Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Prasekolah

Eni Fitri Damayanti, Tasya Binda Apriliya, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Anak usia dini lebih sering disebut sebagai proses perkembangan pola berpikir secara kritis atau usia emas. Pada fase ini sebagian besar jaringan sel otak berfungsi untuk mengendalikan setiap aktivitas manusia dan kualitas manusia (Fuadia, 2022). Pada masa sekarang anak-anak gawai adalah sebuah alat elektronik yang peling sering digunakan setiap waktu dan gawai lebih disukai anak-anak untuk bermain setiap hari dengan teman-teman di sekitar tempat tinggalnya (Febriati, & Fauziah, 2020).

Kata kunci—Perkembangan, Sosial Emosional, Anak Usia Prasekolah.

 

 

Abstract— Early childhood is more often referred to as the process of developing critical thinking patterns or the golden age. In this phase, most of the brain cell networks function to control every human activity and human quality (Fuadia, 2022). Nowadays, children's gadgets are an electronic device that is often used every time and gadgets are preferred by children to play every day with friends around their place of residence (Febriati, & Fauziah, 2020).

Keywords—Development, Social Emotional, Preschool Age Children.


Keywords


Development, Social Emotional, Preschool Age Children.

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan kemampuan sosial emosional melalui permainan kolaboratif pada anak KB. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20-26.

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180-193.

Asri, A. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1-9.

Chamidah, A. N. (2009). Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, 5(2), 83-93.

Febriati, L. D., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah di TK Yogyakarta. The Shine Cahaya Dunia Kebidanan, 5(1).

Fuadia, N. N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31-47.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Mansur, Ns, A, R, M.Kep. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Padang. Andalas UniversityNs Pres.

Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2).

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50-61.

Pranoto, Y. K. S. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Edukasi, 14(1).

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57.

Situmorang, E. L., Agustin, D., Butar-Butar, R. D., Siantajani, Y., Telaumbanua, F., & Waruwu, R. Y. (2021). Edukasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial, Emosional Pada Anak Usia Dini. REAL COSTER: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-12.

Sriyanto, A. (2022). Perkembangan dan ciri-ciri perkembangan pada anak usia dini. Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 26-33.

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan sosial emosional anak melalui permainan raba-raba pada PAUD kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141-150.

Wijirahayu, A., Krisnatuti, D., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak, dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(3), 171-182.

Yanti, E., & Fridalni, N. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak usia prasekolah. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 225-236.

Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221-228.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.