Kebutuhan dan Desain Media Pop-Up Book Tabu dan Pain untuk Mendukung Keterampilan Berbicara Siswa

Aurella Orchitama Puteri, Dhila Kusuma Wardani, Elifia Elifia, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan desain media pop-up book Tabu dan Pain dalam mendukung keterampilan berbicara dengan materi tentang anggota tubuh dan panca indera. Penelitian ini termasuk penelitian RnD dengan menerapkan metode ADDIE, namun, pada penelitian ini, hanya dijelaskan pada langkah Analisis kebutuhan, Desain, dan Develop.  Subjek penelitian pada analisis data adalah siswa kelas 1 SDN Brangkal 1, subjek pada langkah desain pembelajaran adalah ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) hasil analisis kebutuhan pada media pop-up book menunjukkan bahwa siswa setuju jika media pop-up book Tabu dan Pain digunakan untuk mendukung keterampilan berbicara, 2) desain pada media pop-up book menggunakan acuan seperti kerangka yaitu pembuatan flowchart dan storyboard, 3) pada tahap develop (pengembangan) media pop-up book dikerjakan melalui bahan-bahan yang sederhana dan mudah digunakan, serta tahap desain pop-up book ini memerlukan bantuan aplikasi Canva.

Kata kunci—Media pop-up book, Tabu dan Pain, Keterampilan berbicara.

 

Abstract— This research aims to determine the need and design of the Tabu and Pain pop-up book media to support speaking skills with material about body parts and the five senses. This research includes RnD research using the ADDIE method, but this research only explains the needs analysis, design and development steps. The research subjects in data analysis were grade 1 students at SDN Brangkal 1, the subjects in the learning design step were material experts and media experts. The results of this research are 1) the results of the needs analysis of pop-up book media show that students agree that Tabu and Pain pop-up book media are used to support speaking skills. 2) the design of the pop-up book media uses references such as a framework, namely making flowcharts and storyboards. 3) in the development stage, pop-up book media is carried out using simple and easy-to-use materials, and this pop-up book design stage requires the help of the Canva application.

Keywords—Pop-up book media, Tabu and Pain, Speaking skills.

 

 


Keywords


Pop-up book media, Tabu and Pain, Speaking skills

Full Text:

PDF

References


Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media pop-up book dalam pembelajaran bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49-57. http://dx.doi.org/10.30659/j.7.1.49-57.

Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48. https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.752.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084.

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56.

Hasanudin, C., & Asror, A. G. (2017). Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas i mi se-kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(2), 150-159. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.907.

Hirnandin, A. (2018). Video game edukatif terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh manusia pada anak tunarungu kelas i. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1-17. https://sg.docworkspace.com/d/sIPGPqJaQAYCtl6sG?sa=e1&st=0t.

Indrawan, K., & Al Irsyadi, F. Y. (2019). Pengenalan game edukasi panca indera sd kelas 4 berbasis android (doctoral dissertation, universitas muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70609.

Irawan, V. W. E. (2023). Pengenalan mufradat anggota tubuh terhadap anak usia dini. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 12(1), 121-133. https://ejournal.stib.ac.id/index.php/mmt/article/view/202.

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Media pop-up book pada topik perkembangbiakan tumbuhan dan hewan kelas vi sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121-130. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.

Khakim, L., & Rakhman, A. (2021). Optimalisasi smart blind stick dengan atmega 328. Smart Comp, 10(1), 40-43. https://sg.docworkspace.com/d/sIEuPqJaQAb--l6sG?sa=e1&st=0t.

Latifah, A., Mulyani, A., & Aulia, F. N. (2022). Perancangan alat panca indera manusia untuk media pembelajaran menggunakan teknologi augmented reality untuk jenjang sekolah dasar. Jurnal Algoritma, 19(2), 630-638. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1177.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.

Muqdamien, B., dkk. (2021). Tahap definisi dalam four-d model pada penelitian research & development (r&d) alat peraga edukasi ular tangga untuk meningkatkan pengetahuan sains dan matematika anak usia 5-6 tahun. Intersections, 6(1), 23-33. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/589.

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas iv sd negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1103.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319). https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/11151.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sd. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72. https://www.semanticscholar.org/.

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis keterampilan berbicara siswa kelas v pada mata pelajaran bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190-200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626.

Sari, R. K. (2023). pengaruh terapi bermain menggambar anggota tubuh terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di tk pertiwi Sidodadi i (doctoral dissertation, universitas kusuma husada Surakarta). http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/4807.

Setiyanigrum, R. (2020). Media pop-up book sebagai media pembelajaran pascapandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 216-220). https://sg.docworkspace.com/d/sIA2PqJaQAZCXlasG?sa=e1&st=0t.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.