Peran Matematika Dalam Membentuk Karakter Siswa
Abstract
Abstrak— Matematika adalah pelajaran yang tidak cukup dengan melihatkan rumus atau konsepnya saja, melaikan dengan melihatkan bagaimana memanfaatkan dan mengaplikasikan dalam kehidupan belajar. Tujuan dari matematika ini adalah membentuk siswa yang berkarakter, dengan Matematika dapat membentuk karakter siswa menjadi disiplin, mandiri, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif dan tanggung jawab. Dalam artikel ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan melakukan penelusuran berupa jurnal, buku, artikel, laporan,sumber dan sejenis lainnya yang berkaitan dengan artikel. Hasil dari artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara menerapkan matematika untuk menumbuhkan karakter siswa, dengan cara mengganti metode pembelajaran didalam kelas dengan menarik, membentuk pembelajaran matematika dengan berkelompok dan mengadakan pembelajaran diluar kelas. Simpulan dari artikel ini, dengan adanya kegiatan yang melibatkan peran matematika dapat membentuk karakter dalam diri siswa.
Kata kunci—karakter, matematika
Abstract— Mathematics is a lesson that is not enough to look at the formula or concept, but to see how to use and apply it in learning life. The purpose of this mathematics is to form students with character, with Mathematics it can shape the character of students to be disciplined, independent, honest, hard working, curious, creative and responsible. This article uses the library research method by conducting searches in the form of journals, books, articles, reports, sources and other types related to the article. The results of this article explain how to apply mathematics to develop student character, by changing learning methods in the classroom in an interesting way, forming mathematics learning in groups and conducting learning outside the classroom. The conclusion of this article, with activities that involve the role of mathematics can form character in students.
Keywords— character, mathematics
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, NT (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364-370. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603
Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi kepustakaan penerapan konseling naratif dalam lingkup pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 8(2), 79-90. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226
Arif, K. M. (2020). Hakikat Karakter Dan Urgensinya Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-19. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.828
Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1-8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511
Budiarto, M. T. (2016). Peran matematika dan pembelajarannya dalam mengembangkan kearifan budaya lokal untuk mendukung pendidikan karakter bangsa. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 1-11). From https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/52282252/PROSIDING-PENDIDIKAN-MATEMATIKA-UNIRA-2016-libre.pdf?1490655964=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPROSIDING_PENDIDIKAN_MATEMATIKA_UNIRA.pdf&Expires=1687394790&Signature=CsFHuW9uYlR94fmG6ePHXZwh-xav5TMOta5OzRiO4fE~iwenMwqVzOvvjM13Jk-vHMlCeUeU0trhs4M8bo5iESk~JQ6scQ07NbUkrrxkimCjaUo0xW0Nyoe5fHORo~oH~RLCcykV6FZ~hgrfzW~xUrk0h54oOwMDbMwDz2FEnsQfXS7ejq~xm5~2NYnEIxqscUY8oYcRe-dFW0Xz9qrUWcz8Xx5DtLplUHPNFK2P12LSXwCs1S7fpDVWR5ct7MVq9dfPlMFlt-CFof-hxaZrJD6sNByfR8q9NmxYzqH2HO9uvbB608j9VKds-nsEC~kzhoMh-NrS5OliflxvToyQwA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA#page=14
Fadillah, S. (2013). Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran matematika. Jurnal Paradikma , 6 (2), 142-148. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/961
Fahrurrozi, F., & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Retrieved from http://eprints.hamzanwadi.ac.id/587/1/MATEMATIKA%20FIX.pdf
Fauzy, A. (2013, November). Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan pendidikan matematika di UNY (Vol. 9). https://eprints.uny.ac.id/10712/1/U%20-%201.pdf
Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52-60. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.36152
Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3. https://core.ac.uk/download/pdf/267824621.pdf
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada sd/mi. Elementerls: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767.
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309-322. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/1218
Syaifudin, A. ( 2016). Upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) kelas III pada materi penjumlahan dan pengurangan di MI Attaqwa 58 Pangkalan kecamatan Babelan kabupaten Bekasi (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44045
Wardhani, S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/54034642/karakteristik-mat-smp-libre.pdf?1501636630=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DIMPLIKASI_KARAKTERISTIK_MATEMATIKA_DALAM.pdf&Expires=1687395390&Signature=eULKT9PXITAiwvlJ~02Rk36K7Q1JEUqVLOgvCoVg9dNQeGdneO-NX84hP4ukEe6eN5Mmalbl1BLDWLRllB8j5t7v020vtGWRombki2ZCvTFqJlOLaOs4K1vmAIFXLgi2uoh-VKQgc-X9f1-gFIVuR8onv8visH7F0AXvN~iRpPwOyo3wqAp2OgbJ97NZ-1n1t6RGzN1HIeMGxD09PForazOWUsQjLOy-gCfXPCccWOUaFc4J-pKpkMaSZj8~yyCtPXVDRe7e1xTyQ5Tge3uE7gSqgaXuaR4mTHkv-cxTUDkePyW0tD-0RrTWUr2G0tCGCjCeuCy0OAMA7IIemeVvTQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.