Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis pada Siswa

Kharisma Yogik Nur Aini, Junarti Junarti, Mila Sari

Abstract


Abstrak— Kemampuan pembuktian matematis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki dalam pembelajaran matematika. Namun, kemampuan pembuktian matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Analisis faktor yang mempengaruhi kemampuan pembuktian matematis pada siswa banyak dikaji pada 6 artikel nasional dan 2  internasional. Oleh karena itu tujuan dari kajian ini yaitu untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi  kemampuan pembuktian matematis pada siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah library research atau studi pustaka dan data dalam artikel  ini merupakan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 6 faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam pembuktian matematis yakni 1) faktor motivasi; 2) faktor pengalaman; 3) faktor kemampuan;4) faktor waktu; 5) faktor materi prasyarat; 6) faktor definisi dan teorema sebelumnya.

Kata kunci—Pembuktian matematis, siswa.

 

 

Abstract— Mathematical proof ability is a very important ability to master in learning mathematics. However, students' mathematical proof ability in Indonesia is still relatively low. This is influenced by several factors. Analysis of factors affecting mathematical proof ability in students is widely studied in 6 national and 2 international articles. Therefore, the purpose of this study is to describe the factors that can affect students' mathematical proof. The research method used is library research or literature study and the data in this article is secondary data. The results of this study indicate that there are 6 factors that affect students' ability in mathematical proof, namely 1) motivational factors; 2) experience factors; 3) ability factors; 4) time factors; 5) prerequisite material factors; 6) Definition factors and previous theorems.

Keywords— Mathematical proof, student.


Keywords


Mathematical proof, student.

Full Text:

PDF

References


Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75.

Azizah Ummu, dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis MEA) Terhadap Kemampuan pembuktian matematis dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1).

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).

Firmasari, S., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan pembuktian matematis mahasiswa menggunakan induksi matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.642

Hakim, F. (2020). Faktor Adversity Quotient dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Pembuktian Matematis Topik Teori Grup. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 90-98.

Hakim, F., Amalia, S. R., & Mahmud, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa pada Materi Induksi Matematika. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 103-111. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.871

Hakim, F., Amalia, S. R., & Mahmud, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa pada Materi Induksi Matematika. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 103-111.

Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713–720

Herizal, H. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa. VYGOTSKY, 2(1), 33-42.

Junarti, Noeruddin, A., Boedy Irhadtanto, & Sarmidi. (2023). Kemampuan Konsep Limit Fungsi: Suatu Prasyarat Pada Materi Analisis Riil. Seminar Nasional FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, 1, 278–284. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/article/viewFile/2197/1378

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2019). The profile of structure sense in abstract algebra instruction in an Indonesian mathematics education. European Journal of Educational Research, 8(4), 1081–1091. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1081

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2020). The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research, 9(3), 1047–1061. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1047

Junarti, Sukestiyarno, Y., Waluya, S. B., & Kartono. (2019). Peran Skema Penulisan Definisi, Teorema Dan Bukti Dalam Kemandirian Belajar Membuktian Aljabar Abstrak Dengan Pendekatan Top-Down. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 637–645.

Kartini, E. S. (2015). Analisa Kesulitan Pembuktian Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real. Semirata 2015, 1(1), 189–199.

Khan, S., & Krell, M. (2019). Scientific Reasoning Competencies: a Case of Preservice Teacher Education. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 19(4), 446–464. https://doi.org/10.1007/s42330-019-00063-9

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Köǧce, D., Aydin, M., & Yildiz, C. (2010). The views of high school students about proof and their levels of proof (The case of Trabzon). Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.370

Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). Pemetaan kemampuan pembuktian matematis sebagai prasyarat mata kuliah analisis real mahasiswa pendidikan matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81-90. https://orcid.org/0000-0002-7387-111X

Stylianides, G. J., Stylianides, A. J., & Philippou, G. N. (2007). Preservice teachers’ knowledge of proof by mathematical induction. Journal of Mathematics Teacher Education, 10 (3), 145-166

Suryawati, Budiman, & Herizal. (2014). Analisis Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas IX SMA Negeri Modal Bangsa Tahun Ajaran 2013/2014 dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. In M. Hidayat & M. Nazar (Eds.), Prosiding Seminar Nasional dalam Rangka Konsorsium Perguruan Tinggi Indonesia-Pittsburgh (pp. 125-136). Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Susanto, H. A. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan,Dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 189–196.

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika. JURNAL e-DuMath, 3(1).

Widarti, A. (2013). Kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(003), 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.