Beberapa Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi dalam Optimalisasi Pembelajaran Trigonometri: Suatu Studi Kasus

Indah Wahyuni, Dina Mariana, Junarti Junarti

Abstract


Abstrak—Inovasi dalam media pembelajaran menjadi sebuah keharusan di era saat ini, tak terkecuali pembelajaran matematika. Contoh inovasi yang sudah diterapkan adalah dengan melalui media aplikasi matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa media pembelajaran berbasis aplikasi dalam pembelajaran trigonometri. Metode penelitian ini merupakan kajian pustaka yang diambil dari studi kasus dalam 14 artikel nasional. Teknik pengambilan data dengan mengidentifikasi, menganalisis, kemudian mengkategorikan, mengklasifikasi serta mendeskripsikan media pembelajaran berbasis aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan ada 4 media pembelajaran berbasis aplikasi yang dapat digunakan dalam mengoptimalkan pembelajaran trigonometri yakni aplikasi desmos, geogebra, mathway, dan photomath. Kesimpulan media pembelajaran tidak ada media yang paling baik, karena masing-masing mempunyai karakteristik jenis medianya, dan tergantung materinya serta tergantung karakteristik siswanya.

Kata kunci—Media pembelajaran berbasis aplikasi, Pembelajaran Trigonometri

 

Abstract—Innovation in learning media is a must in the current era, including learning mathematics. An example of innovation that has been applied is through math application media. The purpose of this research is to describe some application-based learning media in learning trigonometry. This research method is a literature review taken from case studies in 14 national articles. Data collection techniques by identifying, analyzing, then categorizing, classifying and describing application-based learning media used in learning Trigonometry. The results showed that there are 4 application-based learning media that can be used in optimizing trigonometry learning, namely desmos, geogebra, mathway, and photomath applications. The conclusion of learning media is that there is no best media, because each has its own characteristics, and depending on the material and the characteristics of the students.

Keywords— Application-based learning media, Trigonometry Learning


Keywords


Application-based learning media, Trigonometry Learning

Full Text:

PDF

References


Avanda, AY, & Putri, SAW (2020, Mei). Eksistensi Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika (Vol. 2). https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.106.

Cuhanazriansyah, M. R., Junarti, J., & Cahyaningrum, Y. (2023). Implementasi Wordwall sebagai upaya Peningkatan Minat Siswa pada Era Sociality 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 249–266.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Hafni, R. (2021, June). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 601-611.

Handayani, S. D., & Solihah, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1).https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1208.

Hidayat, W., & Aripin, U. (2020). Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri Berdasarkan Dimensi Pengetahuan Krathwohl. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 142-153.

Isroil, A., Umam, A. K., & Supriyanto, S. (2022). Aplikasi Desmos dalam Penyelesaian Masalah Persamaan Trigonometri. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 4(1), 58-63.

Junarti, & Zainudin, M. (2022). Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 107–124. Retrieved from http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE.

Junarti, Zainudin, M., & Utami, A. D. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education, 13(3), 437–464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464.

Junati, Yani T., A., & Amin, A. K. (2023). Building Student’s Mathematical Connectin Abitity in Abstract Algebra: The Combination of Analogi-Construction-Abstraction Stages. Journal of Education, Teaching, and Learning, 8(1), 80–97.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140.

Niswah, F., & Nisa, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Trigonometri. SIGMA, 7(2), 142.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Riani, H., Amalia, G. N., Fitria, M., Munirrah, M. A., Salsabila, M., Elghina, Y. Y., & Aisyah, S. (2023). Hubungan Dan Manfaat Gerakan Shalat dengan Konsep Trigonometri. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(2), 13-20.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108-115.

Syahdela, A. A., Junarti, & Zuhriah, F. (2023). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Perbandingan. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 94–101.

Zainudin, M., Amin, A. K., Zumam, W., Junarti, J., & Rohmah, I. I. T. (2023). The Evaluation of Research-based Learning on ‘Moodle’ Learning Management System Using CIPP Models. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(4), 149–157. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.04.18.

Zainudin, M., Fatah, D. A., & Junarti, J. (2023). Literacy and Numeracy Research Trends for Elementary School Student: A Systematic Literature Review. Journal of Education, Teaching, and Learning, 8(2), 24–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.