waruwu, A. T. M., & Hura, O. (2022). Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Masa Pra-Remaja (Usia 12-15 Tahun) Terhadap Perkembangan Fisik dan Mental. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 145-153. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.295.

Yakin, S. K. (2017). Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sebagai instrumen pencegahan pencemaran dan perusakan lingkungan. Badamai Law Journal, 2(1), 113-132. http://dx.doi.org/10.32801/damai.v2i1.3393.

Yulanda, M., Suarni, N. K., & Sudarsana, G. N. (2021). Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif Pada Masa Pra Remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 6(1), 60-71. https://doi.org/10.23887/jurnal_bk.v6i1.578.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.