Strategi Menyimak Intensif pada Kalangan Mahasiswa dalam Pembelajaran

Citra Amalia Efendi, Henriska Nitra Amelia, M. Haqqi Annazili Azka Fatahillah, Cahyo Hasanudin

Abstract


AbstrakMenyimak secara intensif termasuk kepada keterampilan berbahasa yang menggunakan berpikir secara aktif, serta menyimak intensif menggunakan pemahaman berupa komprehensif, yang bukan hanya mengandalkan pikiran, namun juga harus dapat berpikir secara kreatif dalam mengilustrasikannya. Tujuan penelitian ini supaya mahasiswa dapat mengamalkan menyimak intensif dalam pembelajaran dan penerapan sehingga pembelajaran yang diberikan dari dosen tersampaikan kepada mahasiswa. Metode penelitian ini berupa library research yang menggunakan data sekunder, serta menggunakan teknik simak, libat, dan catat, sementara jenis teknik validasi dalam penelitian berupa teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi menyimak intensif pada kalangan mahasiswa dalam pembelajaran seperti: 1)Mahasiswa dapat lebih fokus dalam pembelajaran 2) Mahasiswa dapat menerapkan pada forum diskusi 3) Mahasiswa diharuskan berperilaku aktif. Simpulan dalam penelitian adalah terkandung 3 penerapan strategi menyimak intensif pada kalangan mahasiswa dalam pembelajaran.

Kata kunciMahasiswa, Menyimak Intensif, Pembelajaran

 

 

Abstract—Listening includes listening with full attention, persistence, seriousness, focus and thoroughness so that the listener understands deeply and masters most of the material. The aim of this research is so that students can practice intensive listening in their learning and apply it so that the learning given by the lecturer is conveyed to the students. The method in this research uses library research methods, uses secondary data, and uses listening, engaging and note-taking techniques, while the type of research validation technique uses triangulation techniques. The results of this research are the application of intensive listening strategies among students in learning such as: 1) Students can focus more in learning 2) Students can apply them in discussion forums 3) Students are required to behave actively. The conclusions in the research contained 3 standard intensive listening strategies among students in learning.

Keywords—Students, Intensive Listening, Learning

Keywords


Students, Intensive Listening, Learning

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.

Alfansyur, A., dan Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411.

Arafat, M. Y. (2022). Gaya belajar mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin fakultas teknik Universitas Negeri Gorontalo. Steam Engineering, 3(2), 105-111. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4082.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., dan Hasanudin, C. (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. https://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.

Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., dan Rumampuk, S. (2021). Gaya hidup hedonisme di kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. HOLISTIK, Journal of Social and Culture. 14(3). 7-16. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/34482.

Machfudz, I. (2009). Efektivitas penggunaan teknik diskusi, tugas, dan ceramah pada pengajaran menyimak intensif siswa kelas II SMU Negeri 8 Malang. Bahasa dan Seni, 32(1). 2-4. https://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Efektivitas-Penggunaan-Teknik-Diskusi-Tugas-dan-Ceramah-pada-Pengajaran-Menyimak-Intensif-Siswa-Kelas-II-SMU-Negeri-8-Malang.

Mana, L. (2017). Pengembangan RPKPS dan SAP menyimak berbasis pendekatan contekstual teaching and learning (CTL). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 84-100. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.986.

Manurung, M. M., dan Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 41-46. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105.

Munawaroh, M., dan Alamuddin, A. (2014). Pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan relasi dan fungsi. EduMa, 3(2), 163-173. https://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i2.62.

Muyassaro, I., Arsanti, M., dan Hasanudin, C. (2022). Urgensi literasi digital bagi mahasiswa di era society 5.0. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.51.

Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.

Pane, A., dan Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.

Papilaya, J. O., dan Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63. https://smartlib.umri.ac.id/assets/uploads/files/0b112-12992-29990-1-sm.pdf.

Permatasari, R., Noviandari, H., dan Mursidi, A. (2021). Studi deskriptif dampak psikologis mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi dalam penyusunan skripsi di masa pandemi COVID-19. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 127-141. https://doi.org/10.46838/jbic.v2i1.64.

Prastiwi, D. L. A., dan Sukidi, M. (2018). Penggunaan media wayang untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas IV SDN Tengket 1 Arosbaya, Bangkalan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 1791-1800. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24558.

Rahmawati, L., dan Gumiandari, S. (2021). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik) mahasiswa tadris bahasa Inggris kelas 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Identification of learning styles (visual, auditorial and kinesthetic) English tadris students class 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 54-61. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1876.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar dan pembelajaran (pendidikan dasar). Cendekia, 9(02), 193-210. https://doi.org/10.37850/cendekia.v9i02.106.

Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendekatan Kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1). 2-16. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Sapriyah, S. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1), 470-477. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798.

Sari, I. T. P., dan Sylvia, E. (2020). Analisis karakteristik mahasiswa dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa entrepreneur Kabupaten Garut. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(1), 28-40. https://doi.org/10.35899/biej.v2i1.60.

Sari, M. S., dan Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308-315. https://doi.org/10.37721/je.v21i3.608.

Sari, M., dan Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Satiawan, Z., dan Sidik, M. (2021). Metode pendidikan akhlak mahasiswa. Jurnal Mumtaz, 1(1), 53-64. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/11.

Setyani, M. R., dan Ismah, I. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika ditinjau dari Hasil Belajar. Prosiding Senamku, 1, 73-84. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/download/2653/777.

Tambak, S. (2015). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1-20. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1444.

Ulfa, M., dan Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721.

Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/364.

Wahyuddin, W. (2016). Gaya belajar mahasiswa: Studi Lapangan di Program Pascasarjana IAIN SMH Banten. Al Qalam, 33(1), 105-120. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/387.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.