Profil Kemampuan Pembuktian melalui Pendekatan dan Tantangan

Eka Putri Mulya Ningrum, Junarti Junarti, Rizki Dwi Romadhoni, Windarsih Windarsih

Abstract


Abstrak—Kemampuan pembuktian dalam matematika merupakan bagian penting dalam membangun kemampuan analisis deduksi logis.  Untuk membangun kemampuan analisis siswa dibutuhkan pendekatan efektif dan tantangan. Oleh karena itu tujuan dari kajian ini yaitu untuk mendeskripsikan profil kemampuan pembuktian melalui pendekatan dan tantangan pada siswa di sekolah menengah atas dari kajian pustaka 8 artikel Nasional dan 4 artikel internasional. Metode pengumpulaan data melalui tahapan identifikasi, pengkategorian, dan mendeskripsikan kemampuan pembuktian dari berbagai pendekatan dan tantangan yang digunakan.  Hasil penelitian menunjukkan profil kemampuan pembuktian siswa di sekolah menengah atas menunjukkan siswa dapat memecahkan masalah, mampu berdiskusi serta membangun argumen, dan berfikir kritis.  Berdasarkan pendekatan yang digunakan dalam pembuktian ada beberapa jenis pendekatan. Sedangkan tantang yang diberikan jenisnya yakni 1) kesulitan dalam memahami konsep abstrak, 2) kecenderungan siswa mengandalkan rumus atau aturan tanpa pemahaman yang mendalam, 3) kurangnya kesempatan untuk berlatih dalam konteks yang relevan.

Kata kunci—Kemampuan pembuktian, pendekatan, dan tantangan

 

 

Abstract— The ability to prove in mathematics is an important part in building logical deduction analysis skills. To build students' analytical skills, an effective and challenging approach is needed. Therefore, the aim of this study is to describe the profile of evidentiary abilities through approaches and challenges in high school students from a literature review of 8 national articles and 4 international articles. The data collection method goes through the stages of identification, categorization, and describing the evidentiary capabilities of the various approaches and challenges used. The research results show that the profile of students' evidentiary abilities in high school shows that students can solve problems, are able to discuss and build arguments, and think critically. Based on the approach used in proof, there are several types of approaches. Meanwhile, the types of challenges given are 1) difficulty in understanding abstract concepts, 2) students' tendency to rely on formulas or rules without in-depth understanding, 3) lack of opportunities to practice in relevant contexts.

Keywords— Proofability, Approach, and Challenges.


Keywords


Proofability, Approach, and Challenges.

Full Text:

PDF

References


Fadillah, S., & Jamilah, J. (2016). Pengembangan bahan ajar struktur aljabar untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8379.

Hanna, G. (1991). “Mathematical Proof”. Dalam D. Tall (ed.). Advanced MathematicalThinking. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Hendana, I. P., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 178–184. Retrieved from http://conference.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/Sesiomadika2021.

Juandi, D. (2008). Pembuktian, Penalaran, dan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Junarti, Sukestiyarno, Y., Waluya, S. B., & Kartono. (2019). Peran Skema Penulisan Definisi, Teorema Dan Bukti Dalam Kemandirian Belajar Membuktian Aljabar Abstrak Dengan Pendekatan Top-Down. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 637–645.

Kusmaryono, I. PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

Köǧce, D., Aydin, M., & Yildiz, C. (2010). The views of high school students about proof and their levels of proof (The case of Trabzon). Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.370.

Khan, S., & Krell, M. (2019). Scientific Reasoning Competencies: a Case of Preservice Teacher Education. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 19(4), 446–464. https://doi.org/10.1007/s42330-019-00063-9.

MOOGANGGA, H. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat cahaya melalui pendekatan kontekstual berbasis diskusi kelompok Kelas V SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, 1(151412360).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

NCTM. (2003). Standards for Secondary Mathematics Teacher. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nichols, S. R. (2008). Student-to-Student Discussions: The Role of the Instructor and Students in Discussions in an Inquiry-Oriented Transition to Proof Course,Disertasi pada The University of Texas at Austin: Tidak dipublikasikan.

Noto, M. S., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2019). Mathematical Proof: the Learning Obstacles of PreService Mathematics Teachers on Transformation Geometry. Journal on Mathematics Education, 10(1), 117–126. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5379.117-126.

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan berpikir abstrak matematika siswa dalam pembelajaran problem posing berkelompok. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159-176. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp159-176.

Siallagan, F., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Penemian Terbimbing. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 68–74.

Sumardyono. (2018). Kemampuan Guru dalam Menyusun Bukti Matematis. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(8), 510–522. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa, 4(1), 1-10.

Susanto, H. A. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah Pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan,Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 189–196.

VanSpronsen, H. D. (2008). Proof Processes of Novice Mathematics Proof Writers. Disertasi pada The University of Montana Missoula: Tidak dipublikasikan.

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.