Analisis Evaluasi Pembelajaran pada Minat Belajar Siswa ditingkat SMA

Desi Anggun Safitri, Suciana Suciana, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Artikel ini memuat tentang penelitian minat belajar siswa di tingkat SMA dan pengaruhnya pada evaluasi pembelajaran. Sistem pendidikan di Indonesia sangat diperhatikan keberlangsungannya untuk menciptakan generasi muda yang unggul. Dalam artikel ini akan membahas beberapa hal yang terkait dengan minat belajar dan evaluasi pembelajaran. Analisis penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mana sumbernya berasal dari data-data serta referensi yang valid dan mengarah langsung pada pembahasan. Hasil pembahasan nantinya akan memuat tentang identifikasi minat belajar siswa, metode pembelajaran, pemahaman tentang kebutuhan individu siswa, hubungan antara minat belajar dan hasil akademik, melibatkan siswa dalam evaluasi, kolaborasi antara pendidik dan siswa sehingga tercapainya tujuan pendidikan pada evaluasi pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik.

Kata kunci—Siswa SMA, Minat Belajar, Evaluasi Pembelajaran

 

Abstract—This article contains research on student interest in learning at the high school level and its influence on learning evaluation. The education system in Indonesia is very concerned about its sustainability to create a superior young generation. In this article, several things related to learning interest and learning evaluation will be discussed. The analysis of this research uses the library study method in which the source comes from valid data and references and is directed directly to the discussion. The results of the discussion will include encouraging student interest in learning, learning methods, understanding individual student needs, the relationship between learning interest and academic results, involving students in evaluation, collaboration between educators and students so that educational goals are achieved in learning evaluation and increasing participant learning interest educate.

Keywords— High school students, Interest in learning, Evaluation of learning


Keywords


High school students, Interest in learning, Evaluation of learning

Full Text:

PDF

References


Afiatin, N. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (1), 1-9, 2017. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v2i1.370.

Apriyanti, N. (2020). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Berorientasi pada Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17760.

Darmuki, A. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA Pbsi IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687.

Elis, R. W & Rusdiana, A. P. S. (2015). Buku Evaluasi Pembelajaran.

Hidayanti, D., As' ari, A. R., & Chandra, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas ix pada materi kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 276-285.

Ika, W. R. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289-293.

Kahar Hidayat, A., & Yulianti, D. (2021). Penggunaan Google Sites Dalam Membangun Kolaborasi Pada Materi Korosi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 440–451. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10997.

M. Yani., Bekti Suroso., M. M. (2019). Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Prodikmas, 4, 31–39.

Rahayu, R. (2022). Difer 4. Jurnal Basicedu, 1(8), 1913–1922.

Siti,N . & Ahmad,S. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1 (1), 128-135, 2016. Retrived from: http://ejurnal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Zainal, A. (2009). Buku Evaluasi Pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.