Problematika Pembelajaran Pembuktian Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Abstrak—Kemampuan pembuktian matematis siswa SMA tergolong rendah. Hal ini disebabkan adanya problematika pembelajaran pembuktian matematis di sekolah. Beberapa problematika pada pembuktian matematis banyak dikaji pada beberapa artikel nasional maupun internasional. Oleh karena itu tujuan kajian ini untuk mendeskripsikan beberapa problematika pembuktian matematis dari kajian pustaka 10 artikel nasional dan internasional. Metode pengumpulaan data dengan menggunakan data sekunder yaitu menganalisis, mengidentifikasi, mengelompokkan, mengklasifikasi serta mendeskripsikan problematika pembuktian matematis dari 6 artikel nasional dan 4 artikel internasional. Hasil penelitian dari studi kepustakaan ini membuktikan bahwa kapabilitas siswa terhadap penyelesaian masalah pada pembuktian matematika masih terbatas. Hal tersebut terlihat pada beberapa problematika siswa dalam pembuktian matematika, diantaranya kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan perhitungan, dan kesulitan memahami symbol serta kurangnya pemahaman prinsip matematika.
Kata kunci— Problematika, pembelajaran pembuktian matematika.
Abstract— High school students’ mathematical proof abilities are relatively low. This is due to the problem of mathematical proof among students. Several problems in mathematical proof have been studied in several national and international articles. Therefore, the aim of this study is to explain some of the problems of mathematical proof from a literature review of 10 national and international articles. The data collection method uses secondary data, namely analyzing, identifying, grouping, classifying and describing mathematical proof problems from 6 national articles and 4 international articles. The research results from this literature study prove that students’ ability to solve problems in mathematical proof is still limited. This can be seen in several student problems in mathematical proof, including students’ lack of interest in mathematics lessons, difficulty understanding concepts, difficulty in calculation skills, and difficulty understanding symbols as well as a lack of understanding of mathematical principles.
Keywords— Problems, learning mathematical proof.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, N. dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Tunas Baru Jin-Seung Batam Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pythagoras 5(1): 32-37 ISSN 2085-9996.
Asnawir & Usman B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42-50. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/239.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148.
Firmasari, S & Sulaiman H. (2019). Kemampuan Pendidikan Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Jurnal Medives: Jurnal Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.642
Hakim, F. (2020). Faktor Adversity Quotient dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Pembuktian Matematis Topik Teori Grup. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 90-98. Retrived by https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/663.
Herman, T. (2007). Pembelajaranberbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Jurnal cakrawala pendidikan, 1(1).
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935. Retrived by https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara/article/viewFile/427/352.
Jarmita, N. (2015). Kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/176/0.
Junarti, Noeruddin, A., Boedy Irhadtanto, & Sarmidi. (2023a). Kemampuan Konsep Limit Fungsi: Suatu Prasyarat Pada Materi Analisis Riil. Seminar Nasional FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 1, 278–284. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/article/viewFile/2197/1378
Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2020). The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research, 9(3), 1047–1061. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1047
Junarti, Sukestiyarno, Y., Waluya, S. B., & Kartono. (2019). Peran Skema Penulisan Definisi, Teorema Dan Bukti Dalam Kemandirian Belajar Membuktian Aljabar Abstrak Dengan Pendekatan Top-Down. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 637–645.
Junarti, Zainudin, M., & Utami, A. D. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education, 13(3), 437–464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464
Junati, Yani T., A., & Amin, A. K. (2023). Building Student’s Mathematical Connectin Abitity in Abstract Algebra: The Combination of Analogi-Construction-Abstraction Stages. Journal of Education, Teaching, and Learning, 8(1), 80–97.
Kamila, R. T., & Abduh, M. (2022). Bagaimana Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar?. Jurnal Basicedu, 6(3), 5097-5103.
Khatimah,K., Cholis S., & Herry S. (2017). Pemberian Scaffoling untuk Mengatasi Hambatan Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. JKPM: Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 36-45.
Laili, F. J., & Puspasari, R. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan koneksi matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 4(2), 1-10.
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
Ozdemir, A.S., GoktepoS., & Kepceoglu, L. (2012). Using mathematics histori strengten geometric proof skill. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences. 46, 1177-1181. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.270
Pabumbun, A. R., & Dalle, A. (2017). Problematika pembelajaran kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 88-94.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, RS (2022). Definisi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68-74. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/14.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Jurnal Medives: Jurnal Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771.
Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 35-58. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.53.
Rumasoreng, M. I., & Sugiman, S. (2014). Analisis kesulitan matematika siswa SMA/MA dalam menyelesaikan soal setara UN di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22-34. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2661.
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan memahami konsep dan ketahanan matematis dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: CV. Pedagogi Tre Alea Jacta.
Siregar, I. (2016). Masalah Pembelajaran Pembuktian Matematika bagi Mahasiswa di Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 315-324.
Stylianides, A.J & Stylianides, G.J. (2022). Introducing student and prospective teachers to the notion of proof in mathematic. The Journal Of Mathematical Behavior. 66, 100957. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100957
S. Y. Ningsih, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Smp Swasta Tarbiyah Islamiyah,” MES J. Math. Educ. Sci., 3(1), 82–90, 2017.
Tias, A. A. W., & Wutsqa, D. U. (2015). Analisis kesulitan siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7148.
Toheri& Aziz, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika pada Pembahasan Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Ulhusna, M., Putri, SD, & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Internasional Pendidikan Dasar, 4(2), 130-137. Retrived by https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/23050.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.