Analisis Klausa Verbal pada Cerpen Nyekar Karya Hamsat Rangkuti Analisis Sintaksis

M. Abdul Khalim Arrosyid, Secilia Cahya Agustina, Muhammad Sholehuddin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


Abstrak— Kajian sintaksis ini merupakan kegiatan menganalisis cerpen yang berfokus pada salah satu bidang sintaksis yaitu klausa khusus pada jenis klausa verbal. Cerpen yang menjadi bahan analisis adalah cerpen "Nyekar" karya Hamsad rangkuti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil beberapa klausa yang unsur predikatnya berupa verbal atau kata kerja dan disertai dengan klasifikasi fungsi dan kategorinya.dari hasil penelitian terdapat 42 klausa verbal dalam cerpen tersebut.

Kata kunci—Analisis sintaksis, klausa verbal, cerpen.

 

 

Abstract— This syntactic study is an activity to analyze short stories that focuses on one of the syntactic fields, namely special clauses on the type of verbal clauses. The short story that became the subject of analysis was the short story "Nyekar" by Hamsad Rangkuti. The method used in this study is qualitative descriptive method. This study obtained the results of several clauses whose predicate elements are verbal or verbs and accompanied by the classification of functions and categories.from the results of the study there are 42 verbal clauses in the short story.

Keywords— Syntactic analysis, verbal clauses, short stories.


Keywords


Syntactic analysis, verbal clauses, short stories

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. 2018 Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 1-6. https://ejournal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/download/3879/2916.

Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartani, A., & Fathurohman, I. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media CD Cerita pada Siswa Kelas V SD 1 Mejobo Kudus. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 17-38. Doi: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576.

Hartati, M. (2017). Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. Doi: https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Mahajani, T., Ekowati, A., Talitha, S., & Mukhtar, R. H. (2021). Sintaksis Bahasa Indonesia. Penerbit Lindan Bestari.

Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S. F., & Yuliani, Y. (2020). Meningkatan Daya Pemahaman melalui Media Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Alam Karawang. Proceedings Universitas Pamulang, 1(2).

Santoso, J. (2010). Kedudukan dan Ruang Lingkup Sintaksis. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIN4107-M1.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.