Pemanfaatan Aplikasi Wattpad untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA

Alfi Khoirun Nisa, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Aplikasi Wattpad merupakan aplikasi menulis online dan situs komunikasi antara pembaca dan penulis secara gratis tanpa biaya. Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa SMA dengan menggunakan aplikasi Wattpad. Metode yang digunakan yaitu metode studi pustaka. Metode tersebut menggunakan teknik pengumpulan data berasal dari perpustakaan baik dari buku ajar di sekolah, buku bacaan yang relevan ataupun artikel sesuai dengan permasalahan. Data penelitian ini memakai data sekunder yaitu data-data yang berkaitan dengan materi pembahasan. Data tersebut berasal dari buku, artikel maupun jurnal yang telah diterbitkan dan dipublikasikan secara Nasional. Sehingga semua informasi dapat dilihat dan dipertanggung jawabkan. Pada hasil penelitian ini menjelaskan tentang manfaat serta peran aplikasi Wattpad bagi siswa SMA. Diharapkan dengan aplikasi Wattpad dapat menumbuhkan rasa semangat dan motivasi dalam menulis cerpen. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis cerpen

Kata kunci—Keterampilan menulis, Cerpen, Siswa SMA, Aplikasi Wattpad.

 

 

Abstract—The Wattpad application is an online writing application and a community site between readers and writers free of charge. The author conducted this research aiming to provide motivation for writing short stories for high school students by using the Wattpad application. The method used is the method of literature study. This method uses data collection techniques from the library, both from school textbooks, reading books or articles that are appropriate to the problem. The data used is secondary data, namely data that is directly related to the topic of discussion such as writing skills, short stories, high school students, and the Wattpad application. The data is sourced from articles and books that have been published and published nationally and internationally. So that all material can be seen and accounted for. The results of this writer's research explain the benefits and role of the Wattpad application for high school students. It is hoped that the Wattpad application can foster a sense of enthusiasm and motivation to write short stories for high school students, so that they can improve their short story writing skills.

Keywords—Writing skills, Short Stories, High School Students, Wattpad Apps.

 


Keywords


Writing skills, Short Stories, High School Students, Wattpad Apps.

Full Text:

PDF

References


Ananda, I., C., & Rakhmatun, A. (2021). Pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan menggunakan media aplikasi wattpad: Studi kasus. Journal Regy. 1(1), 36-40 https://doi.org/10.1234/regy.v1i1.6

Apriyani, T. (2020). Pembelajaran sastra populer berbasis Wattpad sebagai upaya peningkatan keterampilan baca tulis. Suar Betang. 15(1), 107-116https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152

Aziz, I. (2009). Aplikasi-aplikasi keren. Yogyakarta: Mediakom.

Chairiah, C. (2022). Meningkatkan keterampilan menulis unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen berdasarkan pengalaman orang lain. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran. 2(3), 216-226. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Hardiono. (2020). Sumber etika dalam Islam. Jurnal Al-aqidah. 12(2), 26-36. https://doi.org/10.15548/ja.v12i2.2270

Hatmo, K., T. Keterampilan menulis bahasa Indonesia. Klaten: Penerbit Lakeisha

Hermanto, M., D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa SMA dengan memanfaatkan Aplikasi Noveltoon. Prosiding Senada PBSI. 2(1), 29-37. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266

Kasupardi, E. (2015). Model pembelajaran menulis cerpen berbasis lingkungan (studi kasus unsur pengalaman dan unsur waktu individu pada siswa SMP Negeri 3 Cisurupan.STKIP Siliwangi. 1(1), 1-15. https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25p.

Khoerunnisa, A., Cahyani, A., W., Anggitasari, D., & Zanuar, M., Y. (2022). Pemanfaatan Wattpad sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran berbasi teknologi informasi bagi materi menulis cerita pendek di SMP Negeri 1 Padamara Jurnal Studi Informasi. 2(3), 18-24. https://doi.org/10.52000/jsi.v2i3.99

Khulsum, U., Y, H., & Sulistyowati, E., D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media Storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia. 1(1),1-52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Kusmayadi, I. (2008). Think smart bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Grafindo Media Pratama

Lifiani, M., & Krismayani, I. (2020). Pemanfaatan Wattpad sebagai aplikasi self-publishing berbasis online dalam distribusi informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 8(2), 141-50. Retrieved from 82file:///C:/Users/TRY%20KURNIAWAN/Downloads/26803-55685- 1- SM. pdf.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan Laporan arus kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115

Munirah. (2015). Pengembangan keterampilan menulis paragraf. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Musyafa, N., K. (2020). Penggunaan model picture and picture dalam pembelajaran menulis cerpen. Jurnal bahasa, sastra, dan pengajaran. 9(1), 37-46. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.626

Nurhayati, S. (2022). Cerita pendek dan cerita fantasi untuk guru dan siswa menengah pertama. Lombok Tengah: pusat pengembangan pendidikan dan penelitian Indonesia.

Putri, N., N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan media wattpad dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMK Setia Darma Palembang. Jurnal ilmiah bahasa dan sastra. 5(1), 381-394. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5120

Putri, R., A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal interaksi: Jurnal ilmu komunikasi. 3(1), 58-65 https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i1.2697

Rimawan, I., P, A., & Oktaviana, K. (2022). Cara mudah menulis cerpen: Bahan ajar untuk tingkat SMA pelajaran bahasa Indonesia. Indonesia: Guepedia.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal penelitian bidang IPA dan pendidikan IPA. 6(1), 43-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sarmila, B., Madeamin, S., & Herdiana, B. (2022). Peningkatan menulis cerpen melalui aplikasi Wattpad pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Luwu Timur. Diektis: Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra. 2(3), 266-272. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.299.

Septiani, A., Sunandar, H., & Nurnasrina. Pengertian, ruang lingkup, perbankan, Tujuan, latar belakang, prinsip dan sejarah perbankan syariah di Indonesia. Juremi: Jurnal riset ekonomi. 2(4), 537-544. https://doi.org/10.53625/juremi.v2i4.4565

Siddik, M. (2016). Dasar-dasar menulis dan penerapannya. Malang: Tim Tunggal Mandiri Publishing.

Sinaga, A., Y. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerpen pada kelas XI siswi SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Gramatikal: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(1), 37-50. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2452.

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi Wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. Prosiding Senada PBSI. 1(1), 1-9. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/126.

Wibowo, D., C., S, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Study Guru dan Pembelajaran. 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245.

Wulandari, V., & Maulidiyah, R., H. (2018). Pengaruh model pembelajaran NHT terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen. Jurnal Komunitas Bahasa. 6(12), 145-151. https://doi.org/10.36294/jkb.v612.653


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.