Peran Menyimak Intensif pada Kegiatan Studi Banding di Lingkungan Mahasiswa

Idaviola Intan Permata Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Esensi menyimak intensif semakin tergerus di zaman sekarang. Banyak pelajar hingga mahasiswa tidak memperdulikan pentingnya menyimak. Lingkungan kampus yang kurang mendukung menjadi salah satu penyebab menurunnya kualitas mahasiswa. Upaya kampus berperan penting dalam peningkatan program dan fasilitas kampus demi menunjang kesuksesan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa di bidang menyimak intensif, serta mampu menerapkannya pada kegiatan studi banding. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review atau sering dikenal dengan singkatan SLR. Data penelitian berupa data sekunder yang diambil dari jurnal berskala nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber untuk validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran menyimak intensif pada kegiatan studi banding di lingkungan mahasiswa meliputi 1) Memperoleh informasi yang akurat dan lengkap, 2) Menumbuhkan rasa empati dan penerimaan terhadap perbedaan, 3) Meningkatkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah, 4) Membangun jaringan dan kolaborasi antar perguruan tinggi, 5) Mengembangkan keterampilan komunikasi dan presentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah memberikan motivasi dan inovasi dalam meningkatkan kemampuan menyimak intensif di lingkungan mahasiswa.

Kata kunci—Lingkungan mahasiswa, Menyimak intensif, Studi banding

 

Abstract—The essence of intensive listening is increasingly eroded in this day and age. Many students to college students do not care about the importance of listening. A less supportive campus environment is one of the causes of declining student quality. Campus efforts play an important role in improving campus programs and facilities to support student success in the learning process. This study aims to hone students' abilities in the field of intensive listening, and be able to apply them to comparative study activities. The method in this research uses the Systematic Literature Review method or often known by the abbreviation SLR. The research data is secondary data taken from national journals. The data collection technique used the method of listening and noting. Data validation techniques use source triangulation techniques for data validation. The results showed that the role of intensive listening in comparative study activities in the student environment includes 1) Obtaining accurate and complete information, 2) Fostering a sense of empathy and acceptance of differences, 3) Improving analysis and problem solving skills, 4) Building networks and collaboration between universities, 5) Developing communication and presentation skills. The conclusion of this research is to provide motivation and innovation in improving intensive listening skills in the student environment.

Keywords— Student environment, Intensive listening, Comparative study

 


Keywords


Student environment, Intensive listening, Comparative study

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. R., Endangsih, T., Subagya, K., & Sugiarto, A. (2024). Perancangan eduwisata seni dan kebudayaan Jawa Barat dengan pendekatan arsitektur neo-vernakular di kabupaten Bogor. Arsitron, 9(1), 103-117. Retrieved from https://jurnalft.budiluhur.ac.id/index.php/arsitron/article/view/8.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.

Ardiasari, N. P., Fitria, N. D., Ulfah, R. T., Al Khusna, L. D. A., Ni’mah, B., & Kusumawati, R. (2024). Analisis faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berorganisasi studi kasus mahasiswa D4 administrasi negara Universitas Negeri Surabaya. Ikra-ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 9(1), 236-245. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v9i1.4350.

Astuti, W. R. (2020). Meningkatkan kemampuan menyimak konsentratif melalui metode listening team pada siswa kelas VI. Jurnal Al-Hikmah, 8(2), 1-16. Retrieved from https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/231.

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Jurnal Holistika, 4(2), 114-120. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120.

Budiana, N. (2018). Implementasi strategi can do terhadap kemampuan berpidato mahasiswa PBSI Universitas Muhadi Setiabudi Brebes. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2), 94-106. Retrieved from https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/324.

Darmawan, I., Nurteti, L., & Meidawaty, S. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi omaggio pada mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat madrasah ibtidaiyah. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 155-172. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.403.

Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi stress akademik mahasiswa tingkat akhir. Jambura Health and Sport Journal, 6(1), 52-59. https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i1.24064.

Efendi, C. A., Amelia, H. N., Fatahillah, M. H. A. A., & Hasanudin, C. (2023). Strategi menyimak intensif pada kalangan mahasiswa dalam pembelajaran. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 430-436. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2294.

Eva, N., Shanti, P., Hidayah, N., & Bisri, M. (2024). Pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa dengan religiusitas sebagai moderator. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 121-131. Retrieved from https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol5/iss3/12/.

Febriana, C., Rosalia, S., Irvananda, G., & Kurniawan, R. A. (2020). Kesalahan berbahasa bidang morfologi dalam pantun siswa kelas VII SMP Aswaja Dukun Kabupaten Magelang. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(2), 55-60. Retrieved from https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1240.

Hardiyanti, N. (2024). Manfaat studi banding dalam pendidikan Islam sekolah dasar Islam terpadu al- fityah. Komprehensif, 2(2), 339–344. Retrieved from https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif/article/view/748.

Hasibuan, N. H., Fauzi, M. I., Armanda, T. B., Pasaribu, D. M., & Pulungan, H. K. (2024). Membentuk profil siswa pancasila melaui pengajaran Bahasa Indonesia di SMA Budisatrya Medan. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 50-57. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i3.833.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 316-324. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Ilana, V. R., Hidayat, E., & Mardasari, O. R. (2021). Pengembangan media podcast untuk keterampilan menyimak mahasiswa prodi pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Journal of Language Literature and Arts, 1(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p151-161.

Matondang, R. R., Rambe, Y. S., & Suprayitno, S. (2024). Pendekatan arsitektur metafora pada perancangan stadion akuatik deli sport city. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, 12(02), 129-140. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v12i1.749.

