Kebutuhan dan Desain Media Ular Tangga Literasi (Arli) untuk Siswa Sekolah Dasar

Ardhia Pramesti, Aninda Paramita Putri, Aprillian Dwi Rahmawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Literasi merupakan kegiatan yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan dan rancangan media pembelajaran Ular Tangga Literasi untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian RnD dengan menerapkan metode ADDIE. Subjek penelitian pada analisis data adalah anak kelas lima SD Negeri Tinawun 1 dengan jumlah keseluruhan siswa 17 anak yang terdiri dari 10 siswa lali-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini meliputi yakni, Aspek kebutuhan Media, Aspek kebutuhan materi, Aspek kebutuhan penyajian Media, Aspek kebutuhan evaluasi Media, Aspek kebutuhan spesifikasi Media. Nilai hasil validasi  dari dua ahli media dikatakan sangat layak dengan predikat sangat baik 100% dan 97%, dan menurut dua ahli materi media Arli dikatakan sangat layak dengan predikat sangat baik 90% dan 89%. Oleh karena itu, menurut penilaian para ahli maka media Ular Tangga Literasi (Arli) dikatakan layak menjadi media pebelajaran.

Kata kunci— Media Ular Tangga, Literasi, Siswa Sekolah Dasar

 

 

Abstract— Literacy is an activity that has an important role in developing elementary school students' reading skills. This research aims to determine the needs analysis and design of the Snakes and Ladders Literacy learning media for elementary school students. This research method is RnD research by applying the ADDIE method. The research subjects for data analysis were fifth grade students at SD Negeri Tinawun 1 with a total of 17 students consisting of 10 male students and 7 female students. The results of this research include, namely, aspects of media needs, aspects of material needs, aspects of media presentation needs, aspects of media evaluation needs, aspects of media specification needs. The validation results from two media experts are said to be very worthy with very good predicates of 100% and 97%, and according to two media material experts, Arli is said to be very worthy with very good predicates of 90% and 89%. Therefore, according to the experts' assessment, the Literacy Snakes and Ladders (Arli) media is said to be worthy of being a learning medium.

Keywords— Snakes and Ladders Media, Literacy, Elementary School Students


Keywords


Snakes and Ladders Media, Literacy, Elementary School Students

Full Text:

PDF

References


Abolowo, K., Santono, M, M., &Muliawati, A. (2020). Perancangan Chatbot Sebagai Pembelajaran Dasar Bahasa Jawa Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language. Informatik: Jurnal Ilmu Komputer 16(3), 139-147. https://doi.org/10.52958/iftk.v16i3.2010.

Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 1(1), 77-89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.

Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan kembali budaya lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk anak usia sekolah dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149-166. http://orcid.org/0000-0002-1411-6464.

Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86-91. https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675.

Azwary, F., Indriani, F., & Nugrahadi, D, T. (2017). Question answering system berbasis artificial intelligence markup language sebagai media informasi. Klik-Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer 3(1), 48-60. http://dx.doi.org/10.20527/klik.v3i1.34.

Chabib, M., Djatmika, E, T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(7), 910-918, 2017. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9634.

Handayani, S. L., & Dewi, F. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530-2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229.

Hasrul, H., Hamzah, H., & Hafid, A. (2020). Pengaruh pola makan terhadap status gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2). https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.4621.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108-118. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842.

Maryuliana, M., dkk. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika 1(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.1-12.

Novita, L., & Sundari, F, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu 4(3), 716-724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). https://doi.org/10.15294/lik.v36i1.524.

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsina, 3(2), 98-106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328.

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 7(1), 41-51. https://doi.org/10.24036/108806.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237.

Sawlani, D, K. (2021). Digital Marketing: Brand Image. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 314-321. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.