Peranan Keluarga dan Lingkungan dalam Mendukung Proses Perkembangan Anak

Erviana Erviana, Devi Ayu Febriani, Nailus Sa’adah, Vivi Putri Octavia, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Peranan merupakan inti dari tanggung jawab, kewajian, atau kontribusi yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menaganalisis perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan melakukan kegiatan pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Data dari penelitian ini mnggunakan data sekunder yang diperoleh dari berbagai jurnal dan artikel. Penelitian ini menjelaskan peranan keluarga dan lingukngan. Simpulan dari penelitian ini adalah hubungan antar individu dalam menciptakan struktur untuk membuat harmoni dalam kehidupan.

Kata kunci— Lingkungan perkembangan, Peranan keluarga, Anak

 

Abstract—Role is the core of responsibility, obligation, or contribution that must be fulfilled by each individual. This research aims to analyze child development. This research uses the libraray study method by carrying out libraray data collection activities, reading, taking notes and processing research materials. The data from this research uses secondary data obtained from various journals and articles. This research explains the role of family and environment. The conclusion of this research is that relationships between individuals create structures to create harmony in life.

Keywords—Environment Development, Role Family, Child


Keywords


Environment Development, Role Family, Child

Full Text:

PDF

References


Abin, S. M. (2004). Psikologi kependidikan: Perangkat sistem pengajaran modul. Bandung: Rosda. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v5i1.17 .

Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108-139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591

Agus, Z. (2019). Peranan orang tua dalam membina kecerdasan spiritual anak dalam keluarga. Raudhah Proud to Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 27-42. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.46

Badiah, Z. (2016). Peranan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) anak dalam perspektif Islam. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 229-254. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.229-254.

Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan orang tua dalam pembentukan karakter remaja generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705-3711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1346

Herawati, H. (2020). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48. https://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4515 .

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan: Hidayatul Quran.

Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. None, 7(2), 265-282. https://www.neliti.com/publications/114008/peran-lingkungan-keluarga-terhadap-perkembangan-anak.

Kurniawan, dkk. (2019). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index.

Makhmudah, S. (2018). Penguatan peran keluarga dalam pendidikan anak. Martabat, 2(2), 269-286.

Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pembinaan: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 119-125. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88.

Mutmainnah, M. (2019). Lingkungan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dilihat Dari Perspektif Psikologi. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(2), 15-32. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v5i2.5586.

Ningsih, Y. S. (2008). Peranan Keluarga dalam Pendidikan Emosional Anak. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(3), 426-440. https://doi.org/10.24090/insania.v13i3.307.

Rahim, A. (2013). Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam. Al-Ulum, 13(1), 87-102. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/182/161 .

Rahman, A. (2015). Peranan Guru Bimbingan Konseling terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa BK Annur berbeda, bermakna, Mulia. https://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i3.580 .

Robinson, Maria. (2008). Child Development from Birth to Eight A Journey Through The Early Years. 6-10 Kirby Street: The McGrowHill Companies. https://doi.org/10.1016/j.jaad.2008.02.007 .

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 143-146. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428/245 .

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p.

Santoso, J. (2020). Penerapan Pondasi Keluarga Bagi Generasi Penerus. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(2), 170-183. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i2.45.

Soemanto, Wasty. (1987). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pimpinan Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10.

Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89. http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552 .

Suryadi, S. (2016). Pemberdayaan Lingkungan Hidup Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2 (2). http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v2i2.822.

Susanto, Ahmad. (2014). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.73 .

Syahraeni, A. (2015). Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak. Al-Irsyad Al Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 2(1). https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v2i1.2560.

Yanizon, A. (2013). Peranan orang tua dalam pembentukan moral anak. Jurnal Dimensi, 2(1). https://doi.org/10.33373/dms.v2i1.126 .

Yusuf, Syamsu. 2012. Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Raja Grafindo persada. https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052 .

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.