Penerapan Evaluasi Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

M. Nurfaidzin Ihsan, Secilia Cahya Agustina, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak— Evaluasi yaitu bagian dari komponen pembelajaran yang dimanfaatkan untuk mengukur pencapaian setiap pembelajaran. Seiring dengan kecangihan dan kemajuan teknologi yang ada, menghadirkan berbagai media pengaplikasikan penilaian dalam pembelajaran. E-learning merupakan salah satu media pembelajaran yang tepat saat ini, dimana media pembelajaran berbasis e-learning sangat diperlukan seiring perkembangan zaman. Penelitian ini mengunakan metode pendekatan kualitatif. Bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai jenis media yang releven dalam evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia juga memaparkan kelebihan kekurangan e-learning. Diharapkan dengan adanya artikel ini dapat memberikan alternatif dalam melakukan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci—Evaluasi pembelajaran, E-learning, Pelajaran Bahasa

Indonesia

 

 

Abstract— Evaluation is part of the learning component used to determine achievement in each lesson. Along with the sophistication and advancement of existing technology, presenting various media for the application of assessment in learning. E-Learning is one of the appropriate learning media at this time, where E-learning-based learning media is needed along with the times. This study uses a qualitative approach method. Aiming to understand and know the advantages and disadvantages of goggle form media, the aim is to describe the various types of media that are relevant in evaluating Indonesian language learning as well as explaining the advantages and disadvantages of E-learning. It is hoped that this article can provide an alternative in evaluating Indonesian language learning.

Keywords—Evaluation of learning, E-learning, language lessons Indonesian


Keywords


Evaluation of learning, E-learning, language lessons Indonesian

Full Text:

PDF

References


Asrul, Rusyrdi Ananda, dan Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.

Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis e-learning di era digital Prosiding Samasta.https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7145

Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran E-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(1), 113-117. http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36.

Echols, John M. dan Hassan Shadily (1983). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia. Cet. XII.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nugraha, W. A. (2009). E-Learning Vs I-Learning. Penyempitan Makna E-Learning dan. http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2007/11/warto-e-learning.doc.

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262.

Poedjawijatna, P. (2011). Fonologi Bahasa Indonesia. PT Grasindo.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). DOI:https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.