Maulana, M. F., Nugraha, E., & Fauziyyah, D. F. (2023). Penerapan model problem based learning berbantuan media podcast dalam pembelajaran menyimak teks ulasan di kelas VIII SMPN 17 Bandung. Jurnal Pendidikan, 32(2), 263–282. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4098.

Mu’minin, M., & Dewi, N. K. (2024). Penggunaan model pembelajaran script koperasi untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa kelas X pada materi teks eksposisi Madrasah Aliyah Ma'arif 13 Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur. Indonesian Journal of Linguistics, 1(1), 40–51. Retrieved from https://ijl.upnjatim.ac.id/index.php/ijl/article/view/8.

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405.

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas budaya literasi dalam meningkatkan keterampilan 4C siswa sekolah dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43-54. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.342.

Noviana, L. (2013). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak pada anak kelompok bermain tunas bangsa di Ds. Wotansari Kec. Balongpanggang Kab. Gresik. Jurnal Mahasiswa Unesa, 2(1), 1-20. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/902.

Pertiwi, A. P., Maharani, D., Rahmi, E. Y., Nuraemi, N., Mariam, R. P., Lutfiyyah, S. H. M., & Kurnia, B. (2024). Meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dalam pelajaran IPS. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 41-46. Retrieved from https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/696.

Purwanto, M. E. (2022). Peran studi banding dalam meningkatkan kualitas guru dan kinerja sekolah. Jurnal Kridatama Sans dan Teknologi, 4(02), 173–185. https://doi.org/10.53863/kst.v4i02.592.

Purwitarini, N. K. A. T., Ariesta, I. G. B. B. B., & Utami, S. (2024). Revitalisasi kain endek untuk diterapkan di industri penerbangan: Studi kasus endek dalam seragam airhost super airjet. Jurnal Fashionista, 2(1), 38–48. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/fashionista/article/view/1100.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Puspitasari, W. D., & Rodiyana, R. (2019). Media gambar dan pesan berantai sebagai strategi efektif pembelajaran menyimak bahasa Indonesia di sekolah dasar. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 107-113. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2418.

Putri, D. A., Pratiwi, N. A., Novitasari, D., Ozzari, N. A., Hidayah, A. H., & Kusumastuti, E. (2024). Peran strategis mahasiswa Islam dalam memacu kemajuan edukasi agama. Jurnal Kependidikan, 9(1), 16–29. Retrieved from https://www.ejournallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1570.

Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Astuti, C. F. (2023). Optimalisasi kemampuan menyimak melalui metode bermain peran pada anak usia dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 133-143. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137.

Rahmayani, S., Angraini, S., & Gusmaneli, G. (2024). Peningkatan keterampilan menyimak peserta didik dengan menggunakan model discovery learning pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 01–19. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.790.

Safriyanti, M., & Aruan, R. R. (2022). Peningkatan pemahaman menyimak bahasa Inggris mahasiswa menggunakan teknik 'clustering'. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(2), 580-589. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8209.

Sahri, A. (2022). Analisis wacana kritis tokoh utama dalam cerita pendek Pendek “Air” karya Djenar Maesa Ayu. Jurnal Reksa Bastra, 2(1), 59-66. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/22195.

Salamah, S. (2023). Penggunaan cerita rakyat "si pahit lidah" sebagai media untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Indonesia di SMA berbasis kurikulum merdeka. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 10(2), 277–287. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n2.p277-287.

Sapri, S., Azahra, B., Khairani, Y. D., Rangkuti, K. H., Siagian, A. A. B., Pane, F. A. P., Harahap, A. O., Fadillah, N., & Sitompul, B. S. (2024). Kemah berkompeten: mengasah kemampuan menyimak melalui metode bermain di Huta Silokidir. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(3), 649-657. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i3.1038.

Sihombing, J. S., Purnawan, P. E., Sababalat, K. Z., & Tafonao, T. (2024). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 106-118. https://doi.org/10.62282/juilmu.v1i2.106-118.

Silaban, M., & Sartika, I. (2024). An overview of the fulfillment of personal hygiene for level I, II and III students in Tangerang city, Banten. Jurnal Kesehatan Holistic, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.33377/jkh.v8i1.155.

Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui literasi kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 245-256. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9388.

Susanti, H., & Mugiyanti, M. (2021). Korelasi penguasaan kosakata (Goi) dengan kemampuan menyimak (CHOUKAI) mahasiswa program studi Sastra Jepang fakultas ilmu sosial dan ilmu budaya Universitas Pakuan. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 27(1), 521-530. https://doi.org/10.33751/wahana.v27i1.4126.

Susiana, S., & Wiyarsih, W. (2024). Perpustakaan Cheng Shiu University (CSU) Taiwan: Tinjauan deskriptif. Media Informasi, 33(1), 60-78. https://doi.org/10.22146/mi.v33i1.12476.

Syahputri, V. N., & Rahmatillah, R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Inggris: Studi need analysis. Jurnal Metrum, 2(1), 1-13. Retrieved from https://jurnal.mkmandiri.com/index.php/JMKM/article/view/17.

Triyatno, T., Febriandi, F., Rahmi, L., Falah, N., Fauzan, M. R., Prayoga, R., & Mardiansyah, R. (2024). Pemberdayaan masyarakat dalam optimalisasi budidaya lebah madu berbasis agroforestri. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 713-724. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19710.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahab, J., & Muhammad, D. (2024). Peningkatan keterampilan menyimak berita dengan menggunakan metode driil pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Bilingual, 14(1), 39-48. https://doi.org/10.33387/j.bilingual.v14i1.8446.

Wisman, W., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran keterampilan menyimak berbasis online menggunakan google form dan google classroom. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(2), 289-309. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1066.

Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan materi pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia mahasiswa S1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 72–82. https://doi.org/10.33369/jik.v2i1.5559.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.