Urgensi Menyimak Ekstensif dalam Meningkatkan Literasi Mahasiswa di Era Digital
Abstract
abstrak— Menyimak ekstensif dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami urgensi dari menyimak ekstensif dalam meningkatkan literasi mahasiswa diera digital. Dalam penelitian ini digunakan library research, penelitian ini menggunakan data sekunder, teknik yang dipakai yakni simak, catat, dan libat serta divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Menyimak ekstensif didalam meningkatkan literasi mahasiswa diera digital memiliki peran penting seperti 1) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca 2) Menyimak ekstensif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mahasiswa 3) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi mahasiswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 3 urgensi menyimak ektensif dalam meningkatkan literasi mahasiswa di era digital.
Kata kunci— Era Digital, Menyimak Ekstensif, Mahasiswa
Abstract— Extensive listening can be defined as an activity carried out every day. This research aims to understand the urgency of extensive listening in increasing student literacy in the digital era. In this research, library research was used, this research used secondary data, the techniques used were listening, taking notes and engaging and validated using triangulation techniques. Extensive listening in improving student literacy in the digital era has an important role such as 1) Improving students' ability to read 2) Extensive listening can improve students' critical and analytical thinking skills 3) Improving students' communication and collaboration skills. The conclusion of this research is that there are 3 urgencies for intensive listening in increasing student literacy in the digital era.
Keywords— Digital Era, Extensive Listening, Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminawati, B. F. (2019). Keterampilan menyimak pidato.https://doi.org/10.31227/osf.io/6j9ef
Amalia, F. N. (2017). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 42-54. https://conference.unsri.ac.id/index.php/snbi/article/view/502.
Anggarawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK: Jurnal manajemen, teknik informatika darekayasakomputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411.
Azim I. I., Bagus T. R., Nunung S., Wulan R., Kanzuwita F., Asmiatunnisa, Hafiza R., Indah F. H. (2022). Saintis muda di era digital. Semarang: Cv. Alinea media dipantara
Basori, I. S. (2021). Pembelajaran dalam jaringan (DARING) di era digital dengan google suite. Malang: Ahlimedia press.
Boiliu, F. M. (2020). Peran pendidikan agama Kristen di era digital sebagai upaya mengatasi penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dalam keluarga Di Era Disrupsi 4.0. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 1(1), 25-38. https://doi.org/10.53547/realdidache.v1i1.73.
Dailami (2023). Komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen. Sleman: Deepublish digital.
Dole, F. E. (2020). Kemampuan menyimak cerita pada peserta didik kelas II SDI Puudhombo kecamatan Ende kabupaten Ende. Jurnal literasi: Pendidikan dan humaniora, 5(3), 31-40. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/literasi/article/view/745#.
Fitriarti, E. A. (2019). Urgensi literasi digital dalam menangkal hoax informasi kesehatan di era digital. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 4(2), 234-246. http://dx.doi.org/10.20527/mc.v4i2.6929.
Gafur, H. (2015). Mahasiswa & dinamika dunia kampus. Bandung: CV. Rasi terbit.
Hidayanti, A. R. (2019). Menyimak Ekstensif.
Hasriani. (2023). Terampil menyimak. Bandung: Indonesia Emas Group.
Hendra F. (2021). Tempat ketiga bagi mahasiswa. Yogyakarta: Deepublish
Islam, A. F. (2021). Menyimak kritis dengan bahan ajar e-pub responsif budaya luar. Lecturer repository.
Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/825.
Kholifah, U., Imansari, N., & Prastyaningrum, I. (2022). Implementasi aplikasi kontrol progres proyek untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi. Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 4(2), 50-55. https://doi.org/10.26740/inajet.v4n2.p50-55.
Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta: Muhammadiyah university press.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal komunikator, 8(2), 51-66. https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069
Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Jawa tengah: Lutfi gilang
Munthe, D.A.Y., Hasibuan, T.P., Sukma, D.P., Irfani, S.Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal riset rumpun ilmu bahasa, 2(2): 48-56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405.
Nazar, M. R., Ariani, I., Natania, L. P., & Al-fikri, D. T. (2023). Pengaruh era digital terhadap dunia akuntansi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 375-380. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5305.
Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54-59. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.36.
Heryana, N., Junaidin, J., Nugroho, I., Fahriani, M., Nurlaila, N., Mukminin, A., M Martriwati, M., Donasari, R., Khasanah, K., & Emanuel B.S Kase S, Fill. (2023). Konsep dasar media pembelajaran di era digital. Batam: Cendikia mulia mandiri.
Pradani, Y. F., Umar, M. A. R., Anggraeni, A. D., & Lestari, Y. P. (2022). Meningkatkan budaya literasi di era digital melalui pojok baca lentera ilmu di Desa Sengguruh. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 89-98. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1203.
Paramita, G. V. (2010). Studi kasus perbedaan karakteristik mahasiswa di universitas ‘x’-Indonesia dengan universitas ‘y’-Australia. Humaniora, 1(2), 629-635. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2904.
Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(01), 47-59. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Rumini (2022). Tersisihnya kearifan lokal di era digital. Penerbit P4I
Saenab, S., & Virninda, A. N. (2017). PjBL untuk pengembangan keterampilan mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran pjbl dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10-16. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095.
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134-140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889.
Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa menggunakan google classroom. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69-78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544
Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah, I.N., & Harahap, S.H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal multi disiplin dehasen (MUDE), 1(3), 365-368. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616.
Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan pembelajaran sastra melalui perkembangan era digital. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.18268.
Zahroh, U., Dan Asyhar, B. (2014). Kecenderungan gaya belajar mahasiswa dalam menyelesaikan masalah fungsi bijektif. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 2(1), 72-81. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1738.
Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Dampak era digital terhadap minat baca remaja. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 17-23. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2871.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.