Analisis Verba Berklofiks Me-Kan pada Tajuk Rencana Serambinews.com yang Berjudul Rakyat Palestina Butuh Dukungan Kita Edisi 15 Oktober 2023
Abstract
abstrak— Salah satu bentuk afiksasi (imbuhan) adalah klofiks. Klofiks adalah pemberian imbuhan di awal dan di akhir kata. Penelitian mengenai klofiks dapat dilakukan pada verba di tajuk rencana Serambinews.com yang berjudul Rakyat Palestina Butuh Dukungan Kita edisi 15 Oktober 2023. Metode deskriptif kualitatif digunakan pada penilitian ini dengan data yang dihasilkan berupa kumpulan verba berklofiks me-kan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, baca, libat, dan cakap. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode padan dan divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Pada penelitian ini didapatkan 16 verba berklofiks me-kan. Verba tersebut antara lain, mengkhawatirkan, menyatakan, menekankan, melepaskan, mengatakan, memerintahkan, meninggalkan, membatalkan, menimbulkan, mengerahkan, menyerahkan, menetapkan, menyuarakan, merupakan, memberikan, dan mempertahankan. Beberapa verba yang ditemukan mengalami peluruhan setelah mendapatkan imbuhan, antara lain tekan menjadi menekankan, kata menjadi mengatakan, perintah menjadi memerintahkan, tinggal menjadi meninggalkan, timbul menjadi menimbulkan, kerah menjadi mengerahkan, serah menjadi menyerahkan, tetap menjadi menetapkan, dan suara menjadi menyuarakan. Peluruhan tersebut disebabkan karena kata dasar sebelum diberi afiksasi diawali dengan huruf k, p, t, dan s. Simpulan dari penelitian ini adalah pada tajuk rencana Serambinews.com yang berjudul Rakyat Palestina Butuh Dukungan Kita edisi 15 Oktober 2023 memiliki 16 verba berklofiks me-kan.
Kata kunci— Afiksasi, klofiks, verba
Abstract— One form of affixation (affix) is clofix. Chlofixes are affixes at the beginning and end of words. Research on clofixes can be carried out on the verbs in the Serambinews.com editorial entitled Rakyat Palestina Butuh Dukungan Kita 15 October 2023 edition. This research uses a qualitative descriptive method with the resulting data in the form of a collection of verbs with clofixes me-kan. The data collection process uses listening, reading, involvement and speaking techniques. Research data were analyzed using the matching method and validated using source triangulation techniques. In this research, 16 verbs with the clofix me-kan were found. These verbs include, mengkhawatirkan, menyatakan, menekankan, melepaskan, mengatakan, memerintahkan, meninggalkan, membatalkan, menimbulkan, mengerahkan, menyerahkan, menetapkan, menyuarakan, merupakan, memberikan, dan mempertahankan. Several verbs were found to decay after receiving affixes, including tekan to menekankan, kata to mengatakan, perintah to memerintahkan, tinggal to meninggalkan, timbul to menimbulkan, kerah to mengerahkan, serah to menyerahkan, tetap to menetapkan, and suara to menyuarakan. This decay is caused because the basic word before being given affixation begins with the letters k, p, t, and s. The conclusion of this research is that the Serambinews.com editorial entitled Rakyat Palestina Butuh Dukungan Kita 15 October 2023 edition, has 16 verbs with the clofix me-kan.
Keywords— Affixation, clofix, verb
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afria, R., Izar, J., Harianto, N., Sholiha, M., & Adelia, W. (2023). Analisis afiksasi pada lagu Rossa dalam Album Platinum Collection. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 186-194. https://doi.org/10.22437/kalistra.v2i2.24931.
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43. Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/537.
Anggriani, V. (2020). Prefiks bahasa Kaili Dialek Ado Desa Pakuli Utara Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi. BAHASA DAN SASTRA, 5(4), 1-14. Retieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12738.
Ashari, A. (2015). Ekuivalensi leksikal dalam wacana novel Perahu Kertas karya Dewi €˜ Dee’ Lestari: Suatu kajian wacana. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 81-88. https://doi.org/10.21009/ARKHAIS.062.04.
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. (2016). Aplikasi KBBI V 0.5.1 (51).
Baroroh, H. E. (2023). Analisis kontrastif penanda kala pada verba bahasa Arab Fushā dan bahasa Arab ‘Ammiyyah Dialek Mesir. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(8), 332-341. https://doi.org/10.57185/mutiara.v1i8.63.
