Analisis Tindak Tutur dalam Cerpen “Buku Antik” Karya Anton Kurnia

Mahfirotul Fitria, Aida Azizah

Abstract


Abstrak— Bahasa adalah suatu hal utama yang digunakan untuk berkomunikasi yang manusia miliki dan yang digunakan oleh manusia untuk berkolerasi dengan manusia lain yang ada di lingkup kehidupannya. Tindak tutur adalah bagian dari kajian linguistik atau pragmatik. Pragmatik merupakan  kajian tentang hubungan antara bahasa dan konteks yang menjadi dasar dari suatu catatan atau laporan pemahaman bahasa, yaitu kajian tentang kemampuan penggunaan bahasa untuk menghubungkan dan mengkoordinasikan kalimat dan konteks secara tepat. Studi pragmatik dalam bahasa yang spesifik harus memahami kultur masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut. Pada tindak tutur, terdiri dari beberapa bagian yang merupakan tindak tutur ilokusi, perlokusi, dan lokusi. Pada tindak tutur ilokusi dibagi dengan tindak tutur asertif, direktif, sentatif, komisif, deklaratif, dan ekspresif. Penelitian ini bertujuan dalam memberikan deskripsi seputar tindak tutur ekspresif pada cerpen Buku Antik Karya Anton Kurnia. Pada penelitan ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai teknik studi dokumenter. Tahap analisa data melalui tahapan deskripsi, mengklasifikasikan, menganalisis, menginterpretasikan, memberi evalusi dan terakhir yaiu menyimpulkan. Tindak tutur memuji dalam paragraf 1, tindak tutur sanjungan dalam paragraf 5, tindak tutur memberi kesalahan dalam paragraf 3, tindak tutur keluhan pada paragraf 7, tindak tutur memberi kritik pada paragraf 2.

Kata kunci— Tindak tutur ekspresif, cerpen buku antik

 

Abstract— Language is the main thing that is used to communicate that humans have and that is used by humans to interact with other humans in the scope of their lives. Speech acts are part of linguistic or pragmatic studies. Pragmatics is the study of the relationship between language and context which forms the basis of a language comprehension record or report, namely the study of the ability to use language to connect and coordinate sentences and contexts appropriately. Pragmatic studies in a specific language must understand the culture of the people who use that language. In speech acts, it consists of several parts which are illocutionary speech acts, perlocution, and locution. Illocutionary speech acts are divided into assertive, directive, sentative, commissive, declarative, and expressive speech acts. This study aims to provide a description of expressive speech acts in the short story Buku Antik by Anton Kurnia. In this research, the method used is descriptive qualitative method and data collection techniques in this study using documentary study techniques. The data analysis stage goes through the stages of description, classifying, analyzing, interpreting, giving evaluation, and finally concluding. Speech acts of praise in paragraph 1, speech acts of flattery in paragraph 5, speech acts of making mistakes in paragraph 3, speech acts of complaint in paragraph 7, and speech acts of giving criticism in paragraph 2.

Keywords— Expressive speech acts, short stories, antique books


Keywords


Expressive speech acts, short stories, antique books

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Sutejo & Cutiana, W.A. (2022). Tindak Tutur Direktif dalam Kumpulan Cerpen Mereka Mengeja Larangan Mengemis Kompas 2019, Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 9-17. Refreved from: https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/135.

Chaer, Abdul. (2010). Sosiolingiustik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Darma, Yoce Aliah. (2014). Analisis Wacana Kritis dalam Multiperspektif. Bandung: PT Refika Aditama.

Sari, F. D. P. (2012). Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Galau Finite di Metro TV: Suatu Kajian Pragmatik. Jurnal Skriptorium, 1(2), 1-14.

Levinson, Stephen C. (1983). Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Murti, S., Muslihah, N.N & Sari, I.P. (2018). Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung Sutradara Tya Subiakto Satrio. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah dan Asinf, 1(1), 17-32. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.7.

Redho, N., Patriantoro & Ahmad, R.M. (2019). Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif dalam Novel Bumi Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35669

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: CV Angkasa.

Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.