Menyimak Intensif Kunci Sukses dalam Memahami Komunikasi Bisnis

Yunita Irma Firnanda Putri, Dika Setya Pratama, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Menyimak intensif dapat diartikan sebagai proses mendengarkan secara serius dan fokus, dengan tujuan memahami makna yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali menyimak intensif kunci sukses dalam memahami komunikasi bisnis. Dalam pencarian data metode yang di gunakan yaitu library reseach, lalu pada penelitian ini diperoleh data sekunder, dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui teknik simak, libat, dan catat, serta divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah seperti 1) terampil dalam berkomunikasi, 2) menerima gagasan secara baik, 3) memudahkan mendapatkan partnership. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 3 menyimak intensif kunci sukses dalam memahami komunikasi bisnis.

Kata kunci—Bisnis, Menyimak intensif, Memahami komunikasi

 

 

Abstract— Intensive listening can be defined as the process of listening seriously and focused, with the aim of understanding the desired meaning. This study aims to recognize intensive listening as the key to success in understanding business communication. In searching for data, the method used is library research, then in this study secondary data were obtained, in this study the data were collected through listening, engaging, and recording techniques, and validated using triangulation techniques. The results of this study are such as 1) skilled in communicating, 2) receiving ideas well, 3) making it easier to get a partnership. The conclusion in this study is that there are 3 intensive listening keys to success in understanding business communication.       

Keywords— Business, Intensive listening, Understanding communication



Keywords


Business, Intensive listening, Understanding communication

Full Text:

PDF

References


Andriani, A., & Haerani, H. (2019). Peningkatan keterampilan menyimak kritis menggunakan metode VAK (Visualization Auditory Kinestetic). Journal Peqguruang, 1(2), 203-207. https://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.578.

Adin, Zein, & Izzati, I. H. Y. (2023). "Dasar-dasar komunikasi bisnis." Jurnal Riset Manajemen Komunikasi 3(1), 33- 42. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2324.

Ariani, D. N. (2018). Strategi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 96- 107. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.958.

Astuti, D. (2005). Kajian bisnis franchise makanan di Indonesia. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 7(1), 83-98. https://doi.org/10.9744/jmk.7.1.pp.%2083- 98.

Aulina, C. N. (2014). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 14-27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i1.3474.

Bukit, S. (2022). Keterampilan komunikasi siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit di dalamproses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dewantara, 1(1), 29-34. http://dx.doi.org/10./dewantara.v1i1.29-34.

Eldo, D. H. A. P., & Mutiarin, D. (2018). Analisis best practice inovasi pelayanan Publik (Studi pada Inovasi Pelayanan “Kumis MbahTejo” di Kecamatan tegalrejo kota yogyakarta). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 156- 167. https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.16753.

Satria, T. G. (2017). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui pendekatan saintifik pada anak kelas IV Jakarta Barat. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 114–120. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.114-120.

Hariyanto, D. (2021). Buku ajar pengantar ilmu komunikasi. Umsida Press, 1- 119. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-32-7.

Hasoloan, A. (2018). Peranan etika bisnis dalam perusahaan bisnis. Warta Dharmawangsa, (57). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i57.141.

Hasriani, S. P. (2023). Terampil Menyimak. Bandung: Indonesia emas group.

Jamalludin, J. (2016). Manfaat media komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran. At-Tabligh, 1(1), 14-26. Retrieved from https://jurnal.um- palembang.ac.id/attabligh/issue/view/43.

Kamaluddin, I. H. A., & Patta Rapanna, S. E. (2017). Administrasi bisnis. Makassar: Sah Media.

Kusmadi, I. dan Hasanah, F. (2008). Think smart bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo media utama.

Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan Elt Website untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMP dalam ketrampilan menyimak. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(2), 180-189. http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v3i2.440.

Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2). http://dx.doi.org/10.30829/al- irsyad.v6i2.6618.

Martaulina, D. S. (2018). Bahasa Indonesia terapan. Yogyakarta: Deepublis.

Masdul, M. R. (2018). "Komunikasi pembelajaran." Iqra Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 13(2), 1-9.https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259.

Maryanti, S. (2012). Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2). https://doi.org/10.24036/0201212700-0-00.

Milyane, T. M., Umiyati, H., Putri, D., Akib, S., Daud, R. F., Rosemary, R., & Rochmansyah, E. (2022). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: Widina bhakti persada Bandung.

Nasution, F. H. (2016). Peran administrasi perkantoran dalam dunia bisnis. Warta Dharmawangsa, (49). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i49.159.

Nopriani, Y., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak dengan metode bercerita melalui media boneka jari. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 121-128. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.121- 128.

Octavanny, V. (2021). Analisis model bisnis pada UMKM kuliner yang menerapkan konsep sharing food. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.37535/104001120211.

Poentarie, E. (2013). Penerapan strategi komunikasi pada “plik nanggula 2”. Jurnal studi komunikasi dan media,17(2), 163-172. https://doi.org/10.31445/jskm.2013.170204.

Rosdawita, R. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1). Retrieved from https://online- journal.unja.ac.id/pena/article/view/2232.

Riskinanto, A. (2017). Identifikasi nilai bisnis SI/TI menggunakan tabel manfaat bisnis SI/TI generik ranti: studi kasus disaster recovery center kementerian XYZ. I- STATEMENT, 3(1). https://doi.org/10.46371/istatement.v3i1.23.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270.

Saifullah, M. (2011). Etika bisnis Islami dalam praktek bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 127-156. https://doi.org/10.21580/ws.19.1.215.

Sihombing, I. E. C., & Judisseno, R. K. (2022). Efektivitas strategi partnership perjalanan insentif dan perjalanan bisnis pada PT tiket keren Nusantara: Masa pandemi 2021. In Seminar Nasional Riset Terapan (Vol. 11, No. 01, pp. 104-109). https://prosiding.pnj.ac.id/index.php/snrtb/issue/view/4 .

Sorraya, A. dan Anas, Y. (2019). Menyimak apresiasif. Malang: Media nusa kreatif.

Susanto, J. (2016). Etika komunikasi islami. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 24- 24. https://doi.org/10.51590/waraqat.v1i1.28.

Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.

Wowor, H., & Karouw, S. (2013). Analisis Kuantifikasi Manfaat Bisnis Teknologi Informasi Studi Kasus Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Teknik Informatika, 2(1). https://doi.org/10.35793/jti.2.1.2013.1981.

Zahara, E. (2018). Peranan komunikasi organisasi bagi pimpinan organisasi. Warta Dharmawangsa, (56). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.8.

Zaenuri, A. (2017). Teknik komunikasi persuasif dalam pengajaran. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 1(1), 41- 67. https://doi.org/10.33754/jalie.v1i1.83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.