Fauzan, M. R. (2017). Analisis penggunaan afiks bahasa Indonesia dalam status Blackberry Messenger mahasiswa kelas C angkatan 2012 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), 61-76. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12291.
Fradana, A. N. (2018). Buku ajar morfologi bahasa. Umsida Press, 1-129. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-31-7.
Gani, S., & Arsyad, B. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018.
Herawati, R., Juansah, D. E., & Tisnasari, S. (2019). Analisis afiksasi dalam kata-kata mutiara pada caption di media sosial Instagram dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 45-50. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v4i1.6236.g4379.
Hikmah, S. N. A., & Fitria, M. (2020). STRUKTUR NARATIF DAN PENOKOHAN PADA NOVEL THE PERFECT CHARM KARYA DY LUNALY. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 1(01), 58-68. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v1i01.1009.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622.
Iskatriati, L., Thamrin, L., & Suhardi, S. (2022). Analisis penguasaan sufiks Mandarin “jia, yuan, shi, shou, zhe” pada mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 8(1), 59-68. http://dx.doi.org/10.30872/calls.v8i1.7044.
Jadar, S. 2022. Pembentukan kata, 51. Indramayu, Indonesia: CV Adanu Abimata.
Jannah, M. (2020). Afiksasi (prefiks dan sufiks) dalam kolom ekonomi bisnis di koran Jawa POS edisi kamis 14 November 2019. Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 18-25.
Kusmiati, I., Nurdin, N., & Masrin, M. (2021). Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 149-159. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.5985.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.
Mulyati, S. (2021). Morfologis analisis dalam puisi Embun Di Hutan Jati karya Candra Malik. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(2), 155-160. https://doi.org/10.31294/w.v13i2.10648.
Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan morfologi (verba) pada anak usia 3, 4 dan 5 tahun (suatu kajian neuro psikolinguistik). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 13-30. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p13-30.89.
Nurtiputra, I. (2016). Tipe Klausa pada Tajuk Rencana Kompas. Deiksis, 8(01), 86-101. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v8i01.671.
Pasaribu, C., & Lubis, M. J. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencana oleh kelas XI SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Basastra, 4(4). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/55289/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-masalah-terhadap-kemampuan-membedakan-fakta.
Prasetyani, F. A., & Mulyono, M. (2021). Bentuk dan makna afiks verba pada buku siswa bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013. Bapala, 8(3), 80-89. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/40164.
Putra, R. L. (2021). Analisis proses afiksasi pada artikel Kelapa Sawit Mencari Jalan Tengah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3196-3203. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1241.
Putri, J., Jumadi, J., & Candra Dewi, D. (2023). Kajian morfologi pada lirik lagu Opick. Idealektik, 5(2), 85-95. Retrieved from https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/1092.
Ramdani, G. A., Sukri, M., & Burhan, B. (2022). Struktur dan konjungsi teks editorial dalam surat kabar Lombok Post dan implementasinya sebagai bahan ajar di SMA kelas XII. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 4(2), 42-54. https://doi.org/10.29303/kopula.v4i2.2726.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Shalatun, R. (2021). Analisis teks argumentasi dalam tajuk rencana Harian Kompas. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 11(2), 93-108. https://doi.org/10.23969/literasi.v11i2.3647.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sulastri, S. (2020). Relasi makna antonim verba bahasa Dayak Kanayatn Kalimantan Barat. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 18(2), 150-160. https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2317.
Sunarwan, B. 2016. Tajuk rencana suratkabar dan khalayak: Sebuah proposal riset survai penggunaan rubrik tajuk di kalangan khalayak. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 1(20), 89-96. https://doi.org/10.31445/jskm.2016.200106.
Unsiah, F., & Yuliati, R. (2018). Pengantar ilmu linguistik. Malang, Indonesia: Universitas Brawijaya Press.
Utami, D. W., Lestari, W. F., Kusnasari, Z. Z., & Ulya, C. (2023). Analisis kesalahan afiksasi dan ejaan pada artikel berita di media massa online hariane.com edisi September 2022. Jurnal Metamorfosa , 11(1), 1-19. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v11i1.1945.
Vanni, I., & Sukenti, D. (2023). Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) terhadap hasil belajar pada materi menulis teks editorial. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 177-184. https://doi.org/10.25299/s.v2i2.11037.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.