Analisis Kesopanan Tindak Tutur dalam Pembelajaran Luring Mata Kuliah Fonologi Kajian Pragmatik

Cicha Meinanda Nugraha, Aida Azizah

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan mendekskripsikan dan memahami penggunaan tindak tutur direktif tindak tutur membahas mengenai penggunaan tindak tutur direktif dalam sebuah interaksi antara pengajar dan pelajar dalam pembelajaran luring di ruang belajar dalam pembelajaran fonologi. Dalam pembelajaran tersebut fonologi mempelajari tentang teori yang mempelajari bunyi bahasa. Dalam pembelajaran fonologi bahasa indonesia mempelajari rancangan, hakikat, definisi, menciptakan bunyi, dan banyak kategori dalam bunyi bahasa.

Abstract— This research describes and understands directed speech actions in offline phonological learning between instructors and students. This course covers phonology, which analyzes language sounds. Indonesian phonology studies ideas, nature, definitions, sound creation, and language sounds.


Keywords


Politeness, Directive speech acts, Pragmatics

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, M.A. dan Wahya, A.S. (2021). Analisis kesantunan tuturan direktif dalam kajian pragmatik pembelajaran luring. literasi, majalah Sains dalam proses. Bahasa dan Sastra Indonesia, 11 (2), 53-68.

Arani, S.S. (2012). Sebuah studi tentang politik yang digunakan oleh anak-anak prasekolah Iran:

Austin, J.L. (1975). Bagaimana melakukan sesuatu dengan kata-kata. Pers Universitas Oxford. Lintah, G. (2011). Prinsip Prinsip Pragmatis. Universitas Indonesia.

Jurnal Studi Bahasa Arab, 2 (1), 1-18.

Pengaruh konteks pada pilihan bahasa anak-anak. Jurnal Internasional Linguistik Terapan dan Sastra Inggris, 1 (5), 163-175.

Prasetyo, R.I. (2018). Panduan Tindak Tutur Pengajar dalam Mengelola Interaksi Belajar Murid dan Guru Mengajar di SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan:

Qomariyah, L. (2017). Peraturan berbicara pedoman guru ketika belajar bahasa Arab. Arab: Studi Analisis Wacana Kelas Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.