Kebutuhan dan Desain Video Animasi Kancil dan Babi pada Teks Cerita Imajinatif

Laily Kusumaning Ayu, Laily Zaitin Nukha, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk kebutuhan dan desain video animasi Kancil dan Babi, serta mengetahui Tingkat kelayakan media yang akan dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian RnD dengan menerapkan metode ADDIE, namun pada penelitian ini, hanya dijelaskan pada langkah analisis kebutuhan, desain, dan Develop. Instrumen penelitian ini menggunakan angket untuk mengevaluasi kualitas pada materi dan media. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bojonegoro, subjek langkah pada desain pembelajaran yaitu ahli materi, dan ahli media. Hasil penelitian pengembangan video animasi Kancil dan Babi pada teks cerita imajinasi yaitu: 1) hasil analisis kebutuhan pada video animasi menunjukkan bahwa siswa setuju jika media video animasi Kancil dan Babi digunakan, 2) desain video animasi media video animasi menggunakan kerangka yaitu Flowchart dan Storyboard, selain itu, hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa video animasi Kancil dan Babi termasuk kedalam kategori layak digunakan, 3) tahap develop (Pengembangan) media video animasi  dibuat dengan durasi 3 menit menggunakan aplikasi Leonardo ai untuk membuat gambar 3 dimensi menggunakan teknologi ai sehingga gambar yang dihasilkan bisa sesuai dengan isi cerita. Selain itu, pembuatan media ini juga menggunakan aplikasi runway ml, aplikasi ini bisa membuat gambar menjadi video berdurasi 4 detik.

Abstract— This study aims to develop an animated video of Deer and Pig, and determine the level of media feasibility to be developed. This research includes RnD research by applying the ADDIE method, but in this study, only explained in the steps of needs analysis, design, and Develop. This learning media uses a questionnaire to evaluate the quality of the material and media. The subjects of this research are seventh grade students of SMP Negeri 6 Bojonegoro, the subject of the learning design steps are material experts, and media experts. The results of research on the development of Kancil and Babi animated videos on imaginary story texts, namely: 1) the results of the needs analysis on the animated video show that students agree if the Kancil and Babi animated video media is used, 2) the design of the animated video of the animated video media uses a framework, namely Flowchart and Storyboard, in addition, the results of the validation of material experts and media experts show that the Kancil and Babi animated video is included in the category worth using, 3) the develop stage (Development) of animated video media is made with a duration of 3 minutes using the Leonardo ai application to create 3-dimensional images using ai technology so that the resulting images can match the content of the story. In addition, the creation of this media also uses the runway ml application, this application can make images into 4-second videos.


Keywords


animated videos, imaginative stories

Full Text:

PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Cahyaningrum, F. D., & Setyaningsih, N. H. (2019). Pengembangan Modul Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Konservasi bagi Peserta Didik SMP Fajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018.

Hayyuningtyas, K. & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint dan Ispring di Android untuk Meningkatkan Efektifitas Pembalajaran Ipa di Kelas 3 SD. Jurnal Pendidikan Ibtodaiyah. 3(1). http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ibtida/article/view/4804.

Hutagaol, P., & Lubis, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Menggunakan Media Komik. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I Unimed, 2(1), 160–166. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38813.

Lestari, S. (2022). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Palembong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8455.

Palimbong, Y. W., Saud, S., & Saleh, N. (2020). Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas II SMAN 11 Makasar. Diss. Universitas Negeri Makassar, Pembimbing I, 1(10). http://eprints.unm.ac.id/19283/1/Artikel Yunita Wulandari Palimbong.pdf.

Purwanti, R., & R, N. (2016). Video Animasi Stop Motion Sebagai Media Pembelajaran Pada Kampanye Pengenalan Tertib Berlalu Lintas Bagi Remaja Pengendara Sepeda Motor. Widyakala Journal, 3 (1). https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.19.

Tika, Y., & Armaini. (2019). Media Video Animasi dalam Pendidikan Seks Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 41–46. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/102506.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.