Tingkat Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika secara Daring

Sarmidi Sarmidi, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Sistem pembelajaran yang dapat digunakan untuk media pembelajaran dengan mengunakan metode daring atau online, sarana untuk proses belajar mengajar siswa tampa harus bertatap muka secara langsung, dengan guru pengajar adalah daring yang dilakukan di rumah. Namun banyak sekali kekurangan dalam pembelajaran materi matematika, salah satunya siswa sangat kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru pengajar, sehingga siswa tidak bisa menyelesaikan tugas yang di berikan gurunya secara daring. Penelitian SLR (Systematic Literature Reveiw) ini bertujuan untuk mengatahui tingkat pemahaman siswa yang di jelaskan materi matematik secara daring, ternyata masih banyak siswa yang belum paham serta kesulitan untuk menyelesaikan soal matematika.

Kata kunci—Sistem pembelajaran daring, Matematika


Abstract— Learning systems that can be used for learning media using online or online
methods, the means for the teaching and learning process of students without having
to meet face to face, with teaching teachers is online which is done at home.
However, there are many deficiencies in learning mathematics material,
one of which is that students find it very difficult to understand the material presented by
the teaching teacher, so that students cannot complete the assignments
given by the teacher online. This SLR (Systematic Literature Review)
study aims to find out the level of understanding of students who are explained
mathematical material online, it turns out that there are still many students who do not
understand and have difficulty solving math problems.Keywords— Online learning system, Mathematics

Keywords


Online learning system, Mathematics

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, I. (2013). Eksplorasi pola komunikasi dalam diskusi menggunakan moodle pada perkuliahan simulasi pembelajaran kimia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.576.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Puteri, S. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.