Mengembangkan Pemikiran Kreatif Siswa melalui Soal Matematika

Devi Titin Sofia, Rosalinda Rosalinda, Junarti Junarti

Abstract


abstrak— Kemampuan berpikir kreatif pada siswa sangat diperlukan untuk mempermudah pemecahan masalah tingkat tinggi. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan beberapa aspek dan upaya  dalam  mengembangkan berpikir kreatif siswa dari   10 artikel nasional dan internasional. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan studi pustaka. Metode pengumpulaan data dengan mengidentifikasi, menganalisis, mengaktegorikan, mengklasifikasi serta mendeskripsikan aspek dan upaya dalam  mengembangkan berpikir kreatif dari 6 artikel nasional dan 4 artikel internasional. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 aspek dalam berpikir kreatif yaitu keluwesan, elaborasi, sensitivitas dalam berpikir, kelancaran dan keaslian. Sedangkan   upaya yang dilakukan dalam mengembangkan pemikiran kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui (1)  memberikan soal matematika berbentuk cerita; (2) pembelajaran matematika secara open ended; (3) memberikan soal matematika tingkat HOTS.

Kata kunci— Berpikir kreatif,siswa,soal matematika

 

Abstract— The ability to think creatively in students is very necessary at this time, because by thinking creatively, students will find it easier to solve problems. Several developments in students' creative thinking have been studied in several 10 national and international articles. The aim of this research is to describe several ways to develop creative thinking in students. The data collection method in this research is literature study by paraphrasing previous research articles. The research results show that there are various aspects of creative thinking, namely flexibility, elaboration, sensitivity in thinking, fluency and originality. Apart from that, there are efforts to develop students' thinking, these efforts include (1) provide math problems in the form of stories; (2) open ended mathematics learning; (3) provide HOTS level mathematics questions.After analysis, the results were obtained in the form of a set of mathematical creative thinking test instruments that were valid and reliable. It can be concluded that there are several aspects and efforts to develop students' creative thinking in solving mathematics problems.

Keywords— Creative thinking, students, mathematics problem.


Keywords


Creative thinking, students, mathematics problem.

Full Text:

PDF

References


Astin, A. E., & Bharata, H. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Hudojo, H., 2005, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang,Indonesia : Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Djamilah, S., & Ariyanti, I. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Berpikir Kreatif untuk Membaca HOTS Siswa bagi Guru Matematika SMP. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat .

Hartatik, S., Rulyansah, A., Budiarti, R.P., Mardhotillah, R.R., & Septyani, M.D. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pengembangan Soal berorientasi HOTS: Konteks Guru Sekolah Dasar bidang Matematika dan IPA. Indonesia Berdaya.

Hudojo, H., 2005, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang,Indonesia : Universitas Negeri Malang (UM PRESS)

Jagom, YO, Uskono, IV, Dosinaeng, WB, & Lakapu, M. (2021). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar.

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2020). The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research, 9(3), 1047–1061. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1047

Junarti, & Zainudin, M. (2022). Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 107–124. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Junarti, Zainudin, M., & Utami, A. D. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education, 13(3), 437–464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464

Moma, L. (2015). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1).

Rochaini, E., & Maarif, S. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Sekuensial Abstrak dan Acak Abstrak dalam Menyelesaikan Soal Matematika. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 1, No. 1, pp. 403-408).

Zainudin, M., Amin, A. K., Zumam, W., Junarti, J., & Rohmah, I. I. T. (2023). The Evaluation of Research-based Learning on ‘Moodle’ Learning Management System Using CIPP Models. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(4), 149–157. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.04.18

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Yasiro, LR, Wulandari, FE, & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pemanasan global berdasarkan prestasi siswa. Jurnal Pendidikan Sains Banua , 1 (2), 69-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.