Kebutuhan dan Desain Aplikasi TuSi sebagai Media Pembelajaran Teks Ulasan

Setiawan Edi Purnomo, Risma Nudiana Putri, Winda Murtiantin, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Dalam permasalahan mengenai pembelajaran teks ulasan siswa saat ini masih cenderung banyak, salah satunya masalah yang terkait adalah peserta didik belum mampu memahami materi teks ulasan dengan baik disebabkan peserta didik hanya mengerti proses belajar dengan menngunakan buku atau modul saja, sehingga daya tarik peserta didik kurang dan tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin menciptakan sebuah suasana baru dalam proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi “TuSi”(Teks Ulasan Puisi) yang menarik dan bisa menambah minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Hasil dari penelitian ini adalah 1) analisis kebutuhan media 2) Membuat flowchart dan storyboard 3) Validasi terhadap ahli media dan ahli materi 4) Mengembangkan aplikasi “TuSi”(Teks Ulasan Puisi).

Kata kunci—Aplikasi TuSi, Media Pembelajaran, Teks Ulasan

 

Abstract— In terms of problems regarding learning review texts, students currently still tend to have many problems, one of which is that students are not able to understand the review text material well because students only understand the learning process by using books or modules, so that students' interest is lacking and not enthusiastic about participating in learning activities. The aim of this research is that the researcher wants to create a new atmosphere in the process of learning activities by using the learning media application "TuSi" (Poetry Review Text) which is interesting and can increase students' interest in learning. The research method used by researchers in this research is R&D (Research and Development). The results of this research are 1) analysis of media needs 2) Creating flowcharts and storyboards 3) Validation of media experts and material experts 4) Developing the "TuSi" application (Poetry Review Text).

Keywords— TuSi Application, Learning Media, Review Text


Keywords


TuSi Application, Learning Media, Review Text

Full Text:

PDF

References


Amalia, K. R., Cahyani, D. D., & Wijayanti, A. (2022). Ekranisasi Novel Keluarga Tak Kasat Mata karya Bonaventura Genta ke Film Keluarga Tak Kasat Mata Sutradara Hedy Suryawan sebagai Materi Pembelajaran Teks Ulasan di SMP. KABASTRA: Kajian Bahasa dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.31002/kabastra.v2i1.39.

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 135-148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105.

Fatma, T. N., Masyhud, S., & Alfarisi, R. (2023). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah menurut teori polya berbantuan canva untuk mengefektifkan pembelajaran statistika pada siswa kelas vi di sdn pare 2 kediri. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p208-224.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Junarti, J., Juwanda, J., Priyantoko, P., Setiawan, D., & Fitriyana, N. (2023). Pendampingan guru di Desa Sumberagung dalam menyusun bahan ajar berbasis mobile learning dengan menggunakan Aplikasi Thunkable. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1 (03) , 457-467. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/79.

Listyoningrum, K. I., Fenida, D. Y., & Hamidi, N. (2023). Inovasi Berkelanjutan dalam Bisnis: Manfaatkan Flowchart untuk Mengoptimalkan Nilai Limbah Perusahaan. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 100-112. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i4.552.

Qurniasih, A. D., Wardiah, D., & Fitriani, Y. (2021). Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film †œDua Garis Biru†Siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 415-422. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7401.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/art.

Raibowo, S., Sugihartono, T., Permadi, A., Aldino, A., & Rahmi, M. F. (2023). Need assesment pengembangan media pembelajaran tenis lapangan berbasis aplikasi thunkable. Jurnal muara pendidikan, 8(2), 274-278. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1498.

Riana, R., & Gulo, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 537-543. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.74.

Rustamana, A., Agustin, N., Al Pisma, V., & Syams, A. W. A. (2023). Pengembangan dan pemanfaatan media cetak: storyboard. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(4), 1-6. https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i4.415.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Sandra, H. K., Tanamir, M. D., & Afryansih, N. (2022). Kelayakan dan Praktikalitas Media Pembelajaran Thunkable Berbasis Android pada Materi Ketahanan Pangan Industri dan Energi Kelas XI IIS SMAN 1 Painan. Horizon, 2(1), 43-53. Retrieved from https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/horizon.

Sandra, H. K., Tanamir, M. D., & Afryansih, N. (2022). Kelayakan dan Praktikalitas Media Pembelajaran Thunkable Berbasis Android pada Materi Ketahanan Pangan Industri dan Energi Kelas XI IIS SMAN 1 Painan. Horizon, 2(1), 43-53. Retrieved from https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/horizon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.