Analisis Tindak Tutur Dalam Novel Ayat Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy

Della Afita, Aida Azizah

Abstract


abstrak- Tindak tutur merupakan unsur pragmatik yang melibatkan pembicara, pendengar, penulis, pembaca, dan topik.Tindak tutur adalah tindakan dan makna psikologis ujaran. Identitas memainkan peran sentral dalam pragmatik. Selain itu, juga menunjukkan bahwa kegiatan sehari-hari sangat erat kaitannya dengan komunikasi tindak tutur di masyarakat, diruang publik dan di lingkungan sosial. Novel adalah karya prosa yang disusun dalam bentuk cerita. Ini adalah bentuk dan hasil karya kreatif dan juga menggunakan bahasa untuk mengekspresikan kehidupan manusia. Pragmatik adalah studi tentang makna dalam kaitannya dengan situasi bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam novel "Ayat-Ayat Cinta" dan mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan pembaca tentang aspek pragmatik novel dan dapat menjadi referensi bagi penulis lain yang ingin menulis tentang aspek tindak tutur pragmatik lainnya.

Kata Kunci- Tindak Tutur, Novel, Pragmatik.

Abstract- Speech acts are pragmatic elements that involve speakers, listeners, writers, readers, and topics.speech acts ars actions and the psychological menaing of utterances.identitiy plays a central role in pragmatics.in addition, it also shows that daily activities are very closely related to the communication of speech acts in society, in public spaces and in social circles. Novel is aprose work arranged in the form of a story.it is a from and result of creative work and also uses language to express human life. Pragmatics is the study of meaning in relation to language situations. The purpose of this study is to identify the values contained in the novel "Ayat Ayat Cinta" and to describe the forms of speech acts . This research is expected to enrich the readers' knowledge about the pragmatic aspects of the novel and can be a reference for other writers who want to write about other aspects of oragmatic speect acts.

Keywords- Speech Act, Novel, Pragmatics.


Keywords


Speech Act, Novel, Pragmatics.

Full Text:

PDF

References


Baryadi, Praptomo. April 2002. Dasar-Dasar Analisis Wacana dalam Ilmu Bahasa. Jogjakarta: Pustaka Gondho Suli.

Bernard. 2006. Fungsi Ilokusi Dalam Novel N or M Karya Agatha Christie. Skripsi. Manado: Fakultas Ilmu Budaya Univeesitas Sam Ratulangi.

Chaer, Abdul, dan Agurtina Leonie. Juni 2004. Sosiolinguistik : Perkenalan Awal. Jakarta: Rineke Cipta.

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik Sebuah Prespektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Abd. Syukur. 1993. Kajian Tindak Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.