Meningkatkan Kemampuan Siswa SMP Dalam Memahami Masalah Kontekstual Himpunan

Kurnia Dwi Setyowati, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak: Peran guru sebagai pemimpin adalah menerapkan situasi dan kondisi dalam pembelajaran agar siswa belajar secara efektif dan efisien. Cara untuk menerapkan kondisi yang mendukung belajar siswa secara maksimal adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah mendorong siswa SMP untuk menguasai semua materi yang mereka pelajari, dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak hanya menghafal namun juga memahaminya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research), suatu metode untuk mengumpulkan informasi yang relevan dari berbagai sumber. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari sumber yang terpercaya. Sebagai hasil dari artikel ini, telah dijelaskan manfaat-manfaat penggunaan kontekstual pada materi himpunan yang dapat meningkatkan minat dan perhatian siswa dari berbagai latar belakang dalam belajar. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah penerapan kontekstual himpunan pada pembelajaran memberikan dampak positif bagi siswa oleh karena itu, minat belajar dalam memahami materi himpunan harus ditingkatkan.

Kata kunci: Siswa SMP, Kontekstual himpunan

 

Abstract: The role of the teacher as a leader is to apply situations and conditions in learning so that students learn effectively and efficiently.  The way to apply conditions that support student learning optimally is to apply contextual learning. The aim of this research is to encourage junior high school students to master all the material they learn, and relate it to everyday life.  So that in the learning process students not only memorize but also understand it.  The research method used is library research, a method for collecting relevant information from various sources.  The data used in this research is secondary data obtained from reliable sources. As a result of this article, the benefits of contextual use of set materials have been explained which can increase the interest and attention of students from various backgrounds in learning.  The conclusion from this study is that the application of contextual sets to learning has a positive impact on students. Therefore, learning interest in understanding set material must be increased.

Keywords: junior high school student, contextual set

 


Keywords


junior high school student, contextual set

Full Text:

PDF

References


Agustiawan, H., & Puspitasari, E. D. (2019, December). Pembentukan karakter siswa SMP melalui literasi sains. In Symposium on Biology Education (Symbion) (Vol. 2, pp. 273-281). https://doi.org/10.26555/symbion.3548.

Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8 (3), 109-122. https://org/10.58230/27454312.73.

Nurfitriyani, C. D., Qohar, A. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual himpunan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5 (2), 38-45. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/26502.

Nurfitriani, Cut Devy Nurfitriani. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa smp dalam menyelesaikan masalah kontekstual himpunan / cut devy nurfitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/181582.

Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2021). Penelitian kepustakaan (library research) modul pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/3748.

Rochmaniah, Anur (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi himpunan berbasis kontekstual untuk kelas VII SMP / Anur Rochmaniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/17115.

Sari, M. A., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Mengembangkan nilai-nilai pendidikan melalui kreativitas. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, 1 (1), 175-180. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/issue/view/37/showToc.

Simamora, N. I., & Chaniago, F. S. (2021, July). Pengembangan Lintasan Belajar Materi Himpunan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di SMPN 5 Padangsidimpuan. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1). Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5388.

Sholihah, I., & Firdaus, Z. (2019). Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 33-46. Retrieved from http://Jurnal.Staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah.

Sriyono, H. (2017). Bimbingan dan Konseling Belajar bagi Siswa di Sekolah. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020).Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.