Kebutuhan dan Desain Aplikasi Pusta untuk Pembelajaran Unsur-Unsur Puisi

Shinta Isabella, M. Rizki Hidayatulloh, M. Alfin Fathoni, M. Nurul Yakin, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Puisi seringkali menjadi hal yang membosankan bagi siswa. Sehingga untuk mengatasi kebosanan siswa, maka diperlukan inovasi media pembelajaran yang dapat menjelaskan konsep puisi sampai unsur puisinya. Yakni dengan media pembelajaran mobile learning berbasis android. aplikasi android dalam penelitian ini berisi materi, petunjuk penggunaan, serta tentang penulis. Metode penelitian ini adalah RnD dengan model ADDIE, namun pada penelitian ini, hanya dijelaskan pada langkah Analisis kebutuhan, Desain, dan Develop. Karena tujuan penelitian ini hanya sebatas mengembangkan dan menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran. Subjek penelitian pada analisis data adalah siswa kelas 8 MTs Abu Darrin, subjek pada langkah desain pengembangan adalah ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peneliti berhasil mengembangkan dan menciptakan sebuah media dalam pembelajaran unsur unsur puisi.

Kata kunci—Desain, Aplikasi, Pembelajaran Unsur Puisi

 

Abstract— Poetry is often boring for students. So, to overcome student boredom, innovative learning media are needed that can explain the concept of poetry and the elements of poetry. Namely with Android-based mobile learning media. The Android application in this study contains material, instructions for use, and about the author. This research method is RnD with the ADDIE model, but in this research, it is only explained in the needs analysis, design and development steps. Because the aim of this research is only to develop and produce a learning media application. The research subjects in data analysis were 8th grade students at MTs Abu Darrin, the subjects in the development design step were material experts and media experts. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the researcher succeeded in developing and creating a medium for learning the elements of poetry.

Keywords—Design, Application, Learning Elements of Poetry


Keywords


Design, Application, Learning Elements of Poetry

Full Text:

PDF

References


Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75-84. Doi https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986.

Andheska, H. (2016). Membangun Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Bahastra, 36(1), 55-67. Doi https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/536138.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347).

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal pemikiran islam, 37(1). Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/%20Anida/article/viewFile/310/293.

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). Retrieved from http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/download/107/103.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137. Doi https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Kodular Assisted Mathematics Digital Teaching Materials. Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 2, 93-103. Doi https://doi.org/10.37010/duconomics.v2.5913.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.

Setiawan, R. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 2(2), 1-7. Doi https://doi.org/10.31326/sistek.v2i2.729.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran PadaMata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. 7(2). Doi https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261.

Zulaeha, I., Hasanudin, C., & Pristiwati, R. (2023). Developing Teaching Materials of Academic Writing Using Mobile Learning. Ingénierie des Systèmes d'Information, 28(2), 409-418. Doi https://doi.org/10.18280/isi.280216.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.