Pemanfaatan Fitur Short pada YouTube sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMA

Anik Puspitasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pemanfaatan Fitur short pada YouTube sebagai penunjang pembelajaran menulis puisi di SMA memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Fitur ini dapat membantu menginspirasi kreativitas siswa, memberi variasi materi pembelajaran agar mudah dipahami, dan memudahkan siswa menampilkan karya puisi secara online. Metode dalam penelitian ini berupa library research (studi Pustaka) dengan data sekunder. Teknik penelitian menggunakan Teknik simak libat catat sehingga dapat mengumpulkan data secara lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil sesuai dengan karakteristik penelitian ditambah dengan teknik triangulasi sebagai validasi. Fitur short pada YouTube dapat memberikan kontribusi besar tidak hanya pada guru tetapi juga pada siswa dalam meningkatkan ketrampilan menulis puisi, serta memberikan dampak positif dalam kreativitas dan meningkatkan minat siswa.

Kata kunci—Siswa SMA, Puisi, Fitur Short pada YouTube

 

 

Abstract—Utilizing the Short Feature on YouTube as a support for learning to write   poetry in high school has the potential to improve the quality of learning. This feature can help inspire student creativity, provide a variety of learning materials so that they are easy to understand, and make it easier for students to display their poetry works online. This study used the library research method (literary study) with secondary data. The research technique uses the observational observation technique so that it can collect data more effectively and can improve results according to the characteristics of the research coupled with triangulation techniques as validation. The short feature on YouTube can make   a major contribution not only to teachers but also to students in improving poetry writing skills, as well as having a positive impact on creativity and increasing student interest.

Keywords—High School Student, Poetry, Short Feature on YouTube


Keywords


High School Student, Poetry, Short Feature on YouTube

Full Text:

PDF

References


Ali, M., (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) disekolah Dasar. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 33-44. https://doi,org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Azizah, A., (2015). Pembelajaran Menuliswm Puisi dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting pada Peserta Didik SD/MIKelas V. Jurnal Ilmiah Pendidkan Dasar, 2(2), 136-140. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.2.2.

Citraningrum, D. M., (2016). Menulis Puisi dengan teknik pembelajaran yang Kreatif. Belajar Bahasa Jurnal Ilmiah Program Studu Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia,1(2), 82-90. https://doi.org/10.325.28/bb.v1i1.75.

Hamid, E. S., &Susilo, Y. S., (2011). Strategi Pengembangan Usaha Mikro kecil & Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 45-55. Http://hdk.handle.net/11617/1308.

Huliatunisa,Y., & Oktaviani, V., (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik pada Pembelajaran Tematik. Didaktika Tauhidi : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7(2), 121-133. https://doi.org/10.30997/dt. v7i2.2847.

Ihsan, M. N., (2022). Pemanfaatan Aplikasi Fitur Short pada YouTube Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Puisi pada Siswa SMA. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 2(1),1188-1192. Retrived from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/spbsi/article/view/1237.

Jatnika, R., Nurjamin, A., Haryadi A., M., (2022) Penggunaan Media dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VI SDN Karanganyar 1 Tahun Ajar 1022/2023.Linggua Sastra: Jurnal Kajian Bahasa, Sasrea & Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2(2) 68-80. https://doi.org/10.31980/ls.v2i22889.

Khair, U., (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81-98. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.

Kusniawati M., (2016). Pengaruh Srarus Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Wkonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS di SMA N 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1-4. https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%25p.

Kusrianti, A., & Suharto V. T. (2019). Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Lingusta : Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, & Pembelajarannya, 3(2), 145-152. http://doi.org/10.25273/linguista.v3i25736.

Lepiamto, A., (2011). Pembangunan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Bioedukasi, 2(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.201.

Lestari. A., (2017). Keeefektifan Media Audio Visual Sebadai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menukis Puisi Siswa. Jurnal Kebudayaan dan Pendidikan, 2(3), 214-225. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7i3.p214-225.

Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A., (2020). Model Latihan Dribling Sepak Bola Untuk Pemula Usia SMA. Sport Scince and Educatoin Journal, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.823.

Ningsih, R. A., (2015). Sastra Dalam Pembelajaran Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultural, 2(2), 63-73. Retrived from http://jurnal.untirta.ac.idindex.php/UCEJ/article/view/1330.

Puspidalia, Y. S., (2022). Problematik Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD dan Alternatif pemecahannya. Cendekia Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 10(1), 121-134. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/406.

Rachmawati, T. N., (2021). Analisis Model Perubahan Konseptual dengan Pendekatan Konflik untuk Mengurangi MiskonsepsiFisika Dengan Metode Libraryresearch. Jurnal Pendidikan Sains PENDIPA, 5(2), 133-142. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.

Rivaldo, J., Prabadhi, J. E., Faustina, N., Maulana, A. I., Sasongko, R. Z., (2022). Konsolidasi Identitas Nasional dengan Penggunaan Media Sosial Youtube Short. Nusantara : Jurnal Pendidikan Seni, Sains, dan Sosial Humaniora, 1(1), 1-25. Retrived from https://journal.forikami.com/index.php/nusantara

Vitasari, N., & Hasanudin, C., (2022). Pemanfaatan Fitur Reels Instagrampada pembelajaran membaca Puisi Guna mendukung gerakan Merdeka Belajar disekolah Menengah. Prosidig Seminar Nasional Daring (SENADA) PBSI, 2(1), 10-19. Retrived from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/spbsi/article/view/1237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.