Meningkatkan Antusias Siswa dalam Belajar Menggunakan Aplikasi Google Clasroom sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran

Lu'lu'atul Khoiriyah, M. Abdul Khalim Arrosyid, Maya Puspita Sari, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Evaluasi pembelajaran merupakan hal yang penting dalam sebuah pendidikan karena dengan adanya evaluasi pembelajaran pendidik dapat mengetahui hasil dari kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan aplikasi Google Clasroom sebagai media evaluasi pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam Penelitian berupa penelitian studi pustaka dengan pengumpulan data pustaka. Data tersebut diambil dari buku, jurnal, serta penelitian penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Hasil serta pembahasan penelitian ini berupa kajian mengenai aplikasi Google Clasroom. Simpulan yang diperoleh berupa manfaat aplikasi Google Clasroom sebagai media evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan antusias siswa.

Kata kunci— Evaluasi pembelajaran, Antusias dalam belajar, Google Clasroom

 

Abstract—Learning evaluation is important in an education because with the evaluation of learning educators can find out the results of teaching and learning activities. The purpose of this study is to utilize the Google Clasroom application as a learning evaluation medium that can increase student enthusiasm in learning. The method used in research is in the form of literature study research with library data collection. The data is taken from books, journals, and research that has been done before. The results and discussion of this research are in the form of a study of the Google Clasroom application. The conclusion obtained is in the form of the benefits of the Google Clasroom application as a learning evaluation medium to increase student enthusiasm.

Keywords—Evaluation of learning, Enthusiasm for learning, Google Clasroom


Keywords


Evaluation of learning, Enthusiasm for learning, Google Clasroom

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9. Retrieved from https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22.

Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299-3305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1326.

Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi. Jurnal Menssana, 7(1), 31-38. https://doi.org/10.24036/MensSana.07012022.4.

Qomariah, S., & Nursobah, Laiyliyah, S. (2019). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom untuk pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Sindimas, 1(1), 227-231. http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.573.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Sudana, I. W. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning melalui Aplikasi Google Classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 38-47. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781849.

Supriatini, S., Refson, R., & Mustofa, M. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 48-62. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2206.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.